Beranda
Banyuwangi
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Pantai
Teluk Hijau Banyuwangi - Daya Tarik, Fasilitas dan Harga Tiket

Teluk Hijau. Bagian selatan Banyuwangi menyimpan sederetan pantai molek yang setia menunggu siapapun yang kaya rasa kagum. Wisata pantai telah menjadi magnet kuat dan memberi sumbangsih besar dalam mempertegas pesona Bumi Blambangan ini.

Anda mungkin perlu mengunjungi Taman Nasional Meru Betiri, fokuslah ke Pantai Teluk Hijau. Niscaya, setidaknya 3 wajah keindahan akan memanjakan Anda. Meru Betiri National Park bisa dikunjungi di Sarongan, Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

Daya Tarik Teluk Hijau Banyuwangi

Teluk Hijau merupakan pantai feminim yang menghadirkan komposisi alam dengan dominasi warna hijau. Tidak terkecuali warna pantainya. Pantai dengan perairan dangkal ini kaya akan alga. Sehingga memantulkan kehijauan di permukaan airnya.

Sementara itu, ombak mengalun tenang dengan setia menyapa hamparan pasir putihnya. Pasir pantainya lebih lembut ketimbang pasir-pasir pantai lain. Rimbun kehijauan hutan yang menyelimuti bebukitan karang juga turut menyempurnakan eksotika alamnya.

Bahkan tidak hanya itu, Pantai Teluk Hijau Banyuwangi juga termasuk keberadaan air terjun kecil berdebit air sedang. Mengingat keindahan air terjun lebih terwakili oleh debit airnya, maka di musim penghujan air terjun ini semakin menampakkan pesonanya.

Selebihnya, pantai ini juga bersebelahan dengan Teluk Damai yang hampir tak berpasir. Namun, penuh batuan malika dan memiliki gelombang ombak yang kontras dengan yang tersaji di Pantai Teluk Ijo atau yang juga terkenal dengan nama Green Bay ini.

Rute ke Lokasi Pantai Teluk Hijau

Liburan ke Taman Nasional Meru Betiri, termasuk ke pantai ini benar-benar membutuhkan semangat berpetualang. Desa Rajegwesi adalah pintu masuk, di sini adalah tempat pengunjung menentukan bagaimana cara terbaik menuju ke Pantai Teluk Hijau.

Jika memilih cara yang termudah, bisa memilih jalur laut dengan menyewa perahu. Bisa juga memilih berjalan kaki sejauh kurang lebih 2 kilometer dengan kondisi jalan yang lumayan ekstrim. Medannya naik dan turun serta penuh batuan terjal.

Rute ke Pantai Teluk Hijau bisa melalui Banyuwangi atau Jember. Dari Banyuwangi sekitar 90 km, sementara dari Jember kurang lebih 100 km jaraknya. Baik dari Banyuwangi atau Jember, lanjutkan perjalanan ke arah Pantai Sukamade melalui Jajag.

Lanjut ke perempatan Pasar Bangorejo dan terus ke Pasar Pedotan hingga Kesilir. Teruskan ke Pasar Pesanggaran, PTPN sampai tiba di Desa Kandangan dan Sarongan dan tiba di Rajegwesi. Untuk mempermudah, manfaatkan peta lokasinya Di sini.

{next}

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Pantai Teluk Hijau dikatakan sebagai salah satu surga tersembunyi di Kabupaten Banyuwangi. Maka dari itu, persiapkan diri sebaik-baiknya untuk bermanja di setiap bagiannya. Awali kedatangan Anda dengan merasakan benar kelembutan pasirnya.

Mendekatlah dan biarkan kesantunan alunan ombak menyapa dan membasahi ujung jari kaki. Jelajahi dan kagumi setiap sudut pantainya. Karena bebukitan karang yang berselimut hijaunya rimbun tetumbuhan itu menunggu Anda menghayatinya.

Sesekali fahamilah, bebatuan besar kecil yang berserakan itu juga ada. Meski tak beraturan, batu-batu turut mengukuhkan keeksotikan. Santunlah, sesantun nuansa ketenangan alam. Lebarkan petualangan ke sisi timur, datangi air terjun yang konon menjadi tempat mandi para bidadari itu.

Boleh juga menelusuri sejarah mistisnya. Tentang pelangi yang menggantung di Teluk Rajegwesi selama beberapa hari yang katanya bermula dari air terjun ini. Masyarakat punya cerita perihal keberadaan sesosok perempuan yang tengah mandi bersamaan dengan kedatangan pelangi.

Pastikan liburan ini panjang. Melebarlah ke Teluk Damai. Lakukan perbandingan dan lihatlah betapa kedua pantai ini bertolak belakang. Teluk Ijo nan tenang, sementara Teluk Damai begitu maskulin dengan tebaran batu-batu, "Berisik" di saat kerasnya ombak bersikeras menghantamnya.

Buktikanlah bahwa Anda seorang traveler yang benar-benar mencintai alam. Maksimalkanlah wisata kali ini dengan bermalam, berkemah mendirikan tenda. Hanya saja waspadalah, di saat air pasang, tidak jarang ombak mengambil alih seluruh permukaan pantainya.

Jadi, carilah tempat ideal di semak-semak (perdu). Perlu juga Anda perhatikan, kawasan ini juga menyimpan habitat hewan-hewan liar termasuk rusa dan macan tutul. Rekomendasi terbaiknya adalah melapor dan meminta izin terlebih dahulu jika berminat berkemah di sini.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Pantai Teluk Hijau lebih ideal bagi mereka yang menghendaki wisata berbau petualangan, bukankah itu Anda?. Menyandang sebutan pantai tersembunyi, berarti pula bahwa Teluk Hijau belumlah diperlengkap dengan fasilitas wisata. Tidak ada kamar mandi atau apapun itu.

Jadi bersiaplah masuk pada keterbatasan. Siapkan segala yang Anda butuhkan, apalagi jika berniat berkemah di pantai ini. Jika membutuhkan air bersih untuk membersihkan diri dari pasir, silahkan menuju ke air terjun yang hanya berjarak kurang lebih 20 meter saja.

KeteranganHarga
Tiket Masuk TN Meru BetiriHari Biasa WisnusRp 5.000
 Hari Libur WisnusRp 7.500
 Hari Biasa WismanRp 150.000
 Hari Libur WismanRp 225.000
Tarif Parkir KendaraanMotorRp 5.000
 MobilRp 10.000
Berkemah± Rp 5.000
Sewa Perahu ke Teluk IjoPP± Rp 35.000
 Berangkat saja± Rp 25.000
Note: harga tiket masuk Pantai Teluk Hijau dalam daftar di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.