Banyuwangi Destinasi Wisata

Kawah Ijen, Danau Kawah Cantik dengan Fenomena Blue Fire

0 Komentar
Beranda
Banyuwangi
Destinasi Wisata
Kawah Ijen, Danau Kawah Cantik dengan Fenomena Blue Fire

Kawah Ijen adalah salah satu dari Triangle Diamond atau tiga destinasi andalan di Banyuwangi, selain Sukomade dan Alas Purwo. Spot wisata alam populer di Jawa Timur yang sering dikunjungi wisatawan asing. Jadi, kamu wajib memasukkannya dalam itinerary saat liburan ke Banyuwangi.

Daya Tarik Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan danau kawah Gunung Ijen, gunung berapi aktif yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Gunung setinggi 2.443 mdpl ini terletak di Pegunungan Ijen bersama Gunung Raung, Gunung Merapi, Gunung Rante, dan Gunung Suket.

Sebagai tempat wisata, Gunung Ijen sangat populer berkat adanya danau kawah yang berada di puncaknya. Luas danau bersifat asam ini mencapai 5.466 meter dengan kedalaman mencapai 200 meter. Saking luasnya, danau kawah ini pun diklaim sebagai danau air asam terbesar di dunia.

Tak hanya itu, Kawah Ijen adalah danau fenomenal yang mampu menghadirkan api biru atau blue fire atau blue flame. Ini adalah fenomena alam langka yang hanya ada di sini. Memang ada beberapa lokasi api biru di dunia tapi sifatnya sementara, tidak setiap hari seperti di kawah ini.

Menyaksikan blue fire menjadi tujuan utama wisatawan mendaki Gunung Ijen. Fenomena tersebut biasa terjadi pukul 02.00-04.00. Selain itu, sunrise di kawasan Cagar Alam Taman Wisata Ijen juga sangat indah. Aktivitas para pencari belerang pun menjadi daya tarik wisata tersendiri di sana.

Bagi traveler dengan durasi liburan yang panjang, bisa camping di pintu masuk wisata alam ini. Kawasan Pegunungan Ijen yang luas juga mencakup sejumlah objek wisata alam lain yang wajib dikunjungi. Ada Kawah Bulan Sabit, Kawah Wurung, Sumber Air Panas, serta beberapa air terjun.

{next}

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas lengkap dan umumnya tersedia di Paltuding, sebagai pintu masuknya. Selain area parkir yang luas, di sana juga ada tempat ibadah, tempat makan, toilet, dan camping ground. Tersedia beberapa penginapan di Paltuding, namun jika ingin booking online berikut rekomendasi kami:

{next}

Harga Tiket Kawah Ijen

Wisatawan Nusantara
  • Weekday (hari kerja): Rp 5.000
  • Weekend (hari libur): Rp 7.500
Wisatawan Mancanegara
  • Weekday (hari kerja): Rp 100.000
  • Weekend (hari libur): Rp 150.000
Biaya Parkir Kendaraan
  • Kendaraan Roda 2: Rp 5.000
  • Kendaraan Roda 4: Rp 10.000

Booking tiket TWA (taman wisata alam) ini kini wajib dilakukan secara online. Sementara itu, untuk pembayarannya bisa dilakukan di lokasi atau transfer virtual account yang disediakan pengelola. Informasi lebih lengkap dan booking tiket online, kunjungi situs resmi di tiket.bbksdajatim.org

Jam Buka dan Rute Lokasi

Karena berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, rute ke Kawah Ijen pun terbagi menjadi dua, bisa dari Banyuwangi maupun dari Bondowoso. Sejauh ini rute dari Banyuwangi direkomendasikan karena jarak tempuhnya selisih lebih dari separuh perjalanan.

Untuk transportasi umum, kamu bisa memulai dengan naik kereta api tujuan Stasiun Karangasem Banyuwangi. Kemudian, naik ojek ke Paltuding yang merupakan pintu masuknya. Tersedia juga opsi naik bus dan turun di Kota Banyuwangi kemudian lanjut naik ojek ke Paltuding. Lihat Peta

Jam Buka: 03.00 s/d 08.00 dan 08.00 s/d 12.00
Alamat: Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Demikian informasi lengkap mengenai daya tarik, fasilitas dan akomodasi, harga tiket masuk, jam buka, hingga rute ke lokasi TWA Kawah Ijen Jawa Timur. Jadi, kapan kamu berangkat? pastikan durasi liburan kali ini panjang karena banyak spot wisata alam lain yang menarik di sekitarnya.