Beranda
Destinasi Wisata
Lampung
Pantai
Pesisir Barat
Pantai Tanjung Setia Lampung, Daya Tarik dan Fasilitas Wisata

Bagi pecinta wisata bahari, Lampung bisa menjadi destinasi ideal dalam rencana liburan kali ini. Apabila sebelumnya Anda sudah akrab dengan wisata Pulau Pahawang yang terkenal karena surga bawah lautnya, sobat juga perlu tahu tentang Pantai Tanjung Setia Krui yang tak kalah mempesona.

Tanjung Setia merupakan salah satu pantai di pesisir Krui, ibukota Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Pantai inilah yang sejauh ini turut mengukuhkan pesona Krui sebagai daerah tujuan wisata terkenal hingga populer di mancanegara. Indah pemandangan pantainya, kaya aktivitas wisatanya.

Daya Tarik Wisata Pantai Tanjung Setia

Daya tarik utama wisata Pantai Tanjung Setia Lampung adalah gelombang ombaknya yang tinggi dan indah. Oleh karena keindahan ombaknya, berbagai kompetisi selancar sering kali diselenggarakan di pantai ini, termasuk Krui World Surfing League yang merupakan even surfing bertaraf internasional.

Secara keseluruhan, semua aktivitas pantai sangat mungkin Anda lakukan di Pantai Tanjung Setia Krui. Hanya saja, oleh karena gulungan ombaknya yang menakjubkan, pantai ini menjadi lebih cocok bagi para surfer. Jika Anda suka surfing, Tanjung Setia adalah destinasi yang ideal untuk Anda.

Kabarnya, ombak di Tanjung Setia termasuk salah satu yang terindah di dunia, terutama di pertengahan tahun (April-Agustus). Pada bulan-bulan tersebut, pantai ini mampu menghadirkan ombak yang tinggi tanpa terputus. Ketinggiannya berkisar 7-10 meter dengan panjang sampai 200 meter.

Meski demikian, Tanjung Setia menawarkan banyak aktivitas. Ada beberapa spot yang juga mendukung aktivitas snorkeling dan diving. Sementara bagi penggemar fotografi, sunrise dan sunset di Tanjung Setia sangatlah indah untuk diabadikan. Selebihnya, pantai ini juga cocok untuk kegiatan memancing.

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Sebagai objek wisata yang terus berkembang, fasilitas Tanjung Setia sudah memadai. Ada beberapa tempat bersantai dan fasilitas untuk berselancar. Untuk akomodasi sudah ada sejumlah hotel dan penginapan di sekitar pantai dengan harga yang bervariasi. Bisa juga jika ingin camping di sini.

Untuk konsumsi, juga sudah banyak warung penjual makanan dan minuman, baik makanan ringan maupun kuliner laut dan tradisional. Fasilitas lain mencakup toilet dan tempat bilas. Harga tiket masuk Pantai Tanjung Setia? sejauh ini hanya biaya parkir IDR 10K (motor), IDR 20K (mobil).

Rute dan Lokasi Tanjung Setia Lampung

Lokasi Tanjung Setia berada di selatan Taman Nasional Bukit Barisan. Tepatnya di Desa Tanjung Setia, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. Dari Bandar Lampung butuh perjalanan kurang lebih 6-8 jam, dan bisa menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi.

Jika memilih menggunakan angkutan umum, biaya transportasinya sekitar IDR 50K-60K atau IDR 80K jika menggunakan jasa travel. Sementara itu, untuk perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, dari Bandar Lampung tersedia dua rute yang bisa Anda tempuh, sebagai berikut: atau, lihat Peta Lokasi

  1. Bandar Lampung - Jl Trans Sumatera Lintas Barat - Kota Agung Tanggamus - Tanjung Setia. Rute tercepat dengan durasi perjalanan kurang lebih 5 jam.
  2. Bandar Lampung - Jl Trans Sumatera Lintas Barat - Lampung Utara - Liwa - Krui - Tanjung Setia. Menggunakan rute ini durasi perjalanannya sekitar 6-7 jam.