Beranda
Bali
Denpasar
Destinasi Wisata
Pantai
Pantai Sanur Bali - Sejarah, Daya Tarik, Fasilitas & Harga Tiket

Wisata Pantai Kuta memang tetap merupakan andalan pariwisata Pulau Dewata Bali. Namun, Denpasar sebagai ibu kota Bali memiliki Pantai Sanur yang juga menjadi primadona dan bahkan mungkin lebih tua. Popularitasnya pun mendunia, lanskap alamnya yang mengagumkan sering diabadikan fotografer dunia.

Meski sama-sama menonjolkan wisata pantainya, Sanur dan Kuta cenderung berbeda. Jika Pantai di Kuta dijuluki Sunset Beach, Pantai di Sanur adalah Sunrise Beach. Suasana pantainya pun bertolak-belakang. Sanur lebih melow dan nyaman, lebih ideal bagi wisatawan yang menghendaki nuansa kedamaian.

Jadi, tetaplah merencanakan liburan ke Bali dan kunjungi pantai-pantai indahnya. Jika lebih suka pada ketenangan, mengunjungi Kawasan Wisata Sanur di Denpasar adalah ide yang sempurna. Lokasinya pun mudah Anda temukan karena berada di Denpasar, tepatnya di sebelah timur kota terbesar di Bali tersebut.

Sejarah Kawasan Wisata Sanur

Pantai Sanur telah mendunia sejak tahun 1937. Adrien-Jean Le Mayeur yang memperkenalkan keindahan Sanur melalui lukisannya. Ia adalah seniman Belgia yang menetap di Bali dan menikahi seorang penari Legong, Ni Nyoman Pollok di tahun 1935. Museum Le Mayeur di Sanur adalah peninggalan keduanya.

Sebelum era 60-an, Sanur bukanlah kawasan wisata. Pantai ini masih sakral sebagai tempat melarung. Bung Karno (Ir. Soekarno), Presiden Pertama RI, yang tahu potensi wisata Sanur kemudian membangun Bali Beach Hotel. Lokasinya dekat kediaman Le Mayeur dan Ni Pollok, keduanya sahabat baik Bung Karno.

Hotel bintang lima pertama di Bali itu baru diresmikan 1966, saat Bung Karno ditahan di Wisma Yaso. Diresmikan oleh Sultan HB IX sebagai Menteri Koordinator Ekonomi, Keuangan, dan Industri. Selain yang pertama, hotel yang kini bernama Inna Grand Bali Beach ini adalah yang terluas dan tertinggi di Bali.

Daya Tarik Pariwisata Sanur Bali

Wisata Sanur Bali sangatlah indah. Pesona alamnya pun telah dilukiskan oleh Adrien-Jean Le Mayeur. Bung Karno juga lebih memilih Sanur sebagai tempat mendirikan resor pertama di Pulau Bali. Garis pantainya yang berpasir putih membentang landai dan panjang sejauh 8 kilometer dari utara ke selatan.

Lokasinya menghadap ke timur, di sepanjang garis pantainya wisatawan bisa melihat sunrise terbaik di Pulau Dewata. Istilah "Pantai Sanur Bali" tidaklah merujuk pada satu pantai saja. Pesisirnya yang panjang terbagi menjadi 7 ruas pantai yang masing-masing menawarkan kemolekan tersendiri.

Di Sanur ada Pantai Merta Sari, Pantai Semawang, Pantai Batu Jimbar, Pantai Karang, Pantai Segara Ayu, Pantai Sindhu. Dan, Pantai Matahari Terbit yang menjadi spot utama karena menawarkan sunrise terbaik di Bali. Lautnya yang berombak tenang mengukuhkan nuansa kenyamanan dan ketenangan.

{next}

Aktivitas Menarik di Pantai Sanur

Pantai di Sanur cocok bagi wisata keluarga yang melibatkan anak-anak. Di perairan dangkalnya yang jernih dan tenang, wisatawan dari segala usia bisa bermain air atau berenang. Bermain kano juga menarik. Mendayung kano merupakan aktivitas populer di sini. Alatnya pun tersedia, 20 ribuan sewanya.

Jika tertarik, Anda juga bisa mencoba serunya Sea Walker. Hanya saja, biayanya sekitar IDR 700K. Selain itu, Sanur juga cocok untuk snorkeling dan diving. Tidak jauh dari perairannya, ada spot diving yang ramah bagi semua tingkat keahlian. Jika ingin snorkeling di pantai, umumnya hanya pasir tanpa karang.

Pesisir pantai Sanur yang panjang juga memungkinkan banyak kegiatan di pasir pantainya. Wisatawan bisa bersantai, berjemur atau menyusuri pantai. Karena ini Sunrise Beach, mulailah aktivitas di pagi hari. Sekedar olahraga pagi dengan berjalan kaki atau bersepeda. Sewa sepeda biayanya sekitar IDR 20K.

Harga Tiket Masuk Pantai di Sanur

KeteranganHarga
Tiket MasukGratis
Parkir Roda 2Rp 2.000
Parkir Roda 4Rp 5.000
Note: biaya parkir dan harga tiket Pantai Sanur yang tersebut dalam daftar di atas belum tentu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.
{next}

Fasilitas dan Akomodasi di Sanur

Sanur adalah area resor kelas atas Bali. Fasilitasnya sangat memadai dan beragam. Di sepanjang pantai telah tersedia semacam area pedestrian melewati Pantai Shindu, Pantai Karang hingga Pantai Semawang. Area tersebut dilengkapi juga dengan kursi-kursi serta pondokan-pondokan kecil untuk bersantai.

Fasilitas lain meliputi aneka restoran, mini market, bar, kafe, art shop, money charger, dll. Begitu juga dengan akomodasi banyak villa, bungalow, homestay, dan hotel di Sanur. Harganya mulai 200 ribuan hingga 3 jutaan. Berikut rekomendasi hotel di Sanur Bali yang bisa dipilih sesuai kebutuhan liburan Anda.

Lokasi dan Rute Pantai Sanur Bali

Sangat mudah menemukan Pantai Sanur. Jika memulai dari Bandara Udara Internasional Ngurah Rai, perlu menempuh setidaknya 15 kilometer atau sekitar 25 menit berkendara melalui Mandara Toll Road dan Jl Bay Pass Ngurah Rai. Pantai ini berada di timur Kota Denpasar. Agar mudah, manfaatkan peta, DI SINI.