Tebing Keraton Bandung - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk, Rute

Gairah kekinian begitu kental mewarnai spot-spot wisata. Tak hanya tempat wisata buatan yang modern, wisata alam pun kini menjadi "tempat instagramable" berbekal keindahan lanskap alam. Tebing Keraton termasuk salah satunya. Popularitasnya pun telah melampaui Tahura Djuanda sebagai lokasi objek wisata ini.

Tebing Keraton Bandung
credit: Achmad Soerio Hutomo, CC BY 2.0

Khususnya bagi generasi milenial, liburan ke Bandung pastikan mampir ke tempat wisata alam ini. Untuk mencapainya, kunjungi Taman Hutan Rakyat (THR atau TAHURA) Djuanda. Secara administratif, lokasinya berada di Ciharegem Puncak, Ciburial, Bandung Barat. Baca info wisata berikut ini sebelum Anda berkunjung ke sana.

Daya Tarik Wisata Tebing Keraton

Termasuk dalam jajaran Pegunungan Masigit, wisata Tebing Keraton Bandung menyajikan pemandangan yang jelas memanjakan mata. Dari ketinggian, Tahura Djuanda menawarkan gradasi rimbun hijau menenangkan. Semakin sempurna dengan latar pegunungan Bandung utara nan gagah menjulang di kejauhan.

Benteng alam seolah saling sambung. Mulai dari Gunung Burangrang di sisi barat, Gunung Tangkubanparahu, serta Gunung Bukittunggul di sisi timur. Sejauh mata memandang, alam memanjakan. Alur waktu turut menampilkan citra berbeda. Sunrise terlihat aesthetic, adapun panorama sunset cenderung romantic.

Siapapun itu, generasi milenial tanpa kecuali, pasti senang dan takjub akan panorama alam Tebing Keraton. Terutama jika Anda mencari spot instagramable di Bandung yang bertema alam. Tempat wisata ini bisa menjadi tujuan yang sempurna selain di Orchid Forest Cikole atau wisata The Lodge Maribaya di Lembang.

Apabila terlanjur betah dan ingin bertahan, di sisi kanan tidak terlalu jauh dari spot utama, terdapat bumi perkemahan yang cukup luas. Anda bisa camping di sana, melewati malam hingga pagi menjelang. Areanya cukup teduh dalam naungan jajaran pohon pinus. Akses jalan setapak untuk mencapainya juga sudah bagus.

Lebih dari itu, selama perjalanan trekking ke spot utama Tebing Keraton pun, pengunjung akan dimanja oleh pemandangan yang tentu menakjubkan. Lanskap perbukitan yang indah, serta hutan pinus yang syahdu. Penting juga Anda tahu, kawasan wisata ini merupakan rumah bagi sekawanan monyet ekor panjang.

Harga Tiket Masuk Tebing Keraton
credit: unsplash.com/@mrizalfrmnsyh_

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Sebagai bagian dari kawasan konservasi THR Djuanda, wisata Tebing Keraton masih alami lantaran tidak mudah mengalami perubahan. Khususnya yang berkaitan dengan pemanfaatan keanekaragaman hayati. Untuk pariwisatanya, lebih berfungsi eduwisata. Meskipun begitu, fasilitasnya di sini sudah cukup memadai.

Di spot utama yang berupa tebing kini telah dipagar keliling area sehingga aman untuk spot foto. Masih di seputar spot tersebut, terdapat juga akses jalan dengan tangga yang tertata sedemikian rupa. Beberapa tempat istirahat berupa bangku juga tersedia. Untuk konsumsi, ada beberapa warung di sekitar lahan parkir.

Fasilitas lain di kawasan wisata Tebing Keraton Bandung mencakup camping ground, toilet, saung, menara pandang dengan dua lantai, serta tempat ibadah berupa mushola. Jika malas trekking, ada jasa ojek. Kalau ingin camping, tapi tidak membawa tenda ada paket sewa tenda sudah termasuk penerangan dan sarapan.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp. 11.000
Parkir MotorRp. 5.000
Parkir MobilRp. 10.000
Jasa OjekRp. 50.000
Camping + Tiket MasukRp. 40.000
Camping + Paket Sewa TendaRp. 140.000
Jam Buka: Setiap Hari, pukul 04:00 - 18:00 WIB
Note: harga tiket masuk dan biaya wisata yang tersebut dalam daftar di atas tidak selalu akurat, karena bisa berubah sewaktu-waktu
Fasilitas Wisata Tebing Karaton Bandung
credit: Cep Budhi Darma, CC BY-SA 4.0

Rute ke Tebing Keraton Bandung

Kawasan wisata Tebing Keraton berada di Kampung Ciharegem Puncak, Ciburial, Cimenyan, Bandung Barat, Jawa Barat. Cukup mudah mencapai objek wisata ini dari pusat Kota Bandung. Jaraknya kurang lebih 13 kilometer atau sekitar 35 menit perjalanan berkendara dengan rute mudah melalui Jl. Ir. H. Juanda.

Anda akan melewati Dago Pakar sampai di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Setelah melewati pintu gerbang Tahura Djuanda lurus hingga menemukan pertigaan. Lihat dan ikuti papan petunjuk yang mengarah ke Tebing Keraton. Setelah itu akan banyak lagi petunjuk yang akan menuntun Anda. Manfaatkan Peta Lokasi.