Beranda
Berau
Destinasi Wisata
Kalimantan Timur
Pulau
Pulau Derawan Berau - Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Biaya Wisata

Sebagai negeri kepulauan, Indonesia banyak mengoleksi objek wisata bahari. Dalam hal ini, Kepulauan Derawan termasuk destinasi yang terkenal mendunia. Dari 31 pulau, setidaknya 4 yang menjadi tujuan wisata populer. Pulau Derawan satu di antaranya, yang juga sebagai pulau utama di Kepulauan Derawan.

Terutama bagi pecinta snorkeling dan diving, wisata ke Kepulauan Derawan merupakan ide bagus. Wisata kepulauan ini masuk di wilayah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Sebagai bekal informasi, baca ulasan berikut untuk mengetahui daya tarik, fasilitas, dan cara ke Pulau Derawan. Juga, perkiraan biaya wisatanya.

Daya Tarik Wisata Pulau Derawan

Pulau Derawan Berau adalah pulau nan indah dengan dataran pantai yang landai. Bersama pulau lainnya di Kepulauan Derawan, pulau ini telah dicalonkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 2005. Di pulau inilah wisatawan memulai liburan untuk menjelajah pulau, island hopping di Kepulauan Derawan.

Sejauh ini, wisata di Pulau Derawan memang biasanya jadi satu paket wisata dengan pulau lain. Terutama Pulau Maratua, Pulau Kakaban, dan Pulau Sangalaki. Di antara pulau tersebut, Pulau Maratua juga sering kali menjadi base wisatawan karena fasilitasnya lengkap. Bahkan, Maratua mempunyai bandara sendiri.

Terkait daya tariknya, Pulau Derawan dijuluki Pristine Island. Sebutan itu mewakili pesona alamnya yang masih terjaga. Dengan luas 1,3 hektar, pulau kecil ini memang menakjubkan dengan pantai berpasir putih bersih dikelilingi lautan biru serta puluhan pulau yang tersebar di semenanjung utara perairan laut Berau.

Lebih dari itu, pulau ini lebih terkenal dengan taman bawah laut di perairan sekitarnya. Spot snorkeling diving di Derawan termasuk salah satu yang terindah di Indonesia. Taman lautnya menyajikan biota laut yang beragam, termasuk 1051 jenis ikan. Kadang ikan pari, paus, lumba-lumba bisa disaksikan langsung.

Beragam terumbu karang tersebar luas di Derawan Islands. Kekayaan biodiversitasnya menempati urutan kedua setelah Raja Ampat. Bagi penyuka diving, di kedalaman 10 meter perairan Derawan, terdapat spot "Blue Trigger Wall". Batu karang dengan panjang 18 meter tersebut merupakan rumah bagi ikan trigger.

Daratan Pulau Derawan sendiri menawarkan berbagai aktivitas wisata yang menarik. Anda bisa bermain pasir atau bersantai di pantai yang indah. Bersepeda keliling pulau, menikmati sunset, atau melihat proses penyu bertelur di malam hari. Jangan lupa, kunjungi juga Gosong Pasir Sanggalau Derawan yang terkenal.

{next}

Fasilitas Wisata di Pulau Derawan

Sebagai spot yang paling sering menjadi base wisatawan di Kepulauan Derawan, fasilitas di sini sangatlah lengkap dan memadai. Fasilitas wisata umumnya tersedia dan beragam, seperti berbagai pilihan tempat makan hingga toko atau kios penjual suvenir. Tempat penyewaan alat snorkeling dan diving pun tersedia.

Demikian juga dengan tempat menginap. Terdapat banyak opsi penginapan, mulai dari homestay, hotel, villa, cottage, dan resort. Banyak penginapan di Derawan Island berupa rumah panggung di atas perairan dangkal. Tarif menginapnya tentu bervariasi. Harga terendah mulai dari seratusan ribu rupiah per malam.

Biaya dan Cara ke Derawan Island

Durasi ideal untuk liburan ke Kepulauan Derawan adalah 4 hari 3 malam supaya bisa menjelajahi semua tujuan wisata terkenal di sana. Atau, minimal 3 hari 2 malam. Jika menggunakan layanan wisata di Berau, biayanya sekitar Rp 1.800.000 untuk durasi 3 hari 2 malam atau Rp 2.500.000-3.000.000 untuk 4 hari 3 malam.

Namun, apabila melakukan trip Derawan secara mandiri, biaya mungkin sangat beragam. Bila berangkat dari luar Kalimantan, Anda bisa memulai naik pesawat ke Balikpapan atau Samarinda. Lalu, menuju ke Bandara Kalimarau di Berau. Harga tiket pesawat bervariasi, namun umumnya berkisar Rp 2.000.000-2.400.000.

Jika memulai dari Balikpapan, ada juga pilihan melalui jalur darat ke Tanjung Redeb, bisa menggunakan travel atau naik bus. Biaya travel kurang lebih Rp 350.000. Dari Tanjung Redeb lalu ke dermaga Tanjung Batu, jika naik travel harga tarifnya sekitar Rp 75.000. Kemudian menyeberang ke Pulau Derawan 30 menit.

Biaya sewa speedboat dari Tanjung Batu ke Derawan sekitar Rp 150.000 per orang sekali jalan. Atau, Rp 500.000 per speedboat berkapasitas 4 orang sekali jalan. Harga penginapan di Derawan sangat beragam, antara Rp 100.000-600.000. Sewa alat snorkeling Rp 50.000 dan sepeda Rp 10.000, makan Rp 20.000-50.000 per porsi.

Selain berangkat dari Berau, cara ke Pulau Derawan bisa juga melalui Tarakan sebagai titik keberangkatan. Setibanya dari bandara di Tarakan, Anda bisa langsung menuju pelabuhan. Hanya saja perjalanan laut naik speedboat ke Derawan cukup lama, sekitar 3 jam. Jika berangkat dari Berau hanya sekitar 30 menit saja.