10 Pantai Terkenal di Malang Selatan dengan Fasilitas yang Lengkap

Kawasan Malang Raya di Jawa Timur merupakan salah satu tujuan wisata terbaik yang wajib Anda kunjungi. Tidak terkecuali, jika Anda menyukai objek wisata pantai. Mengingat pantainya berjumlah puluhan, adalah ide bagus jika Anda terlebih dahulu mengunjungi pantai terkenal di Malang selatan.

Selain menawarkan keindahan alam, pantai yang terkenal atau populer umumnya telah memiliki fasilitas wisata yang memadai. Sebagian di antaranya juga dilengkapi dengan beberapa wahana untuk menunjang aktivitas. Berikut adalah 10 wisata pantai terkenal di Malang untuk Anda pertimbangkan.

Objek Wisata Pantai Terkenal di Malang

Pantai Balekambang

Balekambang Beach Jawa Timur
credit: instagram.com/yoiki_malang

Apabila Anda menghendaki objek wisata pantai paling populer di Malang, Pantai Balekambang adalah jawabannya. Sejak tahun 1985 pantai ini telah menjadi tempat wisata andalan Kabupaten Malang. Oleh karena itu, fasilitas wisatanya sangat lengkap, termasuk wahana flying fox dan ATV. Beberapa opsi penginapan tersedia.

Balekambang merupakan salah satu pantai terindah di Malang Selatan yang juga menawarkan wisata budaya dan religi. Terdapat sebuah pura bernama Pura Amarta Jati di lepas pantainya, mirip dengan Tanah Lot Bali. Di sekitar pantai juga terdapat makam Syaikh Abdul Jalil, orang pertama yang membuka pantai ini.

Lokasi: Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kec. Bantur, Kab. Malang.

Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung Malang
credit: unsplash.com/@mifanbima

Pantai Batu Bengkung adalah pantai Malang yang unik karena ada kolam alami di bibir pantainya. Berupa cekungan karang yang menampung air dari hantaman ombak yang datang. Di kolam itulah tempat ideal bagi yang suka bermain air tanpa harus takut dengan besarnya deburan ombak pantai selatan.

Alam pantai ini menawarkan dominasi tebing yang menjulang, birunya laut serta deburan ombak yang mengagumkan. Batu Bengkung juga merupakan pantai terbaik untuk menikmati matahari terbit. Sebagai salah satu pantai terkenal Malang, pantai ini telah menyediakan fasilitas wisata yang lengkap.

Lokasi: Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.

Pantai Ngliyep

Pantai Terkenal di Malang
credit: unsplash.com/@rifkydoglekk

Banyak yang mengatakan bahwa pantai inilah yang pertama kali dikenal hingga menjadi pantai favorit di Malang sebelum Pantai Balekambang dan Pantai Sendangbiru. Dengan luas area sekitar 10 Ha yang menampung segala bagiannya, wisata pantai ini memiliki banyak cara untuk memuaskan para pengunjungnya.

Pantai Ngliyep adalah tempat terbaik bagi para traveler yang suka berburu keindahan matahari terbenam. Tersedia banyak spot menarik untuk mengabadikan pengalaman wisata Anda. Gunung Kombang dan Teluk Putri menjadi tempat wajib dikunjungi untuk mendapatkan kesan wisata yang lebih sempurna.

Lokasi: Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Pantai Teluk Asmara

Pantai Teluk Asmara Malang
credit: dokpri

Pantai Teluk Asmara adalah salah satu wujud nyata keindahan pesisir Malang Selatan. Dengan gugusan pulau karang yang tertata acak berbalut hijau tetumbuhan, pantai ini sering disebut Raja Ampatnya Malang. Pasirnya putih dan ombaknya cukup tenang karena terhalang beberapa pulau karang.

Meski termasuk objek wisata baru di daerah Malang, berkat daya tarik alamnya, Pantai Teluk Asmara kini menjadi salah satu pantai terkenal di Malang Selatan. Terus berkembang dengan berbagai fasilitas wisata. Tersedia juga gardu pandang agar wisatawan bisa lebih leluasa menikmati pemandangannya.

Lokasi: Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang.

Pantai Bajulmati

Pantai Terkenal di Malang
credit: flickr/agniminardi, CC BY 2.0, edited

Bajulmati adalah nama objek wisata yang terkait dengan kematian seekor buaya di pesisir pantai pada tahun 1980-an. Tahun tersebut menjadi awal sejarah pantai ini, sementara kematian sang buaya diabadikan sebagai namanya. Pantai Bajulmati sangat khas melalui keberadaan Jembatan Bajulmati.

