Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Pantai
Pantai Sendang Biru Malang - Fasilitas, Harga Tiket, dan Rute

Pantai Sendang Biru merupakan objek wisata pantai terkenal di Malang Selatan, selain Pantai Balekambang. Pantai yang berada di tepi Samudera Indonesia ini secara administratif terletak di Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Daya Tarik Pantai Sendang Biru Malang

Cikal bakal nama pantai ini berasal dari sebuah sendang (sumber mata air). Sendang berair kebiru-biruan itu berada di bawah bukit, sekitar 1 km di sisi barat. Sebenarnya, di kawasan ini terdapat dua sendang. Selain Sendangbiru ada juga Sendanggambir, hanya saja debit airnya lebih kecil.

Seperti umumnya sebuah pantai, Sendangbiru tetap hadir dengan panorama khasnya pantai. Hamparan pasir pantai dengan gradasi air laut yang semakin biru dan jernih. Sekilas warna-warni perahu para nelayan yang berjejer dibibir pantai, cukup sempurna melengkapi pemandangan.

Hanya saja, pandangan Anda tidak bisa bebas ke laut lepas karena terhalang oleh pulau sepanjang 4 km. Itulah Pulau Sempu, sebuah surga kecil yang saat ini wisatawan benar-benar terlarang mengunjunginya. Untuk menjaga kealamiannya, untuk menjaga identitas kesurgaannya.

Pantai Sendang Biru adalah pantai sibuk. Selain penuh dengan perahu, di sini juga ada tempat pelelangan ikan (TPI). Karena kesibukannya sebagai tempat bersandar dan beraktivitasnya para nelayan, keelokan pantai ini pun berkurang. Bahkan terjadi abrasi cukup parah di sisi baratnya.

Aktivitas Wisata di Pantai Sendang Biru

Sebagai pantai yang sibuk, Pantai Sendang Biru memiliki banyak cara untuk menyibukkan para pengunjungnya. Wisata naik perahu bisa menjadi pilihan sempurna, selain sekedar duduk menghabiskan waktu melihat kesibukan nelayan dan menikmati Pulau Sempu dari kejauhan.

Dengan berperahu, pengunjung bisa berkeliling pantai ataupun ke tengah laut untuk menikmati pemandangan bawah laut yang jelas terlihat. Tempat di mana ikan-ikan kecil juga beraktivitas di sela-sela karang. Selain menjelajahi perairan, berenang dan memancing pun bisa Anda lakukan.

Apabila Anda ingin berbelanja ikan, pergilah ke pasar ikan untuk mendapatkan beragam jenis ikan laut dengan harga yang jauh lebih murah dari harga aslinya. Namun tentu saja, harga selalu bergantung pada musim. Umumnya jika ombak sedang tinggi, harga ikan pun ikut tinggi.

Wisata ke Pantai Sendang Biru, usahakan datang di waktu yang tepat. Setiap tahunnya pada 7-8 Syawal, masyarakat di sini berduyun-duyun mengambil air dari mata air tawar di Pulau Sempu yang  mereka percaya bisa menyembuhkan. Adapun pada 27 September, biasanya ada Tradisi Petik Laut.

{next}

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Mengingat suasana pantai yang sangat sibuk, tentu banyak tersedia fasilitas penunjang di Pantai Sendang Biru Malang. Seperti yang tersebut di atas,  di Sendangbiru terdapat pasar ikan yang juga memungkinkan para wisatawan menyewa perahu untuk berkeliling mengarungi perairan.

Selain itu, Pantai Sendang Biru juga menyediakan fasilitas umum. Dengan mudah Anda bisa menemukan kamar mandi, shelter, mushola, menara pandang, dan pusat informasi. Demikian juga dengan konsumsi, banyak berjajar warung penjual makanan dan minuman di sepanjang tepiannya.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000
Parkir Roda 2Rp 5.000
Parkir Roda 4Rp 10.000
Sewa Perahu DayungRp 50.000
Sewa Perahu MotorRp 100.000
Note: harga tiket masuk Pantai Sendangbiru dalam daftar di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Lokasi Pantai Sendangbiru Malang

Secara umum, rute perjalanan ke pantai-pantai di selatan Malang bisa Anda tempuh melalui jalan yang sama. Karena, semua pantai berada di garis pantai yang sama, melalui Jalan Lintas Selatan (JLS) Malang. Jadi, ketika berminat wisata pantai di Malang, bisa berkunjung ke beberapa pantai sekaligus.

Mengingat pantai di Malang berjumlah puluhan, tentu saja semua selalu bergantung pada durasi liburan Anda. Dalam hal ini, jarak antara Kota Malang dan Pantai Sendangbiru berkisar 70 km dengan durasi berkendara sekira  2 jam. Dari Kota Malang, lanjutkan perjalanan ke arah selatan menuju Turen.

Sesampainya di Turen, belok lagi ke selatan ke arah Sumbermanjing Wetan. Teruskan perjalanan hingga di persimpangan Sendang Biru. Di sana telah tersedia papan penunjuk jalan ke pantai-pantai yang ada. Ikuti saja yang mengarah ke Pantai Sendang Biru karena lokasi pantai sudah dekat. Peta Rute.