Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Pantai
Pantai Kaliapus di Malang Selatan, Daya Tarik Wisata dan Rute

Pantai Kaliapus Malang Selatan. Para petualang umumnya sangat akrab dengan tempat-tempat asing yang jarang orang kunjungi. Gairah wisata mereka kembali bergejolak dan mencoba menjadi salah satu di antara sedikit orang yang pernah mengunjungi tempat tersebut.

Tidak terkecuali bagi para petualang pantai yang senantiasa mencari pantai-pantai tersembunyi yang namanya jarang diketahui. Apakah sobat salah satu dari mereka? datanglah ke Malang. Niscaya Anda temukan puluhan pantai yang belum banyak terjamah wisatawan.

Anda bisa memulai dengan membaca Daftar Pantai Tersembunyi di Malang, atau mencoba langsung datang ke Pantai Kaliapus. Satu di antara sekian pantai molek yang ada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Daya Tarik Pantai Kali Apus Malang

Pantai ini dikenal juga dengan nama Weden Kaliapus, Pantai Pring Apus atau Pantai Bobi. Meski berjarak cukup dekat dengan Pantai Tamban dan Pantai Sendiki, nama pantai ini tidak banyak diketahui. Bahkan oleh masyarakat Malang sendiri.

Menariknya, berkunjung ke Pantai Kaliapus, selain dua pantai di atas, sobat juga bisa melebar ke Pantai Batu dan Pantai Weden Cilik. Sebagai pantai yang terbilang perawan di Malang, Kaliapus menawarkan pemandangan alam yang asri dan alami.

Pemandangan eksotis khas pantai selatan sangat kentara. Hamparan pasir lembut serta angin laut yang cukup bersahabat siap memanjakan dengan nuansa yang menenangkan. Tidak hanya itu, hamparan perbukitan hijau juga turut menyempurnakan lanskap alamnya.

{next}

Lokasi dan Rute ke Pantai Kaliapus

Awalnya, tujulah Pantai Sendiki. Pantai inilah yang menjadi pintu masuk ke Pantai Kaliapus dan beberapa pantai lainnya. Komplek pantai ini berjarak kurang lebih 70 kilometer dari Kota Malang dengan durasi perjalanan berkendara sekitar 3 jam.

Dari Malang lanjutkan ke Gadang - Bululawang - Kerebet - Turen - Sumbermanjing Wetan. Perjalanan ini cukup panjang, naik turun gunung dan berkelok-kelok, namun jalan sudah beraspal.

Selanjutnya, ikuti petunjuk ke Pantai Tamban. Dari pantai tersebut, Pantai Sendiki hanya berjarak sekitar 2 kilometer dengan akses jalan yang kurang bagus. Selanjutnya, perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki ke Kaliapus.

Karena lokasinya masih terpencil dan rawan binatang buas, jika ingin ke pantai ini diwajibkan menyewa pemandu wisata. Biayanya sekitar 100-150 ribu rupiah. Usahakan datang jangan terlalu sore karena tour guide tidak akan bersedia.

Kunjungan dibatasi maksimal 5 jam. Jika ingin menginap dengan mendirikan tenda, bisa di Pantai Sendiki. Demi keamanan, satu hal yang perlu diperhatikan adalah dilarang masuk ke pantai ini tanpa pemandu wisata karena dikenakan sanksi. Peta Lokasi.