Tempat Wisata di Karangasem Bali - 17 Destinasi Terbaik & Terindah

Tempat Wisata di Karangasem Bali. Pada kisaran abad ke-17, Karangasem merupakan kerajaan besar yang wilayahnya juga mencakup hingga ke Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat. Kini, seiring pesatnya pariwisata Bali, banyak peninggalan kerajaan tersebut turut menjadi destinasi wisata yang diminati.

Tempat Wisata di Karangasem Bali
credit: unsplash.com/@andreybond

Karangasem juga merupakan rumah bagi Pura terbesar yang menjadi pusat kegiatan seluruh Pura di seantero Bali. Berada di sisi timur Pulau Bali, wisata Karangasem semakin diperkaya oleh keindahan alamnya. Selain Gunung Agung yang menjulang tertinggi di Bali, pantai-pantai di Karangasem juga elok menawan.

Wisata di Bali Selatan memang populer dan mengagumkan. Namun, pastikan juga melebar ke wilayah lain agar mendapatkan gambaran utuh pesona keindahan Pulau Dewata. Salah satu ide terbaik adalah berpetualang ke berbagai tempat wisata di Karangasem Bali. Di bawah ini adalah daftar rekomendasinya.

Taman Tirta Gangga (Bekas Istana Air Kerajaan Karangasem)

Taman Wisata Tirtagangga Bali
credit: flickr/Josh Krancer, CC BY-NC-ND 2.0

Salah satu objek wisata Karangasem terpopuler adalah Tirta Gangga. Bekas istana air Kerajaan Karang Asem yang dibangun pada tahun 1948. Menempati area 1,2 ha dan terbagi menjadi tiga kompleks. Sebuah taman yang rimbun berupa labirin kolam dengan ikan hias berhias air mancur dan patung-patung. Suasananya sangat romantis.

LokasiDesa Adat Ababi, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. Peta
Tiket MasukIDR 25K (org)

Pura Lempuyang (Spot Wisata Karangasem yang Mendunia)

Lempuyang Temple Bali
credit: unsplash.com/@roadtripwithraj

Selain sebagai Sad Kahyangan Jagad, satu dari enam tempat paling suci di Bali, Pura Lempuyang Luhur juga merupakan spot wisata Bali yang mendunia. Ini adalah kompleks Pura tertinggi di puncak Gunung Lempuyang. Menawarkan lanskap eksotis dengan latar belakang Gunung Agung dan kemurnian alam di sekitarnya.

LokasiDesa Lempuyang, Seraya Barat, Karangasem, Bali. Peta
Tiket MasukIDR 5K (parkir)

Pura Besakih (Kompleks Pura Terbesar di Pulau Dewata Bali)

Pura Besakih Karangasem
credit: unsplash.com/@andreybond

Pura Besakih merupakan kompleks Pura terbesar di Pulau Bali dan menjadi pusat kegiatan di seluruh Pura di Bali. Pura Penataran Agung adalah yang terbesar di sana. Adapun Pura Basukian merupakan tempat Hyang Rsi Markendya menerima wahyu pertama yang menjadi cikal bakal Agama Hindu Dharma di Bali.

LokasiDesa Besakih, Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali. Peta
Tiket MasukIDR 30K (org)

Ujung Water Palace (Istana Air yang Indah dan Bersejarah)

Wisata Taman Sukasada Ujung Bali
credit: unsplash.com/@jaleenovrijal

Taman Ujung atau Taman Sukasada merupakan satu di antara peninggalan Kerajaan Karangasem. Ini juga merupakan tempat wisata di Karangasem yang paling terkenal. Ujung Water Palace merupakan sebutan populer di kalangan turis mancanegara. Di bangun sekitar tahun 1900an, arsiteknya adalah orang Belanda dan Cina.

LokasiUjung Water Palace, Br. Dinas, Tumbu, Karangasem, Bali. Peta
Tiket MasukIDR 15K (org)/IDR 5K (parkir)

Labuhan Amuk Bay (Pantai yang Cantik Luar dan Dalam)

Labuhan Amuk Bay Karangasem Bali
credit: instagram.com/bagus.febriana

Labuan Amuk merupakan salah satu pantai di Karangasem yang rupawan, di luar maupun di dalam. Berada di sisi timur Pelabuhan Padang Bai, pesisir pantai ini tampil berseri. Beragam wahana watersport tersedia di sana. Dan, yang paling menarik adalah Odyssey Submarine, kapal selam untuk berwisata di bawah lautnya.

