Jawatan Benculuk Banyuwangi - Fasilitas Wisata, Harga Tiket, Rute

Jawatan Benculuk. Kemolekan alam selalu digandrungi semua orang. Terlebih jika salah satu sudut alam tersebut menawarkan sesuatu yang berbeda. Mendatangi tempat itu, menghirup segar udaranya, atau mengabadikan keberadaan menjadi semacam keharusan bagi kebanyakan wisatawan.

Jawatan Benculuk Banyuwangi
credit: unsplash.com/@megacaesaria

Apabila hal itu yang sobat traveler kehendaki, segeralah meluncur ke ujung timur Pulau Jawa. Segeralah meluncur ke Bumi Blambangan, Kabupaten Banyuwangi. Kemudian, temukanlah hutan Djawatan Benculuk di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Daya Tarik Wisata Jawatan Benculuk

Dahulu, Obyek Wisata di Banyuwangi ini hanyalah sebuah bangunan tua tempat pengelolaan transportasi kereta api. Kawasan di sekitar bangunan tersebut juga berfungsi sebagai area resapan air dan tempat penimbunan kayu jati yang berkualitas dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Seiring berjalannya waktu, dominasi pohon trembesi yang teduh dan kaya oksigen menghadirkan kemolekan alam yang berbeda. Banyak yang mengatakan, Jawatan Benculuk Banyuwangi ini mirip dengan yang ada di film trilogi Lord of the Rings dan The Hobbit yang menggunakan lokasi syuting di Selandia Baru.

Bagi penggemar kedua film tersebut, kawasan hutan trembesi ini wajib Anda datangi. Setidaknya untuk merasa berada di Hutan Fangorn "Lord of the Rings" ala Indonesia. Singgah sejenak untuk selanjutnya  berlama-lama menikmati suasana sejuk menenangkan di bawah deretan pohon rindang berukuran besar.

Fasilitas Wisata di Jawatan Benculuk
credit: Alvaro Radhitya A., CC BY-SA 4.0

Aktivitas Wisata di Jawatan Benculuk

Wisata alam Banyuwangi ini memberi lahan serta kemungkinan yang luas untuk siapa saja bergembira. Pada dasarnya, sobatlah yang paling tahu cara menikmati wisata ini. Namun saran awal adalah "merasa" tenang dan mencoba bersahabat dengan alam.

Nikmatilah sejuknya udara yang perlahan tapi pasti menguasai sekujur tubuh, sembari jujur bahwa Anda bersyukur bisa menikmati alam semolek ini. Secara keseluruhan, Djawatan Benculuk adalah tempat yang molek nan eksotik, dan pastinya banyak sudut yang layak diabadikan.

Oleh karena itu, bagi yang menggemari dunia fotografi, jangan sia-sia kesempatan mengambil gambar terbaik di hutan yang menawarkan citarasa purba ini. Ini juga berarti, hutan trembesi ini sangat ideal bagi mereka yang doyan berselfi ria.

Waktu kunjungan terbaik adalah sore hari ketika sinar mentari perlahan menerobos celah-celah pepohonan. Hanya itu? tidak juga! di dekat hutan, terdapat sungai yang mengalir bebas dan lengkap dengan tatanan acak batu-batu.

Arum jeram bisa menjadi aktivitas terbaik untuk dilakukan dan pihak pengelola telah menyediakan apa saja yang dibutuhkan untuk itu. Nikmatilah sensasi menegangkan berarum jeram dengan membayar beberapa ribu rupiah.

Harga Tiket Masuk dan Rute Djawatan Benculuk
credit: unsplash.com/@widyadesi

Fasilitas Wisata & Harga Tiket Masuk

Sejauh ini fasilitas yang ada di tempat ini cukup memadai. Bahkan tersedia sejumlah area luas berupa lapangan bola, lapangan tenis, lapangan voli. Tidak terkecuali lapangan karate. Untuk fasilitas dasar, ada mushola, sejumlah kantin, warung kopi, minimarket serta toilet bersih.

Harga Tiket Masuk Wisata : Kabar gembiranya, untuk saat ini semua pengunjung yang ingin menikmati wisata Djawatan Benculuk Banyuwangi tidaklah dipungut biaya, alias gratis. Jadi tunggu apalagi, nikmati dan jadilah salah satu pengunjung yang bergembira.

Rute Djawatan Benculuk Banyuwangi

Djawatan Benculuk berada di Purwosari, Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Dari Banyuwangi Kota, dibutuhkan perjalanan berkendara kurang lebih 50 menit ke arah selatan. Lokasinya tidak jauh dari jalan raya dan mudah ditemukan. Peta Lokasi.

0 Comments

Posting Komentar