Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Pacitan
Pantai
Pantai Klayar Pacitan - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk, dan Rute

Pantai Klayar. Bagi penyuka pantai, datang ke Pacitan bisa menjadi opsi menarik. Selain terkenal sebagai Kota Seribu Goa dengan wisata Goa Gong sebagai andalannya, kabupaten di ujung barat daya Jawa Timur ini juga dipercantik oleh bentang alam berupa pantai di pesisir selatannya.

Ada Pantai Kasap yang dikatakan mirip Raja Ampat, ada Pantai Banyu Tibo yang memadukan pantai dengan air terjun. Dan, masih ada puluhan pantai di Pacitan yang masing-masing menawarkan keunikan tersendiri. Satu di antara yang populer, ada Pantai Klayar yang pastinya menakjubkan.

Klayar adalah pantai yang indah dengan pasir putih dan tebing-tebing batu. Lautnya membiru tetap mengusung kerasnya ombak pantai selatan. Di namakan "klayar" karena dulu pernah ada sebuah kapal terdampar. Ada juga yang mengatakan Klayar berasal dari "klayar-kluyur" yang berarti jalan-jalan.

Pantai Klayar adalah menu wajib dalam petualangan traveler ke Kabupaten Pacitan. Pantai ini juga terkenal karena fenomena alamnya yang unik. Ada batu karang raksasa menyerupai Sphinx serta air mancur yang dapat mengeluarkan bunyi seperti seruling (Seruling Samudra).

Aktivitas di Pantai Klayar Pacitan

Pantai ini dengan segala yang menjadi bagiannya pastinya mampu menyibukkan liburan siapa saja. Kegiatan apapun yang umum dilakukan di pantai bisa terealisasikan, kecuali berenang. Ombaknya besar yang terkadang datang secara tiba-tiba, sehingga tidak diperkenankan berenang di pantai ini.

Menjelajah adalah aktivitas menarik. Pantai ini kaya sudut-sudut molek, temukan satu-dua yang terbaik untuk diabadikan, khususnya tebing batu setinggi 9 meter yang bentuknya mirip Sphink. Batu tersebut tidaklah sengaja diadakan, namun alamlah yang membentuknya melalui gempuran ombak terus-menerus.

Jika terlanjur penasaran, bisa juga mencoba lebih dekat dengan "Seruling Samudera". Di sini ada lubang kecil yang menyemburkan air cukup tinggi. Ketika air pasang, semburannya mencapai 15 meter. Bersamaan dengan keluarnya air itulah sesekali terdengar bunyi mirip seruling, karena itu dinamakan Seruling Samudera.

Karena letaknya yang tersembunyi dan berbahaya, pengunjung hanya boleh mendekat dengan didampingi pengawas pantai. Waktu terbaik untuk melihatnya adalah sekitar jam 09.00 pagi dan jam 16.00 sore. Hingga saat ini, fenomena ini menjadi daya tarik yang menarik kunjungan wisatawan, termasuk turis mancanegara.

Di Pantai Klayar, traveler juga bisa melihat masyarakat setempat memanjat pohon kelapa guna mengambil air derasan (bahan bakunya gula Jawa). Pesanlah beberapa kelapa muda untuk menemani saat bersantai menikmati indahnya pantai. Aktivitas lain yang layak Anda coba adalah menyewa ATV dan bergembiralah.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Sebagai salah satu pantai populer di Pacitan, Pantai Klayar memiliki fasilitas yang memadai. Selain fasilitas dasar seperti tempat ibadah, warung makanan dan minuman, toilet dan lahan parkir, di sekitar pantai ini juga ada beberapa penginapan berupa homestay. Ada juga persewaan ATV dan beberapa wahana lain.

KeteranganHarga
Tiket MasukDewasaRp 15.000
 Anak-AnakRp 5.000
ParkirSepeda MotorRp 5.000
 MobilRp 10.000
 Bus / Mini BusRp 15.000
Note: harga tiket Pantai Klayar Pacitan di atas belum tentu akurat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Lokasi Pantai Klayar Pacitan

Dari pusat kota Pacitan, wisata pantai Klayar berjarak kurang lebih 45 kilometer. Untuk rute pantai ini, yang bisa Anda jadikan patokan adalah pertigaan di sekitar Masjid Besar Punung, lokasinya cukup dekat dengan Pasar Punung.

Jika berangkat dari arah Pacitan silahkan belok kiri (lihat papan petunjuk). Sementara itu, jika dari arah Solo atau Yogyakarta silahkan belok ke kanan. Kemudian ikuti saja jalan utama (banyak petunjuk arahnya) hingga tiba di pantai ini.

Lokasi Pantai Klayar : Dusun Kendal, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Peta Lokasi.