Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Kota Batu
Malang Raya
Museum Satwa Batu, Wahana Fasilitas, Harga Tiket, Jam Buka

Museum Satwa adalah salah satu tempat rekreasi favorit di Kota Batu. Lokasinya berada di Jawa Timur Park 2, satu area dengan Batu Secret Zoo. Jatim Park 2 termasuk spot wisata populer untuk liburan keluarga. Lokasi tepatnya di Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Kota Batu, Jawa Timur.

Daya Tarik Museum Satwa Batu

Museum Satwa Batu merupakan museum unik yang mengoleksi berbagai jenis satwa yang diawetkan. Ini adalah Lembaga Konservasi Ex-Situ Satwa Liar, yang mana semua koleksi yang diawetkan berasal dari satwa yang sudah mati. Koleksinya mencakup satwa dari seluruh benua.

Koleksi museum ini merupakan salah satu yang terbesar dan terlengkap di Indonesia. Lebih dari 1.000 spesies satwa dan 10.000 serangga di dalamnya. Koleksi sebanyak itu memungkinkan pengunjung bisa lebih dekat dengan serangga kecil yang luput dari pandangan banyak orang.

Bahkan, di sini juga ada replika satwa purba seperti Tyrannosaurus-Rex, Tegosaurus, Mammoth, Apatosaurus, dll. Di museum ini pengunjung bisa berwisata sambil mempelajari sejarah dunia, melalui replika tulang-belulang serta evolusi mamalia yang berlangsung selama ratusan tahun.

Satu hal yang menarik dari Museum Satwa di Kota Batu adalah penempatan satwanya, terkonsep sesuai habitat asli. Dengan konsep semacam itu wisatawan pun bisa menikmati semua satwa secara sempurna. Juga, lebih lengkap dengan keterangan spesifik dari setiap binatang yang ada.

Karena Museum Satwa termasuk bagian dari Jawa Timur Park 2, saat liburan ke sini kamu bisa memperluas pengetahuan satwa di Batu Secret zoo. Yang pastinya menarik dan menyenangkan karena kawasan wisata ini dilengkapi berbagai atraksi dan wahana wisata seru penguji adrenaline.

Peta, Alamat, dan Jam Buka

Alamat: Jl. Raya Oro-Oro Ombo No. 9, Kota Batu, Jawa Timur, 65314
Jam Buka: Setiap hari, 09.30 WIB – 17.30 WIB
Peta lokasi: Lihat DI SINI

{next}

Wahana dan Atraksi Wisata

  • Sangkar Raksasa : Ukurannya yang besar dan tinggi menjulang, memungkinkan setiap pengunjung untuk berfoto seru di dalamnya. Di sangkar ini telah tersedia banyak awetan burung-burung eksotis dalam berbagai gaya.
  • Insectarium : Rumah bermacam serangga dari seluruh dunia. Koleksi serangga bisa pengunjung nikmati berdasarkan negara asal masing-masing serangga. Tempat ideal untuk mengetahui ragam keindahan kupu-kupu dunia.
  • Mayapada Show : Tempat hewan lucu menari dan bernyanyi bersama pohon yang juga bisa bicara dan bernyanyi. Tempat semua orang belajar menjaga lingkungan hidup dari para pemburu dan penebang pohon liar.
  • Imperial Eagle : Salah satu burung eksotis yang terkenal di seluruh dunia. Burung dengan penglihatan tajam dan bisa terbang sangat tinggi ini berasal dari Eropa hingga Asia Tengah. Di sini Anda bisa melihatnya secara lebih dekat.
  • Galeri Fosil : Berjuta-juta tahun lalu hewan-hewan purba pernah berkuasa di bumi. Meski saat ini sudah tidak ada, peninggalan mereka masih bisa Anda lihat dan pelajari. Tertarik? datanglah ke Galeri Fosil di museum ini.
  • Khasanah Pengetahuan Fauna : Di tempat ini, pengunjung bisa mempelajari secara terperinci mengenai organ dalam makhluk hidup. Bahkan zona ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan pembedahan tikus dan katak.
  • Harimau Sumatra : Harimau ini adalah spesies khas Indonesia yang sangat terkenal. Kucing besar ini bisa pengunjung amati dengan sempurna di museum ini. Lengkap juga dengan informasi mengenai keberadaannya yang terancam punah.
  • Racoon : Nama satwa yang terbilang asing? Tubuhnya kecil dengan kulit berbulu motif garis-garis. Dia suka mengendap-endap di malam yang gelap mencari sesuap serangga di dataran rendah. Datang ke Museum Satwa untuk info lengkapnya.
  • Grizzly Bear : Salah satu beruang paling menakutkan ini bisa juga pengunjung temukan di museum ini. Kenali lebih dekat hewan berpostur besar, berambut coklat, cakar yang tajam serta giginya yang runcing ini tanpa perlu khawatir menerkam.

