Beranda
Badung
Bali
Destinasi Wisata
Pantai
Pantai Jimbaran Bali, Sejarah, Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket

Pantai Jimbaran. Bali menjadi tujuan wisata terbesar di Indonesia, salah satunya karena jajaran pantai yang dimilikinya. Dan, kawasan Kuta di Kabupaten Badung menjadi daerah yang memberi sumbangsih besar karena di sinilah pantai-pantai indah di Pulau Bali berada.

Sejak era 70-an, Pantai Kuta Bali telah mempesona wisatawan dunia. Semua orang tahu itu, namun pantai di Kuta tidak hanya itu. Seiring berjalannya waktu, Wisata Seminyak hadir dengan gegap gempita hiburan. Pantai Nusa Dua yang populer kemolekannya itu juga berada di Kuta.

Selain itu ada pula Pantai Jimbaran yang menjadi penghubung Bali daratan dengan semenanjung bukit di sisi selatannya. Jimbaran merupakan rekomendasi pantai indah Bali, khususnya bagi mereka yang doyan wisata kuliner. Suasananya cenderung romantis, lebih hidup di malam hari.

Sejarah Asal-Usul Kawasan Jimbaran

Asal usul "Jimbaran" berangkat dari kisah dua saudara, yakni Dalem Putih dan Dalem Ireng. Keduanya terpisah lantaran sang ibu harus membawa Dalem Ireng karena suatu alasan. Dalem Putih pun diasuh oleh pertapa sakti hingga mendapatkan ilmu pengobatan.

Pertapa tersebut meninggal dunia ketika Dalem Putih beranjak dewasa. Dalem Putih akhirnya bertemu Dalem Ireng setelah ia memutuskan pergi ke Uluwatu. Sempat terjadi pertengkaran karena kesalahpahaman, namun akhirnya rukun setelah tahu latarbelakang masing-masing.

Selanjutnya, Dalem Ireng lebih memilih menjadi pengembaran dan Dalem Putih mengamalkan ilmunya di Uluwatu. Di utara Uluwatu, Dalem Putih memutuskan membabat hutan baru. Karena luas, daerah itu dinamakan "Jimbaran" asal katanya "jimbar" artinya luas.

Daya Tarik Pariwisata Jimbaran Bali

Sama halnya dengan Seminyak, dulunya pesisir Jimbaran merupakan perkampungan nelayan. Sebagian besar penduduknya menggantungkan hidup dengan mencari ikan di laut. Sejak lama wilayah ini memang terkenal sebagai penghasil ikan laut yang segar.

Waktu pun berganti, seiring dengan geliat pariwisata Bali, keindahan pantai di Jimbaran pun turut diminati. Pasirnya yang putih bersih, gradasi laut yang membiru, serta kemolekan warna alam saat matahari tenggelam menjadi nilai lebih di mata wisatawan.

Setidaknya di akhir era 80-an, tempat wisata Jimbaran mulai berkembang. Sebagai wilayah penghasil ikan segar serta karena pesona alamnya yang menakjubkan, akhirnya banyak investor yang tertarik berinvestasi dalam pembangunan fasilitas wisata.

Bahkan potensi Jimbaran turut menarik minat Four Seasons Hotels and Resorts. Perusahaan hotel mewah bintang lima internasional asal Kanada itu membangun salah satunya properti mewahnya di pantai ini pada tahun 1992, yakni Four Seasons Jimbaran.

Jimbaran yang dulunya desa nelayan, berubah menjadi kawasan wisata dengan beragam varian hotel, villa, dan restoran berstandar internasional. Hal ini turut merubah kehidupan masyarakat nelayannya yang kemudian lebih bergerak di bidang pariwisata.

Tahun 2015, Bali disorot dunia melalui kejadian memilukan, yakni Tragedi Bom Bali. Pusat tragedi itu ada di kawasan wisata Jimbaran. Lokasi tepatnya di Cafe Menega dan Cafe Nyoman. Kejadian itu, sekaligus melambungkan keberadaan wisata Jimbaran.

