Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Pantai
Pantai Jembatan Panjang Malang - Fasilitas, Harga Tiket, Rute

Satu lagi pantai wisata yang menjadi tetangga bagi Pantai Balekambang di Malang Selatan, yakni Pantai Jembatan Panjang. Tidak hanya bersebelahan, kedua pantai ini sama-sama memiliki jembatan yang menghubungkan ke sebuah pulau di lepas pantainya.

Jembatan Panjang menawarkan pesona keindahan pantai yang tidak jauh berbeda dengan Balekambang. Bedanya, pantai ini cenderung lebih tenang dan sepi. Secara administratif, pantai ini terletak di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Adalah ide bagus jika kedua pantai ini Anda jadikan satu paket wisata. Ketika ke Balekambang, pengunjung bisa langsung ke arah barat Pulau Wisanggeni yang ada di Pantai Balekambang. Meski terlihat identik, Pantai Jembatan Panjang cukup menawarkan citarasa alam tersendiri.

Daya Tarik dan Aktivitas Menarik

Selain hamparan pasir putih yang luas, pantai ini lebih asri, bersih dan menghadirkan suasana menenangkan ketimbang tetangganya yang terlalu populer. Ombaknya tidak terlalu ganas karena terhalang oleh pulau di lepas pantainya. Satu lagi yang menjadikannya menarik adalah jembatan.

Konon, jembatan di pantai ini sudah sering kali mengalami perbaikan dan setiap kali selesai, beberapa hari kemudian rusak lagi. Selalu begitu. Karena telah berulang kali diperbaiki namun sia-sia, akhirnya berkembang banyak pendapat yang mewarnai kejadian tersebut.

Ada yang bilang dan menjadi salah satu cerita populer di masyarakat adalah tentang tidak direstuinya jembatan penghubung tersebut oleh makhluk ghaib penunggu pulau. Ada juga yang mengatakan bahwa pulau itu telah menjadi tempat pertapaan sejak puluhan tahun yang lalu.

Menariknya, mitos-mitos yang berkembang tidak menyurutkan wisatawan untuk datang. Bahkan, jembatan tersebutlah yang menjadi ikon sekaligus menjadi awal dari penamaan pantai ini. Seolah menjadi magnet yang membuat setiap penggila wisata untuk selalu datang dan mengaguminya.

Ketika berlibur ke Pantai Balekambang, lebarkan penjelajahan ke pantai ini. Jika air sedang surut, Anda bisa saja menyeberang di bawah jembatan yang menghubungkan Pulau Wisanggeni dan Pulau Ismoyo sebagai tempat Pura Amarta Jati di Balekambang.

Nikmatilah nuansa ketenangan di sana sambil tak henti-hentinya bersyukur akan nikmat Tuhan melalui keindahan alam kreasi-Nya. Beruntunglah, jika datang ke Pantai Jembatan Panjang di saat air tidak begitu meluap. Memasuki air dan mulai bermain sedemikian rupa.

Untuk memaksimalkan wisata, saran terbaik adalah datang di saat malam menjelang pagi. Menginap atau mendirikan tenda di Pantai Balekambang sembari menunggu menjadi yang pertama melihat kemolekan pantai di pagi yang masih ranum.

Ketika air perlahan surut, menyeberanglah ke Pantai Jembatan Panjang dan bermanjalah di putih bersih pasirnya. Menjelajah, mengagumi dan menghayati keberadaan jembatannya hingga puas dan kembali ke gegap gempitanya popularitas Balekambang.

{next}

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Sebagai pantai yang belum banyak dikunjungi karena mungkin tertutupi oleh popularitas pantai tetangganya, Pantai Jembatan Panjang, sejauh ini masih belum menyediakan fasilitas yang memadai. Anda bisa saja bolak-balik pergi ke Pantai Balekambang yang memang memiliki semua fasilitas.

Fasilitas yang tersedia mulai dari beragam Penginapan, Mushola, Warung Makanan dan Pakaian, Kamar Mandi hingga fasilitas permainan. Untuk harga tiket masuk, jika lebih fokus ke pantai ini dan memilih melalui pintu masuknya, biasanya ada biaya Rp 5.000. Itupun kalau sore sudah jarang ada yang jaga.

Sementara itu, ketika memilih melalui Balekambang, Anda cukup membayar biaya masuk ke Pantai Balekambang. Dulu ketika berkunjung ke pantai ini, kedua pantai saya jadikan satu paket, jadi hanya membayar di pantai pertama saja.

Rute Pantai Jembatan Panjang

Dari pusat kota Malang, pantai ini berjarak kurang lebih 60 km ke arah selatan dengan durasi perjalanan berkisar 2 jam menggunakan kendaraan bermotor. Dari Malang, lanjutkan perjalanan ke arah Gondanglegi atau bisa juga ke arah Kepanjen.

Ketika sampai di Gondanglegi, teruskan ke wilayah Bantur. Sedangkan jika memilih jalur Kepanjen, teruskan ke daerah Pagak dan berlanjut ke Bantur. Dari daerah Bantur, kemudian berlanjut ke Pantai Balekambang. Peta Rute.