Beranda
Badung
Bali
Destinasi Wisata
Pantai
Pantai Dreamland - Daya Tarik, Sejarah, Fasilitas & Harga Tiket

Suka pantai dan punya rencana liburan ke Bali? berangkatlah!. Jika Pantai Kuta Bali dirasa terlalu mainstream, rekomendasi terbaiknya adalah ke Kuta Selatan. Di sana banyak pantai indah menawan. Salah satu ide menarik adalah berkunjung ke Pantai Dreamland di Desa Adat Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Pantai ini terletak cukup dekat dengan Pantai Balangan Ungasan, satu di antara pantai tersembunyi di Bali. Pantai Dreamland sendiri dijuluki "New Kuta Beach" karena dalam banyak hal mirip dengan Pantai Kuta. Hamparan pasir putihnya, keindahan sunsetnya, termasuk juga sebagai destinasi favorit surfer dunia.

Tapi, Dreamland Beach istimewa. Lanskap alamnya terbatasi oleh tebing kokoh putih berbalut hijau tetumbuhan, yang tak dimiliki Pantai Kuta. Tahukah Anda? Dreamland adalah tanah impian yang mengisyaratkan besarnya harapan masyarakat Pecatu di masa lalu. Lanjutkan membaca untuk mengetahui info lengkapnya.

Sejarah dan Daya Tarik Wisata

Sejarah Pantai Dreamland, khususnya berkaitan dengan penamaannya dimulai sekitar tahun 1996. Pada masa itu, kawasan pantai ini termasuk bagian dari areal 900 h yang rencananya akan menjadi perumahan dan objek wisata Resor Pecatu Indah oleh PT Bali Pecatu Graha. Pemiliknya adalah Tommy Soeharto, putra dari Presiden Soeharto.

Tommy ingin membuat "lingkungan permukiman dan wisata terunik se Asia Tenggara". Dengan memanfaatkan keindahan alam sekaligus untuk pelestarian lingkungan hidup, resor dipadukan dengan wisata. Besar harapan masyarakat akan terealisasikannya proyek tersebut. Mereka yang umumnya petani berharap memiliki bisnis lain di bidang pariwisata.

Megaproyek super mewah tersebut sempat heboh, namun selanjutnya meredup seiring krisis moneter yang melanda Indonesia dan diperparah dengan krisis kredibilitas pemimpin waktu itu. Proyek tanah impian memang tak berjalan sesuai harapan, namun karena potensi keindahan alamnya nama Dreamland tetap melekat mewakili pesonanya.

Pasir Pantai Dreamland di Pecatu yang putih bersih senantiasa bertemu dengan gelombang ombak yang cenderung besar. Oleh karena itu, pantai ini menjadi salah satu spot selancar terbaik di Bali. Jika suka dengan aktivitas tersebut, menarilah dan taklukkan ombaknya. Hanya saja, karakter ombak di pantai ini tidak ideal bagi surfer pemula.

Karena ombaknya besar, tidak disarankan berenang. Lakukan saja aktivitas lain yang bisa membuat Anda bergembira, berjemur, bermain pasir, atau susur pantai misalnya. Bertahanlah, setidaknya hingga sore hari. Pantai ini menawarkan citarasa keindahan sunset yang layak dikagumi. Lokasi strategisnya berada di bawah dinding karang curam.

{next}

Fasilitas Wisata dan Akomodasi

Dalam hal fasilitas wisata, fasilitas di Pantai Dreamland Pecatu sudah cukup memadai. Ada lahan parkir yang luas dan lengkap dengan toilet atau kamar mandi umum. Tersedia beberapa rumah makan dan kafe. Untuk penginapan atau hotel, Anda bisa menemukan banyak hotel bagus di Uluwatu, Pecatu. Berikut beberapa rekomendasi dari kami:

Harga Tiket Pantai Dreamland

KeteranganHarga
Tiket MasukGratis
Parkir Roda 2Rp 5.000
Parkir Roda 4Rp 20.000
Payung, Kursi Pantai± Rp 150.000
Sewa Surf Board± Rp 200.000
Kursus Selancar± Rp 500.000
Note: biaya wisata dan harga tiket Pantai Dreamland yang tersebut dalam daftar tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Lokasi Pantai Dreamland Pecatu

Pantai Dreamland Pecatu berada kawasan mewah Bali, yakni kompleks Bali Pecatu Graha (Kawasan New Kuta Golf). Dari Bandara Ngurah Rai berjarak sekitar 18 kilometer (± 40 menit berkendara). Masih satu jalur dengan Garuda Wisnu Kencana, namun lokasinya cukup tersembunyi. Untuk mempermudah, Anda bisa memanfaatkan Peta Lokasi.