{next}

Aktivitas Wisata di Pantai Jimbaran

Selain di Pantai Nusa Dua, di sinilah tempat ideal bagi wisatawan yang berlibur ke Bali bersama keluarga dan anak-anak. Karena suasana yang dihadirkan cenderung romantis, wisata Jimbaran Bali juga cocok bagi sepasang kekasih yang sedang berbulan madu.

Di pasirnya yang putih kekuning-kuningan itu, wisatawan bisa melakukan banyak aktivitas wisata yang menarik. Bersantai di pantai adalah hal yang umum dilakukan. Pantai ini juga memungkinkan jika ingin berenang dan bermain air, snorkeling dan selancar.

Apabila Anda suka memancing, spot terbaiknya ada di Jimbaran Bay. Dua titik lainnya adalah di Kedongan atau di area sekitar Pura Tegal Wangi. Bila ingin lebih jauh, bisa menuju ke tengah laut dengan menyewa perahu, memancing didampingi nelayan sekitar.

Jika tertarik melebar, mampirlah ke Pasar Kedonganan. Di pasar ikan populer itu Anda bisa berbelanja hasil laut segar, ikan, kerang, kepiting, udang, dan lobster. Di pasar yang buka 24 jam ini, berlaku konsep tawar-menawar. Jadi, tawarlah harganya.

Daya tarik utama Pantai Jimbaran adalah kuliner dan sunset. Di sinilah pusat wisata kuliner laut di Bali. Sebagian besar restoran dan kafe menyediakan tempat makan di pesisirnya. Jadi, pengunjung bisa mencicipi kuliner sambil menikmati suasana pantainya.

Ketika senja tiba, suasana Pantai Jimbaran Bali benar-benar romantis. Oleh sebab itu banyak yang menjadikannya sebagai lokasi honeymoon (bulan madu) bersama pasangan. Untuk wisata keluarga, makan malam bersama di pantai ini adalah ide yang sempurna.

Intinya, Wisata Pantai Jimbaran adalah pantai terbaik di Bali yang memadukan keindahan alam dengan kuliner khas laut (seafood). Menikmati keindahan matahari sambil menyantam sajian seafood terlezat sangatlah menyenangkan. Jadi, datang dan lakukanlah.

Harga Tiket Masuk Pantai Jimbaran Bali

KeteranganHarga
Tiket MasukGratis
Parkir Roda 2Rp 2.000
Parkir Roda 4Rp 5.000
Note: harga tiket Pantai Jimbaran yang disebutkan dalam daftar di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.
{next}

Fasilitas di Kawasan Wisata Jimbaran

Sebagai salah satu objek wisata pantai terpopuler di Pulau Bali, kawasan wisata Jimbaran menawarkan fasilitas yang sangat memadai. Telah tersebut di atas bahwa sejak 1992, di pantai ini telah dibangun Four Seasons Hotel yang sangat mewah.

Beragam jenis fasilitas akomodasi lain juga mudah Anda temukan. Penginapan, hotel, cafe dan restoran semuanya ada. Namun, umumnya fasilitas wisata di Jimbaran hanya buka sampai pukul 23.00. Jimbaran juga termasuk Pasar Kedonganan dengan aneka hasil lautnya.

Lokasinya sangat strategis karena dekat dengan Bandara Ngurah Rai dan Toll Bali Mandara. Banyak juga shopping center dan toko oleh-oleh khas Bali yang terletak dekat dengan pantai ini. Semua fasilitas yang dibutuhkan sudah tersedia di kawasan Jimbaran Bali.

Rekomendasi Akomodasi di Jimbaran

Lokasi dan Rute ke Kawasan Jimbaran

Kawasan Wisata Pantai Jimbaran berada di Desa Adat Jimbaran di barat daya Bali di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Jika berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai, jaraknya sekitar 7 km atau membutuhkan 20 menit perjalanan berkendara.

Dari gerbang Toll Bali Mandara, objek wisata ini terletak kurang lebih 10 km. Adapun jika dari Seminyak berjarak sekitar 11 km melalui Jalan Sunset Road. Aksesnya mudah dengan banyak varian transportasi. Untuk mempermudah perjalanan Anda, lihat Peta Lokasi.