Museum Satwa Batu - Wahana, Fasilitas, Harga Tiket dan Jam Buka

Kota Batu memiliki beragam obyek wisata modern yang menarik. Terutama di hari libur, kota di kawasan Malang Raya ini benar-benar sibuk oleh wisatawan dari berbagai daerah. Di antara sekian tempat wisata di Batu, Museum Satwa termasuk salah satu yang paling kentara popularitasnya.

Museum Satwa Batu
credit: CC BY 3.0, edited

Daya Tarik Wisata Museum Satwa

Selain Museum Angkut, Museum Satwa merupakan satu varian objek wisata berupa museum di Kota Wisata Batu, Jawa Timur. Di tempat ini, semua pengunjung diajak bergembira menelusuri sejarah dunia melalui replika tulang-belulang dan evolusi mamalia selama ratusan tahun.

Bahkan, Anda akan melihat lebih dekat serangga kecil yang sejauh ini luput dari pandangan banyak orang. Tidak hanya itu, sebagai salah satu museum satwa terbesar dan terlengkap di Indonesia, tidak kurang dari 1.000 spesies satwa dan 10.000 serangga tersedia di dalamnya.

Bersama Batu Secret Zoo dan Pohon Inn, Museum Satwa merupakan bagian dari Jatim Park 2 yang menempati area luas di lembah Gunung Panderman. Dengan lanskap pegunungan Kota Batu, wisata dengan konsep pendidikan ini mengajak wisatawan menjadi lebih tahu akan satwa.

Satu hal yang paling menarik dari museum ini adalah penyajian satwa yang terkonsep sesuai habitat aslinya. Desain seperti itu memungkinkan pengunjung bisa mengamati semua koleksi secara lebih sempurna, lebih lengkap dengan keterangan spesifik setiap binatang yang ada.

Museum Satwa adalah Lembaga Konservasi Ex-Situ Satwa Liar yang mana koleksi satwa diawetkan dari satwa yang telah mati. Satwanya mencakup seluruh benua dan bahkan ada juga replika satwa purba, termasuk Tyrannosaurus-Rex, Tegosaurus, Apatosaurus, Mammoth, dll.

Wahana di Museum Satwa Jatim Park 2
credit: flickr.com/ikhlasulamal, CC BY-NC 2.0

Wahana Atraksi di Museum Satwa

  • Sangkar Raksasa : Ukurannya yang besar dan tinggi menjulang, memungkinkan setiap pengunjung untuk berfoto seru di dalamnya. Di sangkar ini telah tersedia banyak awetan burung-burung eksotis dalam berbagai gaya.
  • Insectarium : Rumah bermacam serangga dari seluruh dunia. Koleksi serangga bisa pengunjung nikmati berdasarkan negara asal masing-masing serangga. Tempat ideal untuk mengetahui ragam keindahan kupu-kupu dunia.
  • Mayapada Show : Tempat hewan lucu menari dan bernyanyi bersama pohon yang juga bisa bicara dan bernyanyi. Tempat semua orang belajar menjaga lingkungan hidup dari para pemburu dan penebang pohon liar.
  • Imperial Eagle : Salah satu burung eksotis yang terkenal di seluruh dunia. Burung dengan penglihatan tajam dan bisa terbang sangat tinggi ini berasal dari Eropa hingga Asia Tengah. Di sini Anda bisa melihatnya secara lebih dekat.
  • Galeri Fosil : Berjuta-juta tahun lalu hewan-hewan purba pernah berkuasa di bumi. Meski saat ini sudah tidak ada, peninggalan mereka masih bisa Anda lihat dan pelajari. Tertarik? datanglah ke Galeri Fosil di museum ini.
  • Khasanah Pengetahuan Fauna : Di tempat ini, pengunjung bisa mempelajari secara terperinci mengenai organ dalam makhluk hidup. Bahkan zona ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan pembedahan tikus dan katak.
  • Harimau Sumatra : Harimau ini adalah spesies khas Indonesia yang sangat terkenal. Kucing besar ini bisa pengunjung amati dengan sempurna di Museum Satwa. Lengkap juga dengan informasi mengenai keberadaannya yang terancam punah.
  • Racoon : Nama satwa yang terbilang asing? Tubuhnya kecil dengan kulit berbulu motif garis-garis. Dia suka mengendap-endap di malam yang gelap mencari sesuap serangga di dataran rendah. Datang ke Museum Satwa untuk info lengkapnya.
  • Grizzly Bear : Salah satu beruang paling menakutkan ini bisa juga pengunjung temukan di Museum Satwa. Kenali lebih dekat hewan berpostur besar, berambut coklat, cakar yang tajam serta giginya yang runcing ini tanpa perlu khawatir menerkam.