LokasiDesa Antiga, Kec. Manggis, Kab. Karangasem, Bali. Peta
Tiket MasukIDR 15K/IDR 5K (parkir)/± IDR 500K-1500K (Odyssey Submarine)

Pantai Candidasa (Tempat Wisata Ikonik di Karangasem)

Pantai Candidasa Karangasem Bali
credit: pixabay.com/keulefm

Candidasa merupakan pemukiman sekaligus pantai yang diperindah oleh laguna air tawar di tepinya. Satu di antara tempat pemberhentian populer turis mancanegara yang sedang berlibur ke Pulau Dewata. Pantai Candidasa memiliki pangkal ikonik dengan bale bengong di kedua ujungnya, mirip dengan yang ada di Pantai Sanur.

LokasiCandidasa, Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali. Peta
Tiket MasukIDR 5K (parkir)

Bukit Guungan (Tempat Camping Ideal dekat Candidasa)

Wisata Bukit Guungan Karangasem Bali
credit: instagram.com/lanangdanan

Masih berada di sekitar Pantai Candidasa, jangan lupa mendaki Bukit Guungan. Dengan sedikit perjuangan, capailah puncaknya. Tenang saja, susah payah Anda akan seketika terlunasi oleh elok alam. Kombinasi lanskap hijau dengan bentangan laut yang membiru, sedap dipandang mata. Camping dan dirikan tenda.

LokasiNyuh Tebel, Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali. Peta
Tiket MasukIDR 5K (org)

Virgin Beach (Wisata Pantai Pasir Putih di Karangasem)

Pantai Virgin Beach Karangasem Bali
credit: dhanicerubak

Pantai di Karangasem Bali umumnya berpasir cenderung gelap atau berkoral. Namun, tidak demikian dengan Virgin Beach atau White Sand Beach atau yang oleh masyarakat lokal disebut Pantai Prasi. Nama Virgin Beach lebih populer karena pantai ini lebih tenang dan sepi sehingga kondisi pantainya lebih bersih dan alami.

LokasiDesa Adat Bugbug, Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali. Peta
Tiket MasukIDR 10K (org)/IDR 5K (parkir)

Desa Tenganan (Desa Wisata Bali Aga di Karangasem Bali)

Fasilitas Wisata di Tenganan Karangasem Bali
credit: flickr/alainbachellier, CC BY-NC-SA 2.0

Desa Tenganan merupakan desa tradisional, satu di antara tiga desa Bali Aga, selain desa Truyan dan desa Sembiran. Salah satu tempat wisata di Karangasem yang ideal untuk menikmati keunikan budaya asli Bali. Di sinilah tempat lahir Tari Mabuang yang sakral. Ada juga tradisi tahunan yang unik, yakni Perang Pandan.

LokasiTenganan, Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali. Peta
Tiket MasukIDR 10K (orang/donasi)/IDR 5K (parkir)

Pantai Bias Tugel (Pantai Cantik dengan Laguna Eksotik)

Wisata Pantai Bias Tugel Karangasem Bali
credit: unsplash.com/@alex_marchenko

Bagi pecinta pantai, wisata Karangasem memiliki banyak stok pantai yang wajib dikunjungi. Pantai Bias Tugel salah satunya. "bias" berarti pasir dan "tugel" berarti terpotong. Bias Tugel menjadi namanya karena pantai ini sempit menyerupai teluk terapit batuan karang. Yang unik, di sini ada fenomena waterblow dan laguna.

LokasiPadangbai, Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali. Peta
Tiket MasukIDR 5K (org)

Pantai Amed (Spot Sunrise Terbaik di Karangasem Bali)

Pantai Amed Karangasem Bali
credit: Tiomax80, CC BY 2.0

Objek wisata pantai di Karangasem Bali, termasuk Pantai Amed. Berada di ujung timur Pulau Bali yang menawan dengan hamparan pasir gelapnya. Lokasi terbaik untuk menikmati cantiknya sunrise pertama di Pulau Dewata. Lebih dari itu, Pantai Amed menawarkan surga bawah laut yang digandrungi wisatawan dunia.

