Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Pantai
Pantai Wedi Putih Malang - Daya Tarik, Fasilitas Wisata & Rute

Pantai Wedi Putih. Habis dari pantai, ingin lanjut ke pantai, kemudian menuju pantai, lagi dan lagi. Mungkinkah? mungkin! persiapkan tekad dan bekal sobat untuk berkunjung ke Malang Raya, lebih tepatnya ke Malang Selatan. Persiapkan juga banyak-banyak rasa gembira.

Mengingat pantai di Malang jumlahnya banyak, pergi ke Balearjo adalah opsi bagus. Dusun di Tirtoyudo ini memiliki beberapa pantai menarik yang layak Anda jelajahi. Selain Pantai Wedi Awu dan Pantai Pakisan, di sana ada juga Pantai Wedi Putih yang tak kalah moleknya.

Daya Tarik Pantai Wedi Putih

Seperti namanya, Wedi Putih adalah pantai berpasir putih karena pasir dalam bahasa Jawa disebut dengan "wedi". Nama tersebut seakan memberi penekanan bahwa pasir di pantai ini benar-benar lebih putih dibanding dengan pantai-pantai berpasir putih lainnya.

Tidak hanya lebih putih namun juga lebih bersih dengan nuansa keseluruhan pantai yang lebih asri. Pantai Wedi Putih bukanlah pantai yang luas, hanya secuil kemolekan alam yang tersembunyi. Sekali ditemukan untuk selanjutnya akan selalu dirindukan siapa saja.

Bukan hanya pantai yang tersembunyi, Pantai Wedi Putih juga termasuk salah satu pantai yang cenderung memaksa siapa saja untuk berjuang keras mencapainya. Siapapun yang berhasil akan disuguhi wajah cantiknya yang menghadirkan warna alam teramat harmoni.

Birunya laut perlahan menghijau untuk kemudian menjadi putihnya riak ombak seiring lembut menyapa kelembutan pasir pantainya. Komposisi semakin sempurna, ketika bebatuan karang beragam ukuran tertata acak. Sementara tebing-tebing berbalut kehijauan setia menjaganya.

Tidak hanya itu, pantai dengan gelombang laut yang tenang ini juga menyimpan keindahan bawah laut. Ini berarti juga bahwa Anda bisa melebarkan aktivitas dengan bersnorkeling ria. Sembari meluapkan ketakjuban, jujurlah untuk bersyukur akan setiap keindahan di depan mata.

Hanya saja, pantai di Malang yang jarang terjamah biasanya sarat dengan keterbatasan fasilitas wisata. Oleh karena itu, untuk aktivitas snorkeling sobat traveler perlu mempersiapkan sendiri alat dan apapu yang mungkin Anda perlukan untuk melakukannya.

Masing-masing traveler unik dalam menikmati wisata. Bisa jadi sobat adalah seorang yang lebih menyukai penghayatan dengan memanfaatkan nuansa ketenangan yang ada. Pejamkanlah mata, masukilah frekwensi alpha hingga menemukan nilai estetik yang berbeda.

Menjelajahi pesisir pantai juga layak Anda coba. Cobalah mendaki perbukitan karang agar bisa mendapatkan pemandangan yang lebih sempurna. Intinya, jadikan wisata kali ini lebih bermakna dari sekedar "selfi" memamerkan eksistensi. Dan, jagalah kebersihan pantai ini!

{next}

Rute Lokasi Pantai di Balearjo

Seperti halnya Pantai Pakisan, Pantai Wedi Putih juga berada satu kompleks dengan Pantai Wedi Awu atau Pantai Balearjo. Secara administratif ketiga pantai ini bisa Anda kunjungi di Dusun Balearjo, Desa Purwodadi, Kec. Tirtoyudo, Kabupaten Malang.

Cara termudah adalah menyewa perahu di Pantai Wedi Awu sebagai pintu gerbang Pantai Pakisan dan Wedi Putih. Opsi lain bisa berjalan kaki, namun siapkan energi lebih dengan perlengkapan yang mencukup dan bersiaplah menghadapi medan yang menantang.

Mengingat letaknya yang berdekatan dan hanya terbatasi oleh perbukitan karang, ketiga pantai bisa dijadikan satu paket petualangan. Menariknya, di sekitar pantai-pantai ini juga ada "coban" atau air terjun, yakni Air Terjun Pakisan serta Goa Lowo dan Teluk Ngasem.

Jika masih kurang juga, bisa memulai eksplorasi dari Pantai Lenggoksono dan Banyu Anjlok sebelum memutuskan menjelajah ke pantai yang ada di Balearjo. Benarkah sobat ingin mengunjungi semua pantai ini sekaligus? Jika benar! Saya salut dengan gairah wisata Anda.

Sementara itu dari Kota Malang, pantai ini berjarak kurang lebih 70 kilometer. Dari Malang, lanjutkan perjalanan ke Tirtoyudo melalui Bululawang, Turen dan Dampit. Setelah masuk di Kecamatan Tirtoyudo, lanjutkan hingga di pertigaan Tangsi dan lihat petunjuk arah yang ada.

Ikuti petunjuk yang mengarah ke Pantai Lenggoksono hingga tiba di persimpangan terakhir, beloklah ke kiri untuk menuju Pantai Wedi Awu. Dari pantai tersebut, silahkan menyewa perahu dengan biaya kurang lebih Rp 40.000 menuju Wedi Putih. Agar mudah, lihat Peta Rute.