Pantai Lampuuk Aceh - Fasilitas, Harga Tiket Masuk dan Rute Lokasi

Liburan ke Aceh adalah ide bagus karena provinsi di ujung utara pulau Sumatra ini menawarkan banyak hal yang menarik. Terkenal sebagai destinasi wisata sejarah dan kuliner, Aceh juga kaya akan keindahan alam bahari. Dalam hal ini, Pantai Lampuuk (Lam Pu'uk) di Aceh Besar termasuk yang wajib Anda kunjungi.

Pantai Lampuuk Aceh
credit: unsplash.com/@misqalnvioreeza

Aceh Besar sendiri merupakan kabupaten yang dulunya beribu kota Banda Aceh. Setelah Banda Aceh menjadi kotamadya, ibu kotanya dipindah ke Jantho di Pegunungan Seulawah. Kabupaten ini merupakan tempat kelahiran Cut Nyak Dien. Rumah pahlawan nasional tersebut kini berubah menjadi objek wisata sejarah.

Intinya, banyak tempat wisata di Aceh Besar yang menarik Anda jelajahi. Jika lebih suka wisata alam, berkunjung ke Pantai Lampuuk adalah rekomendasi terbaik. Pantai ini berjarak kurang lebih 15 km dari Kota Banda Aceh. Secara administratif lokasinya masuk wilayah Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Daya Tarik Pantai Lampuuk Aceh

Pantai Lam Pu'uk adalah pantai indah berpasir putih yang landai memanjang kurang lebih 5 km dan membentuk sebuah teluk kecil. Dengan air laut yang jernih membiru kehijauan, pemandangan pantai ini diperindah pepohonan pinus yang rindang. Pegunungan hijau sebagai latarnya, turut menyempurnakan molek alamnya.

Dengan kondisi alam yang membentuknya, pantai ini menjadi tempat ideal untuk melepas penat. Termasuk salah satu primadona wisata Aceh Besar, sebelum bencana tsunami 2004 meluluhlantakkan keindahannya. Fasilitas akomodasi yang tersedia serta pemukiman penduduk semuanya hancur akibat gelombang besar.

Bencana yang membuat lebih dari separuh penduduk Lampuuk meninggal tersebut, sempat membuat masyarakat enggan mengunjungi pantai ini. Berserakan puing-puing sisa tsunami, termasuk dengan banyaknya pohon pinus yang tumbang, membuat pantai ini sempat tertutup untuk segala bentuk aktivitas wisata.

Itu dulu, secara perlahan Pantai Lam Pu'uk pun berbenah dan kembali indah. Banyaknya aktivitas NGO (Non Government Organization) dan relawan asing turut mempercepat promosi kembalinya popularitas pantai ini. Kembali menjadi primadona wisata yang banyak menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Ombak adalah salah satu daya tarik Pantai Lampuuk, karena cocok untuk selancar atau surfing. Hal inilah yang membuat banyak turis asing berkunjung. Selain itu, cocok juga untuk bersantai karena hamparan pasirnya luas, panjang dan landai. Bahkan, pantai ini juga menawarkan wisata edukasi berupa konservasi penyu.

Pantai Lampuuk Aceh Besar adalah destinasi ideal yang mampu menampung segala jenis tujuan wisata, termasuk wisata keluarga. Karena menghadap ke barat, pantai ini lebih indah ketika senja, sunsetnya mempesona. Tidak sedikit yang mengatakan suasana Pantai Lampuek mirip dengan Pantai Kuta di Pulau Bali.

Fasilitas Wisata di Pantai Lampuuk Aceh
credit: unsplash.com/@hermansyah

Fasilitas Wisata dan Akomodasi

Hanya butuh kurang lebih satu tahun untuk pantai ini berbenah pasca tsunami. Seiring dengan perbaikan itu, fasilitas wisatanya pun semakin memadai. Bahkan, kini telah tersedia opsi wahana watersport seperti banana boat. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, di pantai ini juga terdapat konservasi penyu.

Untuk konsumsi, pengunjung bisa menikmati ragam kuliner seafood di beberapa sudut di pinggir pantai. Sementara itu jika ingin bermalam, banyak pula jenis akomodasi yang bisa disesuaikan dengan anggaran. Anda bisa menginap di losmen atau di cottage yang tentunya memiliki pelayanan dan fasilitas yang bervariasi.

Selebihnya untuk tiket masuk Pantai Lampuuk, wisatawan umumnya dikenakan biaya masuk sekitar IDR 3K (bisa berubah sewaktu-waktu bergantung pihak pengelola). Biaya tambahan biasanya untuk parkir. Apabila ingin mencari penginapan atau hotel di Banda Aceh, lihat rekomendasi hotel melalui tombol berikut ini.

Daftar Hotel Bagus di Banda Aceh
Rute Lokasi Lampuuk Beach Aceh Besar
credit: unsplash.com/@sxy_selia

Rute Lokasi Pantai Lampuuk Aceh

Pantai ini berlokasi di Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar. Dengan kondisi jalan yang bagus dan mudah, traveler bisa mencapai pantai ini dengan perjalanan berkendara sejauh kurang lebih 15 km atau 30 menit dari ibu kota Aceh, Banda Aceh. Untuk transportasi umum, sejauh ini mungkin hanya sampai di Lhoknga.

Tersedia empat jalur untuk memasuki pantai ini yang akan mengantarkan Anda ke ruas pantai yang berbeda. Ada jalur Babah Satu, Babah Dua, Babah Tiga, dan Babah Empat. Nama pintu masuk tersebut berurutan sesuai dengan posisinya, mulai dari yang paling selatan hingga ke ruas pantai paling utara.

Jalur umum atau yang populer di kalangan wisatawan lokal adalah Babah Satu dan Babah Dua. Adapun wisatawan asing biasanya memilih jalur Babah Tiga. Mereka memilih jalur tersebut agar mudah mencapai lokasi surfing. Untuk mempermudah, Anda bisa memanfaatkan Peta Rute dan Lokasi Pantai Lampuuk.

0 Comments

Posting Komentar