Pantai Kondang Iwak Malang - Daya Tarik, Fasilitas Wisata, dan Rute

Malang Selatan yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia memiliki banyak pantai menawan. Di antara puluhan Pantai Indah di Malang, tersebutlah satu yang bernama Pantai Kondang Iwak. Lokasinya berada di Sumberpucung, Tulungrejo, Donomulyo, Kabupaten Malang.

Pantai Kondang Iwak Malang
credit: instagram.com/indramon_

Daya Tarik Pantai Kondang Iwak

Kondang Iwak adalah pantai yang indah. Sayangnya, kurangnya promosi menjadikan pantai ini kurang populer. Di sisi lain, ketersembunyian lokasinya juga turut menjaga alamnya tetap lestari. Cukup terjaga dari sampah, sementara rimbunnya hutan turut menyempurnakan dalam kehijauannya.

Pantai ini juga tetap mengusung karakter ombak pantai selatan yang cenderung besar, namun tidak seganas pantai-pantai lain. Sementara itu, pesisir di dominasi hamparan pasir putih yang bersih sepanjang kurang lebih 1 kilometer dengan di beberapa bagian telah bercampur pasir besi hitam.

Menurut Bapak Jemakir, juru kunci pantai ini, seorang yang bernama Mbah Iman Suwodo yang menemukan pantai ini sekitar tahun 1920. Sang penemu menamakannya Kondang Iwak karena di tepi pantai terdapat kondang (muara air tawar) yang di dalamnya penuh dengan beragam jenis ikan tawar.

Pengunjung umumnya menghabiskan waktu bermain air, mandi di muara tersebut. Aktivitas menarik lainnya adalah memancing, bersantai atau menyusuri pantai dan mencari sudut-sudut yang layak diabadikan. Jangan lupa abadikan momen berlatar Pulau Lawang yang berada di lepas pantai ini.

Melihat potensi yang ada, kini pantai ini mulai diperkenalkan melalui beberapa program. Termasuk salah satunya acara labuhan yang oleh masyarakat setempat dikemas dengan beragam festival. Sayangnya, promosi belumlah maksimal karena sebatas pengenalan di sekitar kawasan Donomulyo.

Jika Anda tertarik dengan acara Labuhan, pastikan datang pada saat acara tersebut digelar. Dulu, acaranya berlangsung setiap tanggal 15 Suro. Namun, ada informasi yang menyebutkan acara tersebut bergeser penyelenggaraannya, yakni setiap bulan Juli bersamaan dengan hari libur sekolah.

Fasilitas Wisata di Kondang Iwak
credit: instagram.com/rumahdroneaerial.id

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Terbilang sebagai salah satu pantai tersembunyi di Malang Selatan, Pantai Kondang Iwak belum menyediakan fasilitas yang memadai. Jadi jika ada rencana berkunjung pastikan membawa bekal yang mencukupi. Beberapa kilometer mendekati pantai, akses jalan cukup ekstrim berupa makadam terjal.

Dahulu mobil tidak bisa melaluinya. Namun meski harus hati-hati, kini kendaraan roda empat bisa melalui jalan tersebut. Di sisi lain keadaan ini justru disukai oleh komunitas off road dan trail. Ada juga jasa penyewaan mobil oleh penduduk setempat dengan tarif ± IDR 150K PP atau ojek IDR 30K sekali jalan.

Sejauh ini belum ada biaya untuk tiket masuk, alias gratis. Sebagai informasi tambahan, saat ini kegiatan wisata di Pantai Kondang Iwak Malang mungkin akan sangat terbatasi. Pasalnya, pantai ini kini menjadi salah satu lokasi pusat latihan tempur dan pembaretan pasukan Korps Marinir TNI AL.

Rute Lokasi Pantai Kondang Iwak Malang
credit: instagram.com/prastya_jr

Rute Lokasi Pantai Kondang Iwak

Ketika berencana mengunjungi pantai ini, hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah kondisi tubuh serta memastikan keadaan kendaraan. Beberapa kilometer sebelum lokasi pantai ini, akses jalannya cukup terjal. Dari Malang, pantai ini berjarak kurang lebih 70 kilometer ke arah selatan.

Dari Kota Malang, silahkan lanjut ke Kepanjen terus hingga ke daerah Pagak, kondisi jalan sangat baik. Setelah melalui Pasar Pagak, jalan tetap beraspal namun kebanyakan rusak. Lanjutkan terus sampai bertemu dengan jalan makadam yang terjal hingga tiba ke lokasi Pantai Kondang Iwak. Peta Rute.

0 Comments

Posting Komentar