Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Pantai
Pantai Kondang Merak Malang, Fasilitas, Harga Tiket dan Rute

Pantai Kondang Merak. Halo traveler! sudahi dulu istirahatnya, mari kembali berwisata. Sepenuh hati, lanjutkan langkahmu ke Kabupaten Malang. Lebih tepatnya ke Malang Selatan dan jelajahi satu persatu pantai yang ada di pesisir selatan Malang.

Terdapat lebih dari 100 pantai di Malang. Jika bingung mulai dari pantai yang mana, mungkin berkunjung ke Pantai Kondang Merak adalah pilihan sempurna. Datangi pantai ini di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Daya Tarik Pantai Kondang Merak

Kondang Merak adalah sebuah pantai cantik yang merupakan salah satu tetangga dari Pantai Balekambang, wisata pantai paling terkenal di Malang. Kondang Merak berada di sisi barat pantai yang menjadi andalan pariwisata Kabupaten Malang tersebut.

Meski kalah populer dengan Pantai Balekambang, Pantai Kondang Merak hadir dengan keelokan yang mencukupi kalau hanya untuk membuat semua wisatawan terpesona. Setiap sudut yang menjadi bagian pantai ini turut mendefinisikan keindahan.

Kecantikan pantai ini telah juga diisyaratkan melalui sejarah yang kemudian membentuk namanya. Kondang berarti muara yang merupakan tempat bertemunya aliran sungai dan laut. Lalu, bagaimana dengan istilah Merak pada nama tersebut?

Pada masa lalu nya, keberadaan kondang atau muara di Kondang Merak juga merupakan tempat hidup bagi kawanan burung merak. Sayangnya, sejak kisaran tahun 1980-an, burung merak di muara tersebut perlahan punah akibat penangkapan liar.

Bagaimana dengan pantainya? Kondang Merak merupakan pantai asri dengan garis pantai sepanjang 800 meter. Hamparan pasirnya putih bersih serta terlindung oleh hijaunya pepohonan. Nyaman adalah suasana yang mendominasi alamnya.

Meski agak berlumut, pantai ini kaya akan terumbu karang, spons dan kerang. Terdapat juga beraneka ragam binatang laut seperti gurita kecil, landak laut, mentimun laut, hingga lobster yang kerap bersembunyi di sela-sela karang di permukaannya.

Berbeda dengan pantai selatan pada umumnya, Kondang Merak Malang menghadirkan ombak yang cukup tenang. Setidaknya terdapat lima bukit karang berjajar di radius 200 meter dari bibir pantai yang kekeh menghalau dan memecah ombak yang datang.

Karena gelombang ombak telah terpecah dan mengalun lebih tenang, pantai ini menjadi tempat singgah para nelayan. Ini berarti bahwa Pantai Kondang Merak juga menyediakan ikan segar seperti tuna, kakap dan gurita. Pantai ini terkenal dengan kulinernya.

Aktivitas Yang Menarik Dilakukan

Meski semua bergantung pada bagaimana cara terbaik Anda menikmati sebuah pantai. Namun, mungkin durasi kunjungan akan lebih banyak dihabiskan di dalam air. Berenanglah, khususnya jika bersama rombongan, cobalah ceria bersama mereka yang tercinta.

Bermain air dengan sahabat atau keluarga, sembari saling menunjukkan siapa yang paling bahagia. Aktivitas wisata populer lain di sini adalah snorkeling. Jika suka, cobalah menyelami air hingga mendekati dasar bebatuan karang yang berjarak 200 meter dari bibir pantai. 

Jika memancing adalah selera liburan Anda, cobalah mempertimbangkan pergi ke kondang atau muara yang menjadi cikal bakal penamaan pantai ini. Atau, bisa juga dengan menaiki salah satu bukit karang dan mencoba sensasi memancing dari atas tebingnya.

Berperahu mungkin juga bisa menjadi aktivitas yang sangat menarik. Datangi para nelayan dan bertanya ketersediaan perahu untuk disewa. Mengalirlah di atas alunan air yang tenang, sembari mencari posisi paling maksimal untuk bergaya, siapkanlah kamera.

Setelah puas dalam kegembiraan. Mungkin, membeli beberapa ikan segar adalah ide yang bagus untuk oleh-oleh. Ikan-ikan segar yang kerap menjadi tangkapan para nelayan, di antaranya ada tuna, kakap dan gurita. Di waktu tertentu, di sini juga ada lumba-lumba.

{next}

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Kondang Merak merupakan salah satu wisata pantai dengan fasilitas lengkap di Malang. Banyak tersedia warung penjual makanan dan minuman di pinggir pantai. Menariknya, pantai ini memiliki menu kuliner khas yang bisa jadi tidak ada di tempat lain.

Menu andalannya adalah Sate Tuna. Santapan lainnya termasuk gurita asem manis, kuah pedas kepala ikan laut, gurita saus tiram, dan masih banyak lagi. Jika tertarik membawa oleh-oleh, cobalah membeli ikan tuna sirip kuning hasil tangkapan para nelayan.

Selain berkemah, jika ingin menginap juga tersedia beberapa penginapan dengan fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas lain yang sudah tersedia antara lain tempat ibadah berupa Mushola, lahan parkir yang luas, serta kamar mandi atau toilet bersih.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000
Parkir MotorRp 5.000
Parkir MobilRp 10.000
Note: harga tiket Pantai Kondang Merak dalam daftar di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Pantai Kondang Merak Malang

Seperti yang telah tersebut di awal artikel ini, Pantai Kondang Merak terletak cukup dekat dengan Pantai Balekambang. Sehingga, untuk menuju pantai ini, Anda bisa menggunakan rute ke Balekambang. Sejauh ini akses jalan sudah baik dan terus dikembangkan.

Dari pusat Kota Malang lanjutkan perjalanan berkendara ke Gondanglegi atau bisa juga ke arah Kepanjen. Jika sudah sampai di Gondanglegi, teruskan ke wilayah Bantur. Sementara itu, jika memilih jalur Kepanjen, teruskan ke daerah Pagak dan berlanjut ke Bantur.

Dari Bantur, lanjutkan perjalanan hingga tiba di perempatan sebelum Balekambang, belok kanan. Kondang Merak terletak sekira 4 kilometer dari sini. Jika belum ada perbaikan, akses jalannya kurang memadai dan butuh waktu 30 menitan untuk sampai. Peta Rute.