LokasiAmed, Bunutan, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. Peta
Tiket MasukIDR 5K (parkir)

Tulamben (Spot Diving Bali yang Terkenal dan Mendunia)

Diving di Pantai Tulamben Karangasem Bali
credit: Claire Ross, CC BY-NC-ND 2.0

Berkunjung ke Pantai Amed, melebarlah ke utara hingga tiba di Pantai Tulamben. Hampir tak berpasir namun beragam batu tersebar di pesisirnya. Elok alamnya lebih kentara di bawah laut. Snorkeling dan diving adalah aktivitas utama. Spot utamanya adalah bangkai kapal USAT Liberty Amerika dari era Perang Dunia ke-2.

LokasiTulamben, Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali. Peta
Tiket MasukIDR 5K (parkir)

Padang Bunga Kasna (Surga Edelweiss Bali di Karangasem)

Padang Bunga Kasna - Tempat Wisata di Karangasem
credit: instagram.com/yanfhoto

Tidak suka pantai? Padang Bunga Kasna adalah objek wisata di Karangasem untuk Anda. Tidak jauh dari Pura Besakih, ada taman bunga Kasna yang diyakini sebagai pemberian Dewata. Bunga yang kerap disebut edelweiss Bali ini menawarkan harum dan moleknya warna putih. Dan, hamparan bunga Marigold di sekitarnya.

LokasiPempatan, Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali. Peta
Tiket MasukIDR 10K (org)

Bukit Asah (Tempat Camping Terbaik dekat Virgin Beach)

Wisata Bukit Asah Bugbug
credit: unsplash.com/@monteverdo

Tidak di pantai, namun berada di atas bukit yang menyajikan indahnya bentangan laut di Bali Timur. Itulah Bukit Asah di Desa Bug Bug, satu di antara spot unggulan wisata di Karangasem Bali. Indah di lanksap laut dan pesisir Pantai Virgin. Spot ideal bagi yang suka berkemah dengan sajian sunrise dan sunset di satu tempat.

LokasiDesa Adat Bugbug, Sengkidu, Manggis, Karangasem, Bali. Peta
Tiket MasukIDR 5K (org)

Rafting Telaga Waja (Wisata Arung Jeram di Karangasem)

Wisata Rafting Telaga Waja Karangasem Bali
credit: ozlady, CC BY-NC 2.0

Tempat wisata di Karangasem menawarkan banyak hal, termasuk jika ingin berarung jeram. Di Karang Asem banyak tersedia penyedia jasa rafting di Sungai Telaga Waja. Sungai ini berair jernih dengan pemandangan persawahan dan air terjun. Yang paling menantang adalah ketika diharuskan terjun dari Dam setinggi 4 meter.

LokasiDesa Batusesa Menaga, Rendang, Menanga, Karangasem, Bali. Peta
Biaya Rafting± IDR 400K (org)

Batu Engsel (Tempat Wisata Terbaru di Karangasem Bali)

Air Terjun Batu Engsel Karangasem Bali
credit: instagram.com/spiderlilyfalls

Objek wisata Karangasem Bali juga termasuk beberapa air terjun. Air Terjun Batu Engsel misalnya. Tempat wisata tersembunyi dan jarang dikunjungi. Pernah menonton kisah Aron Ralston dalam film 127 Hours? Kurang lebih seperti itulah komposisi air terjun ini, namun tanpa kisah Aron Ralston yang terjepit tangannya.

LokasiBr Telengan, Gegelang, Manggis, Karangasem, Bali
Tiket Masuk-

Savana Tianyar (Padang Savana dengan Latar Gunung Agung)

Savana Tianyar Karangasem
credit: Made Sudana, CC BY-SA 4.0

Alam telah membentuk Bali Timur sedemikian rupa, Karangasem pun memiliki beragam pesona untuk dikagumi keberadaannya. Savana Tianyar mengukuhkan hal itu. Meski dipermainkan musim, kadang kuning kadang hijau, padang rumput ini tetap indah berlatar Gunung Agung di kejauhan. Mirip Savana Bekol di Baluran.

LokasiTianyar, Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali. Peta
Tiket Masuk-

Demikian daftar Tempat Wisata di Karangasem Bali Timur. Persiapkan segala sesuatunya jika berminat mengunjungi salah satunya. Ingin mengunjungi semuanya? Lakukan saja, namun itu adalah ide gila! Butuh durasi wisata berlebih untuk merealisasikannya. Admin salut jika Anda benar-benar melakukannya. Selamat berwisata!

0 Comments

Posting Komentar