Beranda
Air Terjun
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Lumajang
Air Terjun Kapas Biru Lumajang - Fasilitas, Harga Tiket Masuk & Rute

Air Terjun Kapas Biru. Oleh karena letak geografinya di apit oleh tiga gunung yakni Semeru, Bromo dan Lemongan, Kabupaten Lumajang di Jawa Timur sarat dengan pemandangan alam yang indah mengagumkan.

Eksotika alam Lumajang menonjol melalui karakter keras tebing-tebing curam nan elegan, cenderung basah berselimutkan rimbun kehijauan. Semua itu tergambar secara sempurna melalui jajaran air terjun indahnya.

Tuhan telah menitipkan mahakarya indah di tanah Lumajang, berupa Coban Wolu atau Coban Sriti yang sedemikian kekeh menyembunyikan diri. Dia juga mengukuhkan Air Terjun Tumpak Sewu yang selalu menawan di setiap sudutnya.

Sementara biarkan saja Goa Tetes tetap menyimpan stalagmit dan stalagtit yang eksotis berselimut mitos goanya. Artikel ini akan mengajak traveler berpetualang maya ke Air Terjun Kapas Biru yang juga terlanjur mempesona.

Kapas Biru adalah salah satu air terjun sebagai jalan bagi aliran Sungai Besukbang yang berhulu di lereng Gunung Semeru. Air terjun indah berketinggian 100-an meter ini masih satu kecamatan dengan semua air terjun yang tersebut di atas.

Kabupaten Lumajang bisa menjadi destinasi terbaik bagi penggila wisata alam. Coban Kapas Biru adalah satu di antara objek wisata yang wajib Anda kunjungi. Jika berminat, datanglah ke Dusun Mulyoharjo, di Desa dan Kecamatan Pronojiwo.

Aktivitas di Air Terjun Kapas Biru

Persiapkanlah energi yang sebelumnya telah juga disiapkan rasa gembira, sepenuh-penuhnya. Parkir kendaraan, kemudian bersiap untuk berjalan. Ambil nafas dalam-dalam dan berlagaklah seolah manusia beruntung yang layak dimanjakan.

Sejauh kurang lebih 1,5 kilometer, air terjun ini akan menguji. Ada pos setelah melewati kebun salak. Bayar tiket masuknya untuk kemudian melanjutkan perjalanan. Menelusuri jalanan menurun tajam, banyak tikungan dengan beberapa pagar bambu dan tangga besi.

Selama berjalan kaki, sadarlah bahwa nuansa kesegaran begitu memanjakan. Hijau, kemudian hijau dan siapapun tidak akan pernah lepas dari kehijauan. Perhatikanlah, dari kejauhan Coban Kapas Biru menanti Anda dengan memamerkan garis putihnya.

Lokasi air terjun sudah sedemikian dekat ketika sobat telah sampai di sebuah jembatan bambu. Dan, selamat datang di Kapas Biru. Nikmatilah sajian alam di mana debit air yang begitu deras membuat air jatuh bak kapas. Putih dengan warna kebiru-biruan seolah membatasinya.

Air yang jatuh senantiasa menjadi pembatas kemegahan tebing yang menjulang berwarna elegan. Di permukaannya, gemericik air mengalir dengan di bantu tatanan batu-batu. Lagi-lagi, hijau tetumbuhan tersebar acak disekujur tubuh alam, menyempurnakan keindahannya.

Sudah pasti, ini adalah tempat terbaik bagi traveler penggemar selfie. Tidak terkecuali, juga sebagai surga bagi penyuka landscape photography. Bergembiralah, dengan tetap penuh etika. Usahakanlah datang bukan di musim penghujan.

Sebenarnya, air terjun ini bertingkat dua. Tingkat bawah berketinggian 90 meteran, sementara tingkat atas hanya sekitar 10 meter. Bagi traveler berenergi lebih, bisa saja melebar ke beberapa air terjun tetangga, seperti Coban Kabut Pelangi, Goa Tetes, atau melebar ke Tumpak Sewu.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Air terjun ini resmi dibuka untuk wisata sejak 2015 yang lalu. Fasilitasnya pun cukup memadai. Telah ada warung penjual makanan dan minuman. Ada juga tempat ibadah, gazebo, serta kamar mandi bersih. Lahan parkirnya cukup luas, hanya saja berjarak cukup jauh dari air terjunnya.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000
ParkirRp 5.000
Note: harga tiket masuk Air Terjun Kapas Biru di atas belum tentu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Lokasi Air Terjun Kapas Biru

Air terjun ini bisa sobat traveler datangi dengan menempuh perjalanan sekitar 50 kilometer dari Lumajang. Sedangkan jika dari Malang berjarak sekitar 70 kilometer. Berikut rute Coban Kapas Biru, baik dari Lumajang maupun dari Malang :

  • Via Lumajang : Dari pusat kota Lumajang, lanjutkan perjalanan mengikuti jalan nasional Lumajang - Malang. Sobat akan melewati Sumbersuko - Tempeh - Pasirian - Candipuro - hingga tiba di lapangan Pronojiwo. Banner Kapas Biru terletak kurang lebih 300 meter dari lapangan tersebut, ikuti saja petunjuknya.
  • Via Malang : Dari pusat kota Malang, lanjutkan perjalanan menuju Kepanjen - Gondanglegi - Turen - Dampit - Tirtoyudo - Ampelgading - hingga tiba di Polsek Pronojiwo. Kurang lebih 100 meter dari situ temukanlah banner air terjun ini dan ikuti petunjuknya.

Lokasi: Pronojiwo, Mulyoarjo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Peta Lokasi.