Dan, masih banyak lagi koleksi awetan satwa yang menarik. Termasuk California Sea Lion, Snow Leopard, Red Fox, Polar Bear, African Lion, Gembsbok, Hippo, Lion-Zebra, dan Badak. Umumnya, setiap satwa berada di zona masing masing, misalnya Fossil Gallery, Winter Zone dan Hallway.

Fasilitas di Jatim Park 2 Batu
credit: flickr.com/ikhlasulamal, CC BY-NC 2.0

Fasilitas Wisata Museum Satwa Batu

Sebagai bagian dari Jawa Timur Park 2, Museum Satwa hadir dengan fasilitas wisata yang memadai. Di area Museum Satwa sendiri tersedia alat transportasi berupa Shuttle Car. Ada juga Gift Shop sebagai tempat belanja oleh-oleh jika ingin membawa sesuatu untuk dibawa pulang.

Selain itu, tersedia juga Warung Desa yang unik yang memungkinkan Anda beristirahat dan makan siang dengan pengalaman berbeda dan ada Photo Corner serta Free Wi-Fi juga. Selebihnya, fasilitas umum bisa Anda dapatkan di area Jawa Timur Pak 2, di antaranya :

  • ATM Center : Jika tidak membawa uang tunai yang mencukupi, bisa mengambil uang di ATM center yang tersedia.
  • Food Court : Istirahat sambil menyantap kuliner khas Jawa Timuran akan menjadi ide bagus untuk mengembalikan energi wisata Anda.
  • Charging Station : Oleh beberapa keadaan, kita lupa mengisi ulang batrei handphone. Jika Anda salah satunya, pergi ke tempat ini.
  • Pusat Oleh-Oleh : Tidak hanya satu, namun ada pusat oleh-oleh di tempat ini. Tidak hanya satu, namun ada banyak
  • Minimarket : Tenang saja, jika ingin membeli sesuatu ada minimarket yang tersedia di area Jatim Park 2
  • Tempat Ibadah : Bagi traveler muslim, ada Mushola yang bisa dimanfaatkan untuk menunaikan ibadah sholat.
  • Pusat Informasi : Tempat ini bisa dimanfaatkan jika pengunjung membutuhkan rekomendasi penjelajahan atau jika ada yang tersesat di area yang luas ini.
  • Pos Keamanan : Untuk mengantisispasi hal-hal yang tidak diinginkan, di Jatim Park 2 ada juga pos keamanan
  • Toilet : Sebagai salah satu obyek wisata terbesar di Kota Batu, tentunya Jatim Park memiliki banyak toilet di masing-masing tempat yang menjadi bagiannya
Harga Tiket Museum Satwa Batu
credit: flickr.com/ikhlasulamal, CC BY-NC 2.0

Harga Tiket Masuk Jatim Park 2

Seperti yang disebutkan di awal, Museum Satwa adalah bagian Jatim Park 2, sehingga tiket masuknya menjadi satu dengan Batu Secret Zoo. Harga dalam daftar di bawah adalah harga tiket yang berlaku ketika artikel ini dipublikasikan. Tidak menutup kemungkinan bisa berubah sewaktu-waktu.

Keterangan Harga
Hari Biasa IDR 110K
Hari Libur IDR 120K
Untuk mendapatkan informasi lengkap perihal harga terbaru dan untuk melakukan pemesanan tiket secara online bisa melalui tautan Di sini
Harga Tiket Masuk Jatim Park 2021
credit: instagram.com/museumangkut

Peta, Alamat dan Jam Buka Wisata

Alamat Jl. Raya Oro-Oro Ombo No. 9, Kota Batu, Jawa Timur, 65314
Jam Buka Setiap hari : 10.00 – 18.00 WIB
Penginapan Lihat Daftar
Peta Lokasi Di sini

0 Comments

Posting Komentar