Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Pantai
Pantai Lenggoksono Malang - Fasilitas, Harga Tiket, dan Rute

Pantai Lenggoksono. Liburan ke Malang Raya adalah pilihan ideal bagi keserbajenisan wisatawan. Kawasan metropolitan ini sangatlah kaya akan pesona dan sanggup memenuhi gairah wisata siapapun. Tidak terkecuali bagi yang menyukai alam pantai.

Cobalah ke Malang dan kunjungi salah satu Pantai Terkenal di Malang Selatan. Atau, bisa juga langsung meluncur ke sebuah pantai eksotik yang berada di Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Malang, Jawa Timur. Lenggoksono nama pantainya

Daya Tarik Pantai Lenggoksono

Pantai Lenggoksono merupakan salah satu dari sekian banya wisata pantai di Malang Selatan yang sangat unik dalam penyajian panorama alamnya. Di sinilah tempat di mana para pelancong bisa menikmati wisata pantai sekaligus air terjun.

Air terjunnya terletak tidak jauh, tepatnya di Teluk Kretekan yang berada di bibir pantai yang menjorok ke tengah laut. Wisata air terjun yang bernama Banyu Anjlok tersebut menawarkan keindahan yang mungkin tidak ada duanya di Malang Raya.

Air yang terjun berasal dari sumber air dari bukit yang mengalir melalui tebing batu karang setinggi kurang lebih tujuh meter. Menariknya, air itu tidak terjun pada satu titik, namun menyebar selebar batu karang sehingga terlihat begitu indah.

Sementara itu, alam pantai juga menawarkan pemandangan yang layak dikagumi. Hamparan pasir putih melingkar (semi-circular) sepanjang 1 kilometer dengan dibentengi oleh kerasnya dua tebing berselimut hijau rindangnya tetumbuhan.

Deburan ombak cukup mewakili gelombang pantai selatan, besar dan saling kejar-kejaran. Secara keseluruhan sangat nyaman menenangkan. Hanya saja, kurang terawat karena masih bisa ditemukan beberapa sampah bertebaran di sekitarnya.

Pantai Lenggoksono juga menyimpan beragam jenis ikan, mulai dari lobster, cumi-cumi, cakalang hingga layur. Pantai ini merupakan wilayah konservasi lobster jenis mutiara, pasir dan batu. Di Pulau Gadung terdapat goa bawah laut yang bernama Goa Lobster.

Goa tersebut merupakan sarang lobster yang oleh masyarakat dijaga dan diawasi dari nelayan nakal yang ingin menangkap menggunakan potasium. Karena potensinya tersebut, pantai ini ditunjuk oleh Kementerian Perikanan dan Kelautan sebagai ekowisata.

Rute Lokasi Pantai Lenggoksono

Pantai Lenggoksono Malang dengan Kota Malang berjarak kurang lebih 70 km. Durasi perjalanan kendaraan bermotor berkisar 2,5 jam. Dari Malang, lanjutkan ke Dampit untuk menuju Tirtoyudo dan berbelok ke kanan di pertigaan Tangsi di Desa Tirtoyudo.

Dari pertigaan, jaraknya masih sekitar 30 km. Meski beraspal mulus, ruas jalannya sempit, berkelok-kelok, naik turun curam dengan beberapa belokan tajam melewati jurang. Sekitar 5 km sebelum pantai, jalanan rusak meski di beberapa titik telah di cor. Peta Rute.

{next}

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Lenggoksono merupakan salah satu pantai populer di Malang selatan yang telah menyediakan fasilitas wisata yang memadai. Tersedia beberapa warung, kamar mandi serta memiliki pusat informasi. Terdapat juga beberapa penginapan di sekitarnya.

Jika ingin bermalam di tempat terbuka dengan berkemah mendirikan tenda, kini juga telah tersedia camping ground khusus. Tempat ibadah berupa mushola juga bisa ditemukan dengan mudah. Selebihnya, ada juga persewaan perahu dan alat snorkeling.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000
Parkir MotorRp 5.000
Parkir MobilRp 10.000
Alat Snorkeling± Rp 25.000
Sewa Perahu± Rp 50.000
Note: harga tiket Pantai Lenggoksono dalam daftar di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Pantai Lenggoksono Malang adalah pantai dengan banyak aktivitas. Berenang, berperahu, berselancar atau snorkeling? Bahkan, melalui pantai ini Anda bisa menjelajah ke beberapa tempat eksotik. Termasuk akses ke Pantai Bolu-bolu yang masih perawan.

Selain Pantai Nganteb, Lenggoksono merupakan destinasi ideal untuk berselancar. Ombaknya konsisten sehingga bisa bermain selancar hampir tanpa gangguan. Di sini juga ada pelatihan selancar dan kerap diadakan kompetisi lokal untuk menjaring atlit muda.

Seperti yang tersebut di atas, di sekitar kawasan pantai juga ada Air Terjun Banyu Anjlok. Kebanyakan traveler yang datang ke sini akan melebarkan penjelajahan mereka dengan naik tangga yang tersedia untuk menikmati apa yang ada di atas air terjun ini.

Hanya perlu Anda ketahui, untuk sampai ke Air Terjun Banyu Anjlok Anda perlu perjalanan laut dengan berperahu. Apabila sobat adalah penggemar aktivitas snorkeling, cobalah menuju Teluk Kletekan yang juga menjadi tempat bagi air terjun.

Nikmatilah keindahan bawah lautnya dan resapilah bahwa Malang Raya menyimpan sebagian keindahan Indonesia. Ingin berenang atau bermain air dengan leluasa? Lebih jauh, pergi ke Pantai Bolu-bolu bisa menjadi tempat paling menarik untuk bermain air.

Pantai Lenggoksono di Malang Selatan sangat mampu menyibukkan siapa saja. Bahkan mungkin Anda perlu bermalam mendirikan tenda. Tentunya di saat senja maupun fajar, pantai ini hadir dengan warna tersendiri yang pastinya menakjubkan.