Pulau Misool Raja Ampat - 7 Spot Terbaik dan Cara ke Misool Island

Dalam peta wisata Indonesia, Raja Ampat merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang dikagumi wisatawan dunia. Wilayah kepulauan di Papua Barat ini meliputi empat gugusan pulau besar yang indah luar dalam. Pulau Misool adalah satu satunya, yang juga menjadi primadona Wisata Raja Ampat Papua.

Pulau Misool Raja Ampat Papua
credit: unsplash.com/@dna_threelabsdotofficial

Ada rencana liburan ke Raja Ampat? Memulai dari Misool Island merupakan ide yang bagus. Banyak spot terkenal di Raja Ampat berada di wilayahnya. Secara administratif, lokasinya di Distrik Misool, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Terkait daya tarik dan cara ke Pulau Misool Raja Ampat, baca ulasan berikut ini.

Daya Tarik Wisata Pulau Misool

Pulau Misool memiliki luas wilayah 2.034 km yang terbagi dua bagian, Misool timur selatan dan Misool barat. Dekat dengan Kota Sorong dan berbatasan langsung dengan Laut Seram. Terkait daya tarik alam, pulau ini termasuk daerah segitiga karang dunia dan mengoleksi 75% ikan hias dunia di perairan lautnya

Wilayahnya juga memiliki laut lepas yang luas sehingga menjadi jalur lintasan hewan-hewan besar, seperti paus dan gurita. Tak hanya di dalam laut, pesona Misool juga mencakup lanskap daratan yang menawan. Meliputi hutan yang lebat, perbukitan, rawa bakau, serta labirin hutan kapur yang menjorok ke laut biru.

Lebih dari itu, sebagai salah satu daya tarik utama wisata Raja Ampat, Pulau Misool pun terkenal dengan keragaman budaya. Ada jejak peninggalan budaya kuno di dinding goa-goa yang berusia sekitar 5000 tahun. Intinya, Misool Island Papua adalah keajaiban alam Indonesia yang semestinya Anda kunjungi dan kagumi.

Sebagai destinasi wisata yang keindahannya dikagumi dunia, Misool Raja Ampat memiliki banyak sekali tempat wisata. Bahkan selama perjalanan ke pulau ini, pemandangan senantiasa memanjakan mata. Di halaman berikutnya tersaji daftar tempat wisata di Pulau Misool. Tidak mencakup semua, hanya 7 di antaranya.

Puncak Harfat (Dapunlol)

Puncak Harfat (Dapunlol)
credit: instagram.com/aryawiznu

Puncak Harfat adalah tempat wisata terkenal di Raja Ampat. Salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan pemandangan perairan pirus di Misool. Ini adalah puncak tertinggi di selatan Raja Ampat dengan lanskap eksotis. Nama lainnya Dapunlol, Harfat adalah akronim dari nama penemunya, Harun Sapua dan Fatma.

Love Lagoon di Karawapop

Love Lagoon di Karawapop
credit: instagram.com/john_dage

Di kawasan Geosit Karawapop yang eksotis di Misool selatan ada danau ikonis, yakni Danau Karawapop. Terkenal dengan sebutan Danau Cinta atau Love Lagoon karena bentuknya mirip hati. Spot terbaik untuk menikmatinya ada di atas bukit. Perlu mendaki setinggi 300 meter melalui tangga untuk mencapainya.

Pantai Namlol Pulau Misool

Pantai Namlol Pulau Misool
credit: instagram.com/john_dage

Menjelajahi Pulau Misool Raja Ampat pastikan juga mampir ke Namlol. Pantai ini unik dengan bebatuan karst besar yang berbaris seolah membentengi perairan dangkal dari ombak. Perairan dangkalnya sangat jernih dengan dasar pasir putih bersih berhias ikan-ikan lucu. Berenang adalah aktivitas wajib di pantai ini.

Danau Ubur-ubur Lenkamana

Danau Ubur-ubur Lenkamana
credit: instagram.com/pakakbanak

Danau Ubur-Ubur di Indonesia tidak hanya ada di Pulau Kakaban, Kepulauan Derawan. Misool Raja Ampat juga punya, Danau Lenkamana namanya. Sama seperti di Danau Kakaban, ubur-ubur di danau air asin ini pun tidak menyengat. Di danau indah ini wisatawan bisa merasakan sensasi menyelam bersama mereka.

Wisata Yapap Pulau Misool

Wisata Yapap Pulau Misool
credit: instagram.com/aryawiznu

Yapap merupakan destinasi wisata di Misool Island yang membuat siapapun takjub mengagumi alam. Di Yapap, Anda seolah berada di alam lain karena saking indahnya. Laut dangkalnya begitu jernih beralaskan pasir putih bersih demikian mempesona berlatarkan formasi acak batuan karst unik yang terkesan tajam.

Teluk Love (Puncak Dafalen)

Teluk Love (Puncak Dafalen)
credit: instagram.com/aryawiznu

Love Pool Dafalen nama lainnya. Tempat ini menyajikan lanskap menawan di ketinggian. Sajian utamanya berupa teluk yang secara alami membentuk lambang cinta, sama seperti Danau Karawapop. Spot terbaik untuk menikmatinya bernama Puncak Dafalen. Perlu mendaki kurang lebih 30 menit untuk mencapainya.

Wisata Danau Laut Balbullol

Wisata Danau Laut Balbullol
credit: instagram.com/aryawiznu

Pulau Misool punya banyak danau laut atau laguna. Salah satu yang terindah adalah Balbulol. Ciri khasnya berupa deretan batuan karst besar tinggi yang unik berbentuk kerucut. Lagunanya dangkal berair tenang berwarna tosca dengan dasar pasir putih bersih. Snorkeling bisa menjadi kegiatan menarik di danau ini.

Biaya dan Cara ke Misool Island

Pulau Misool terletak di Distrik Misool, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Peta Lokasi. Rute perjalanan ke Misool agak berbeda dengan pulau-pulau lain di Raja Ampat. Rute terbaik adalah memulai dari Kota Sorong. Kemudian, melakukan perjalanan laut dalam durasi yang lumayan lama, yakni 4-8 jam ke Misool.

Mengenai biaya wisata ke Pulau Misool sangat bervariasi. Saran terbaik adalah ikut open trip atau trip rombongan melalui penyedia jasa wisata Raja Ampat yang menyediakan Misool Trip. Harga berkisar 4,5 juta-6 juta rupiah (di luar tiket pesawat) untuk trip 4 hari 3 malam. Biaya tersebut juga tergantung kuota peserta.