Beranda
Air Terjun
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Coban Glotak Malang - Fasilitas, Harga Tiket Masuk, dan Rute

Coban Glotak. Apabila dikatakan Malang Raya adalah surga bagi penggemar wisata alam, itu jelas tidak berlebihan. Pasalnya, Malang menawarkan keindahan alam luar biasa yang seolah menjadi magnet dan menarik siapa saja untuk datang dan kembali merindukannya.

Jika di bagian selatan kaya pantai menawan, Malang juga kaya air terjun yang tersebar acak. Salah satunya adalah Coban Glotak, air terjun cantik yang berasal dari lereng Gunung Kawi. Tepatnya berada di desa Dalisodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.

Daya Tarik Coban Glotak Malang

Air yang terjun dari ketinggian sekitar 100 meter itu mendarat bersama batu-batu kecil sehingga timbul bunyi khas "glotak-glotak". Kekhasan itulah yang menjadi awal penamaannya. "Coban" mewakili air terjun, sementara "Glotak" berasal dari bunyi bebatuan yang jatuh.

Air terjun Coban Glothak merupakan tingkatan terendah dari 7 air terjun (sumber lain mengatakan 9 air terjun) yang ada di atasnya. Mengingat letaknya yang masih tersembunyi, memungkinkan keadaan alam di sekitarnya masih sangat alami.

Sudah pasti rimbunnya kehijauan yang paling mendominasi. Meski hanya seperti sebuah garis tebal, warna putih dari air terjun sangat menonjol terlebih ketika terlihat dari kejauhan. Seolah mengisyaratkan "akulah yang mereka cari untuk melampiaskan rasa ketakjuban".

Selanjutnya adalah batu-batu dengan bentuk dan ukuran yang beraneka ragam. Mereka begitu dingin dalam kerasnya, sementara tetap setia membentengi dan mengarahkan ke mana air harus mengalir ke tujuan.

Sebuah keeksotikan komposisi alam yang pastinya memicu gairah estetik siapa saja. Di samping itu, sejuknya hawa pegunungan turut menghadirkan nuansa ketenangan yang diharapkan bisa membuat bahagia setiap yang datang.

Lokasi dan Rute Coban Glothak

Air terjun ini terbilang cukup dekat dengan pusat Kota Malang karena hanya berjarak kurang lebih 18 kilometer. Awalnya, lanjutkan perjalanan ke arah pabrik gula Kebon Agung. Ikuti jalan besar ke arah barat hingga di pertigaan dan temukan papan petunjuk (belok ke kiri).

Saat ini sudah banyak papan petunjuk yang mengarah ke Coban Glotak, ikuti saja hingga tiba di Desa Bedalisodo. Akses jalan dari Bedalisodo ke lokasi air terjun di dominasi tanah liat, jalan setapak naik turun. Dari desa tersebut, kurang lebih 4 kilometer untuk sampai ke lokasi. Peta.

{next}

Aktivitas Wisata yang Menarik

Berwisatalah, bahkan rasakan bahagia setidaknya semenjak tiba di perkampungan terakhir. Persiapkan petualangan penuh energi menyusuri jalan berbatu naik dan turun. Jangan lupa, nikmatilah kesejukannya dan indah pemandangan hingga tersadar telah sampai di loket masuk.

Sebagai obyek wisata alam yang masih tersembunyi, Coban Glotak memaksa siapa saja agar tidak manja ketika ingin menikmatinya. Kembalilah berjalan sejauh 2 kilometer penuh rasa ketakjuban. Menyusuri jalan setapak sejalan aliran air sungai dari mata air coban ini.

Lagi-lagi hayati kesejukan udaranya, nikmati suasana pegunungannya. Hati-hati dengan medan longsor berbatas pagar kayu, juga ketika Anda terpaksa berpindah dari batu ke batu. Selanjutnya, bersyukurlah telah diizinkan sampai di Coban Glothak nan molek dan bermanjalah penuh etika.

Setiap traveler memiliki keunikan tersendiri dalam menikmati air terjun ini. Jadi, selebihnya Andalah yang paling tahu cara terbaik untuk berbahagia. Sebagian traveler yang cenderung terpikat, ada juga yang bermalam dan mendirikan tenda.

Perlu diperhatikan, pastikan sudah meminta izin dari warga setempat dan jangan pernah berharap mendapatkan lahan layaknya bumi perkemahan. Nikmatilah keterbatasan di dingin dan gelapnya hutan. Masukilah sepi yang menenangkan.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Tidak seperti Coban Rondo, Anda tidak bisa berharap di wanawisata ini terdapat fasilitas yang memadai. Beberapa warung penjual makanan dan minuman bisa Anda temukan di sekitaran rumah warga serta, sebagian yang lain juga ada di dekat loket masuk.

Lahan parkir umumnya hanya buka sampai menjelang senja. Namun apabila berniat bermalam, cobalah menitipkan kendaraan di rumah warga. Seiring dengan minat pengunjung, kini tidak jauh dari Coban Glothak juga telah ada fasilitas penunjang untuk menikmati pemandangan.

Fasilitas penunjang tersebut memungkinkan setiap pengunjung bisa sepuasnya untuk berselfie ria. Spot tersebut memungkinkan Anda mengabadikan diri dengan latar belakang moleknya pemandangan air terjun yang tampak dari kejauhan.

Harga Tiket Masuk Coban Glotak : Setiap pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000 (harga sewaktu-waktu bisa berubah bergantung pada kebijakan pihak pengelola).