Beranda
Destinasi Wisata
Gunung
Lombok
NTB
Pusuk Sembalun Lombok - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk, Rute

Pusuk Sembalun Lombok. Bagi penikmat alam, Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat merupakan destinasi yang wajib disambangi. Bukan hanya alam baharinya yang menawan, namun juga tentang Gunung Rinjani yang mengagumkan. Tidak harus puncaknya, Rinjani juga indah dinikmati di kaki gunungnya.

Jika tertarik, cobalah berkunjung ke Desa Senaru. Atau, bisa juga ke Desa Gumantar dan melebar ke Taman Wisata Pusuk Sembalun. Secara administratif, objek wisata alam ini bisa Anda kunjungi di Jalan Wisata Gunung Rinjani, Sembalun Bumbung, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Berminat untuk mengunjungi taman wisata alam di Lombok yang sedang populer ini? sebagai persiapan, mari kita lebih dekat mengenalnya melalui artikel ini. Perihal pesona atau daya tariknya, fasilitas wisata yang tersedia. Juga, tentang harga tiket masuk dan rute perjalanan yang ditempuh hingga tiba di lokasinya.

Daya Tarik Taman Wisata Pusuk Sembalun

Menempati wilayah dataran tinggi pada ketinggian sekitar 1000 mdpl, taman wisata ini menawarkan lanskap molek perlembahan Taman Nasional Gunung Rinjani. Komposisi alam dengan dominasi warna hijau demikian baik mencipta keindahan yang sedap di pandang mata. Suhu udaranya pun melengkapi dengan kesejukannya.

"Pusuk" adalah bahasa lokal untuk menyebut "puncak". Sedangkan Sembalun adalah nama desa dan juga kecamatan tempat puncak tersebut berada. Oleh karena semakin banyak yang mengunjungi dan mengagumi, pada akhirnya disediakanlah area khusus semacam view point sebagai spot terbaik untuk menikmati pemandangan.

Di spot tersebut, di sekujur pandangan telah tersaji keindahan alam lestari melalui tebing-tebing curam dari perbukitan yang seolah sambung menyambung. Lebatnya kehijauan senantiasa segar memanjakan mata siapa saja. Termasuk juga lembah yang berhias pemukiman dan juga peternakan melengkapi panorama indah pegunungan.

Daya tariknya itulah yang membuat wisatawan berbondong-bondong mengunjungi objek wisata alam ini. Bahkan diberitakan, meski masih dalam transisi masa "kenormalan baru", di akhir pekan ratusan kendaraan tumpah ruah memadati Jalan Kawasan Wisata Pusuk Sembalun ini. Mereka rindu alam setelah cukup lama tertahan di rumah.

Jika sobat ingin berkunjung, satu hal yang perlu Anda perhatikan. Taman Wisata Pusuk Sembalun juga merupakan rumah bagi monyet-monyet liar dengan jumlah yang sangat banyak. Cenderung usil dan suka mengganggu sehingga perlu berhati-hati. Pastikan setiap bekal perlengkapan Anda aman dari gangguan monyet-monyet tersebut.

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Di Pusuk Sembalun telah tersedia beberapa spot untuk menikmati pemandangan yang juga berfungsi sebagai spot foto bagi penggemar selfie. Seiring dengan lonjakan wisatawan yang datang, fasilitasnya pun kini semakin perlengkap, termasuk area parkir, warung makanan, toilet umum, petugas keamanan dan lain sebagainya.

KeteranganHarga
Tiket Masuk± Rp 5.000
Parkir± Rp 2.000
Note: harga tiket TWA Pusuk Sembalun di atas belum tentu akurat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute dan Lokasi Pusuk Sembalun Lombok

Seperti tertulis di awal, Taman Wisata Pusuk Sembalun berlokasi di Jalan Wisata Gunung Rinjani, Sembalun Bumbung, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Kondisi jalan sampai di lokasi pun sudah bagus dan lebar. Objek wisata ini terbuka 24 jam, sehingga Anda bisa menyesuaikan jadwal kunjungan.

Untuk rute, sebenarnya selalu bergantung dari mana arah kedatangan Anda. Jika dari Mataram, jaraknya sekitar 80 km dengan perjalanan berkendara kurang lebih 2 jam. Melalui Jl. Raya Mataram - Labuhan Lombok/Jl. Raya Mataram - Sikur dan Jl. Segara Anak ke Jl. Wisata Gn. Rinjani. Lihat Peta Lokasi dan Rute, Di sini.