Beranda
Air Terjun
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Lumajang
Air Terjun Kabut Pelangi Lumajang - Daya Tarik Wisata & Rute Lokasi

Air Terjun Kabut Pelangi. Lumajang merupakan destinasi wisata alam terbaik di Jawa Timur, khususnya bagi traveler penyuka air terjun. Dalam hal ini, Pronojiwo adalah surga dengan lembah-lembah curam yang dilintasi derasnya aliran sejumlah sungai besar yang berhulu di tubuh Gunung Semeru.

Selain Tumpak Sewu, Goa Tetes dan Coban Kapas Biru, di Pronojiwo ada juga Coban Kabut Pelangi yang pastinya layak Anda kunjungi. Sebuah sajian alam yang terlalu menawan untuk diabaikan. Datanglah, niscaya akan sobat dapati keeksotikan alam yang pasti mampu menguras habis rasa ketakjuban.

Secara administratif wanawisata ini bisa Anda kunjungi di Desa Mulyoarjo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Persiapkan segera apa yang dibutuhkan, termasuk banyak rasa bahagia. Namun sebelum siap berangkat, lanjutkan dulu berpetualang maya di artikel ini untuk mendapat bekal informasi.

Daya Tarik dan Aktivitas Wisata

Salah satu aturan tak tertulis yang ditetapkan alam bagi petualang adalah perjuangan. Hal ini juga berlaku bagi siapapun yang ingin menikmati kecantikan Coban Kabut Pelangi. Setidaknya sejauh 1,5 km sobat traveler musti berjalan kaki melalui perkebunan dan beberapa medan naik turun yang terjal menantang.

Jika ingin mendapatkan keindahan yang sempurna, aturlah kedatangan pukul 07.00 - 08.30 WIB atau pukul 14.00 - 16.00 WIB, agar ada kemungkinan melihat pelangi. Nama air terjun ini sendiri berdasarkan pada seringnya terlihat pelangi di sekitarnya sebagai hasil dari pembiasan air dan cahaya matahari.

Sebelum masuk pada menu utama, alam akan menyambut sobat dengan menu pembuka berupa anak air terjun sekira 100 meter tingginya. Bukanlah ide yang buruk jika ingin beristirahat, sembari menetralkan kembali ritme nafas, sadarlah bahwa alam nan hijau benar-benar memanjakan rasa, bersyukurlah!.

Selanjutnya, persiapkan energi setidaknya 15 menit kedepan untuk menuju ke air terjun utama yang tingginya diperkirakan lebih dari 100 meter. Pada pandangan pertama, sisi estetis akan mengajak Anda untuk jujur mengagumi bahwa tidak ada yang terlihat kecuali keindahan. Untuk kesekian kalinya, bersyukurlah!.

Selebihnya, setiap traveler pasti memiliki cara unik untuk menikmati petualangan mereka. Salah satu aktivitas yang sudah mentradisi adalah selfie. Jadi, lakukanlah jika suka namun dengan tetap menjaga etika. Menyebarlah hingga menemukan sudut terbaik yang sekiranya layak untuk Anda abadikan. 

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Oleh karena lokasinya yang berada jauh dari pemukiman, tidak ada fasilitas yang bisa Anda jumpai di Air Terjun Kabut Pelangi. Fasilitas umumnya bisa didapati di sekitar lahan parkir. Di samping itu, akses jalan di awal-awal perjalanan juga sudah bagus dan berpaving.

Yang menarik, sobat juga bisa memesan salak Rp 5.000 / kg pada warga untuk oleh-oleh saat pulang. Di sekitar lokasi anak air terjun juga terdapat warung yang menjual makanan dan minuman. Tidak hanya itu, tersedia juga mushola sederhana bagi wisatawan yang ingin beribadah.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000
Parkir MotorRp 5.000
Note: harga tiket Kabut Pelangi dalam daftar tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Lokasi Air Terjun Kabut Pelangi

  • Via Lumajang : Dari pusat kota Lumajang, lanjutkan perjalanan mengikuti jalan nasional Lumajang – Malang. Sobat akan melewati Sumbersuko – Tempeh – Pasirian – Candipuro – hingga tiba di Polsek Pronojiwo. Di dekat Polsek, temukanlah dan ikuti arahan banner yang mengarah ke Air Terjun Kabut Pelangi.
  • Via Malang : Dari pusat kota Malang, lanjutkan perjalanan menuju Kepanjen – Gondanglegi – Turen – Dampit – Tirtoyudo – Ampelgading – hingga tiba di Polsek Pronojiwo. Di dekat Polsek, temukanlah dan ikuti arahan banner yang mengarah ke Coban Kabut Pelangi.

Lokasi Air Terjun Coban Kabut Pelangi : Mulyoarjo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Peta Lokasi.