Dan, masih banyak lagi koleksi awetan satwa yang menarik. Termasuk California Sea Lion, Snow Leopard, Red Fox, Polar Bear, African Lion, Gembsbok, Hippo, Lion-Zebra, dan Badak. Umumnya, setiap satwa berada di zona masing masing, misalnya Fossil Gallery, Winter Zone dan Hallway.

Harga Tiket Museum Satwa Batu

Seperti yang disebutkan di awal, Museum Satwa Batu adalah bagian Jatim Park 2, karena itu tiket masuknya menjadi satu dengan Batu Secret Zoo. Harga dalam daftar di bawah adalah harga tiket bundling Jatimpark 2 + Eco Green Park. Tidak selalu akurat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Tiket Jatim Park 2 + Eco Green ParkHarga
Hari biasaRp 140.000
Hari liburRp 170.000
Note: Untuk informasi tarif terbaru dan pemesanan tiket secara online bisa melalui tautan Di sini
{next}

Fasilitas Museum Satwa Batu

Sebagai bagian dari Jawa Timur Park 2, museum ini hadir dengan fasilitas wisata yang memadai. Di area Museum Satwa Batu sendiri tersedia alat transportasi berupa Shuttle Car. Ada juga Gift Shop sebagai tempat belanja oleh-oleh jika ingin membawa sesuatu untuk dibawa pulang.

Selain itu, tersedia juga Warung Desa yang unik yang memungkinkan Anda beristirahat dan makan siang dengan pengalaman berbeda dan ada Photo Corner serta Free Wi-Fi juga. Selebihnya fasilitas umum bisa pengunjung dapatkan di area Jawa Timur Pak 2, di antaranya :

  • ATM Center : Jika tidak membawa uang tunai yang mencukupi, bisa mengambil uang di ATM center yang tersedia.
  • Food Court : Istirahat sambil menyantap kuliner khas Jawa Timuran akan menjadi ide bagus untuk mengembalikan energi wisata Anda.
  • Charging Station : Oleh beberapa keadaan, kita lupa mengisi ulang batrei handphone. Jika Anda salah satunya, pergi ke tempat ini.
  • Pusat Oleh-Oleh : Tidak hanya satu, namun ada pusat oleh-oleh di tempat ini. Tidak hanya satu, namun ada banyak
  • Minimarket : Tenang saja, jika ingin membeli sesuatu ada minimarket yang tersedia di area Jatim Park 2
  • Tempat Ibadah : Bagi traveler muslim, ada Mushola yang bisa dimanfaatkan untuk menunaikan ibadah sholat.
  • Pusat Informasi : Tempat ini bisa dimanfaatkan jika pengunjung membutuhkan rekomendasi penjelajahan atau jika ada yang tersesat di area yang luas ini.
  • Pos Keamanan : Untuk mengantisispasi hal-hal yang tidak diinginkan, di Jatim Park 2 ada juga pos keamanan
  • Toilet : Sebagai salah satu obyek wisata terbesar di Kota Batu, tentunya Jatim Park memiliki banyak toilet di masing-masing tempat yang menjadi bagiannya

Rekomendasi Hotel di Kota Batu

Banyak sekali pilihan penginapan di Kota Batu. Berikut adalah beberapa rekomendasi homestay, guest house, vila, resor, dan hotel populer di Batu. Lokasi hotel umumnya strategis untuk memulai menjelajahi spot wisata di Kota Batu, termasuk dekat dengan Museum Satwa Jatim Park 2

Demikian informasi mengenai daya tarik wisata, fasilitas, atraksi dan wahana, jam buka, serta harga tiket masuk Museum Satwa di Jawa Timur Park 2 Batu. Jadi, kapan kamu berangkat liburan ke Batu Malang? jangan lupa ajak semua anggota keluarga, ya!