Jembatan sepanjang 90 meter tersebut memiliki desain artistik melintasi sungai yang lebar dengan latar perbukitan karang dan lautan. Ada juga batu karang panjang yang berbentuk menyerupai seekor buaya, terlebih saat senja ketika batu tersebut tersapu ombak. Fasilitas wisatanya pun memadai.

Lokasi: Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.

Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina Malang
credit: Vhilicious, CC BY-SA 4.0, edited

Pantai terkenal di Malang Selatan juga termasuk Pantai Goa Cina yang letaknya cukup dekat dengan Pantai Bajulmati. Dulu pantai indah ini bernama Pantai Rowo Indah. Namun, sejak peristiwa kematian seorang pertapa China di sebuah gua di sekitar pantai, nama Goa Cina lebih terkenal mewakili pantai ini.

Selain goa bersejarah, salah satu daya tarik pantai yang mudah dijangkau ini adalah fenomena alam yang langka. Sering terjadi gelombang air bersimpangan tidak karuan dari tiga arah, selatan, timur dan barat. Menariknya, gelombang itu selalu bertabrakan di antara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya.

Lokasi: Dusun Tumpak Awu, Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Malang.

Pantai Tiga Warna

Pantai 3 Warna Malang Selatan
credit: instagram.com/pantaitigawarna

Meskipun baru buka pada kisaran tahun 2014, pesona Pantai Tiga Warna seolah menjadi magnet yang mampu menarik banyak wisatawan untuk datang mengunjunginya. Selain populer, Pantai 3 Warna adalah salah satu pantai terindah di Malang yang menjadi tempat ideal untuk menikmati keindahan bawah laut.

Hanya saja, karena pantai ini adalah bagian dari Clungup Mangrove Conservation, banyak aturan jika ingin menikmatinya. Batas maksimal kunjungan hanya 100 orang perhari dan hanya tersedia waktu 2 jam untuk berada di sekitar pantainya. Ada sistem reservasi dan wajib booking terlebih dahulu.

Lokasi: Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang.

Pantai Sendiki

Harga Tiket Masuk Sendiki Beach Malang
credit: instagram.com/heavenly.sendiki

Pantai Sendiki adalah pantai indah yang perlahan tapi pasti menjadi wisata pantai populer di Malang berkat keindahan alamnya. Pantainya pun bersih dan asri dengan hamparan pasir putih yang halus. Komposisi alamnya membentuk pemandangan yang menyajikan nuansa ketenangan dan kenyamanan.

Seperti umumnya pantai di Malang Selatan, pantai ini kurang cocok untuk berenang karena ombaknya besar. Selain sebagai salah satu pantai yang ideal untuk camping, Pantai Sendiki juga menawarkan opsi penginapan yang unik berupa rumah pohon. Fasilitas wisatanya lengkap, persewaan tenda tersedia.

Lokasi: Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Pantai Kondang Merak

Fasilitas Wisata Pantai Kondang Merak
credit: instagram.com/kondangmerakjpts

Pantai Kondang Merak adalah pantai terkenal di Malang yang ideal untuk wisata kuliner laut. Meski kalah populer, pantai yang menjadi tetangga Pantai Balekambang ini telah siap memanjakan pengunjungnya dengan beragam aktivitas, sementara panorama alamnya menawarkan keunikan tersendiri.

Kondang Merak adalah pantai yang kaya ikan segar. Bagi yang suka dengan kuliner laut atau belanja ikan segar dengan harga murah, inilah pantai Anda. Banyak hal yang bisa wisatawan lakukan, bermain air, snorkeling, memancing atau berperahu adalah aktivitas populer yang layak untuk Anda coba.

Lokasi: Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Pantai Sendangbiru

Fasilitas Pantai Sendangbiru
credit: Agni Minardi, CC BY 2.0

Pantai Sendangbiru adalah salah satu pilihan pantai populer di Malang jika Anda ingin pantai dengan jangkauan mudah. Juga, termasuk objek wisata pantai tertua dan paling banyak dikunjungi. Pantai yang identik dengan perahu dan aktivitas nelayan ini berhadapan langsung dengan cagar alam Pulau Sempu.

Sendangbiru bisa menjadi tempat ideal untuk mendapatkan ikan segar dengan harga yang lebih murah. Berenang, memancing dan berperahu ke tengah laut adalah aktivitas wisata menarik yang wajib Anda lakukan di pantai ini. Bagaimana dengan fasilitas wisatanya? termasuk salah satu yang terlengkap di Malang.

Lokasi: Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang.

0 Comments

Posting Komentar