Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Pantai
Tulungagung
Pantai Kedung Tumpang, Fasilitas Wisata, Harga Tiket & Rute Lokasi

Wahai petualang alam, Jawa Timur tetaplah menjadi destinasi yang wajib dikunjungi. Jelajahi alam yang tersaji hingga setidaknya tiba di Kabupaten Tulungagung. Meluncurlah ke pesisir selatan dan pastikan tiba di Pantai Kedung Tumpang. Inilah pantai yang setiap sudutnya tercipta untuk memanjakan siapapun yang datang.

Daya Tarik Pantai Kedung Tumpang

Karang dan tebing-tebing terjal mendominasi, border alam yang menghadapi langsung kerasnya gelombang pantai selatan. Secara periodik guyuran ombak yang membabibuta akhirnya lelah dan surut menyisakan genang air, terciptalah laguna-laguna. Kolam alami (kedung) tersebut tertata acak tak beraturan, cenderung bersusun (tumpang).

Alam mendesain Pantai Kedung Tumpang sedemikian rupa hingga mewujud eksotika yang menarik kunjungan para pecinta agar mengagumi keberadaannya. Mereka bergembira untuk kemudian bersyukur mendapat kesempatan menjadi bagian dari keindahan. Penulis berharap, Anda adalah satu di antara mereka. Jadi, datang dan berbahagialah.

Jika tertarik, sobat bisa mengunjungi pantai ini di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Sebelum siap untuk berangkat, bekali dulu perjalanan dengan informasi mengenai pantai ini, seperti rute & lokasi, fasilitas, aktivitas, serta harga tiket masuk. Lanjutkan membaca untuk mengetahuinya!

Aktivitas Wisata di Kedung Tumpang

Setiap traveler selalu memiliki cara unik memperlakukan momen liburan mereka. Namun percayalah, kedung itu kolam dan kolam selalu menarik siapapun untuk terjun kedalam. Oleh karena itu, berenang bisa jadi aktivitas wajib tanpa dipinta. Lakukanlah, sendiri atau bersama-sama sambil menunjukkan siapa yang paling bergembira.

Hanya saja, tetap jadilah traveler budiman yang datang dengan segenap etika, hormati kearifan lokal yang ada. Seperti umumnya pantai di Jawa Timur, Kedung Tumpang juga mengusung mitos. Sesepuh desa setempat melarang pengunjung membawa buah jeruk. Ada keyakinan bahwa buah tersebut mengundang ombak besar, ini berbahaya.

Demi keamanan, perlu juga memperhatikan waktu kedatangan. Waktu terbaik adalah pagi hari ketika air laut sedang surut. Jika terpaksa tiba disaat ombak sedang menggila, bijaklah untuk hanya menikmati panorama yang ada. Bukan hanya berenang, untuk selfie atau berswafoto di sekitar karang juga tidak dianjurkan.

Kegiatan lain di Pantai Kedung Tumpang yang juga menarik adalah melebar dengan melakukan penjelajahan. Temukanlah sudut terbaik untuk mengabadikan diri. Bagi penggemar lanscape photography, Anda lebih tahu apa yang harus dilakukan jika berhadapan langsung dengan keindahan. Bisa juga camping mendirikan tenda.

Fasilitas Wisata & Harga Tiket Masuk

Wisata Pantai Kedung Tumpang termasuk pantai tersembunyi. Karena belum banyak yang mengetahuinya, fasilitas yang ada pun seadanya. Namun tenang saja! Jika hanya urusan konsumsi, ada beberapa penjual makanan dan minuman yang tersebar. Sebagian membuka lapak di sekitaran tempat parkir, sebagian lainnya ada di sekitar lahan pertanian.

Sejauh ini, untuk hari-hari biasa tidak ada petugas yang menjaga pantai ini. Jadi, pengunjung pun bisa menikmatinya secara gratis. Tiket masuk hanya dibebankan ketika sobat berkunjung saat weeked atau hari libur nasional.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000
Parkir MotorRp 5.000
Parkir MobilRp 15.000
Note: harga tiket Pantai Kedung Tumpang di atas belum tentu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Lokasi Pantai Kedung Tumpang

Lokasinya agak sulit dijangkau. Meski demikian, perjalanan melelahkan akan diganti pesona keindahan dan kegembiraan. Setidaknya ada dua rute untuk menuju pantai ini, melalui Blitar atau Tulungagung. Jika dari Blitar, pantai ini berjarak sekitar 42 kilometer, sementara dari Tulungagung 34 kilometer. Pilih salah satu bergantung dari mana sobat datang.

Jika dari Tulungagung, ambil arah ke Terminal Tulungagung lalu lanjut ke timur melewati kampus IAIN hingga bertemu dengan perempatan lampu merah. Ambil kanan, lurus ikuti jalan utama hingga tiba di desa Jabon, kecamatan Kalidawir. Terus hingga bertemu pertigaan, belok kiri ikuti arah Pantai Molang. Ikuti jalan itu sampai menemukan pos, belok kanan.

Jika masih bingung, jangan sungkan bertanya pada warga setempat. Untuk diketahui, akses ke pantai ini terbilang sulit, berliku-liku, naik turun serta harus melalui jalan makadam. Jika melalui Blitar, Anda perlu mengambil rute menuju Kademangan mengikuti Jl Trisula hingga tiba di pertigaan Pasar Puser Sumberdadap, belok kiri mengikuti arah Pantai Molang.

Lokasi: Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Peta Lokasi.