Air Terjun Tiu Sekeper Lombok - Fasilitas, Harga Tiket, Rute & Lokasi

Berbekal keindahan alam, Pulau Lombok menjadi primadona baru destinasi wisata di Indonesia. Pesonanya tersebar merata di setiap daerah, termasuk Lombok Utara, kabupaten termuda di sana. Selain Gili Trawangan yang terkenal, Lombok Utara juga punya sejumlah air terjun nan indah. Air terjun Tiu Sekeper salah satunya.

Air Terjun Tiu Sekeper Lombok
credit: instagram.com/lalu_puri_

Mengunjungi Tiu Sekeper merupakan ide yang bagus, terutama jika Anda seorang traveler pecinta alam. Lokasinya berada di Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Berada di Bukit Sekeper sehingga dinamakan Tiu Sekeper. Sebelum pergi ke sana, jelajahi artikel ini untuk memperkaya informasi.

Daya Tarik Air Terjun Tiu Sekeper

Dengan ketinggian sekitar 90-100 meter, Tiu Sekeper menjadi air terjun tertinggi di Lombok Utara. Juga, sebagai salah satu wisata air terjun tersembunyi di Lombok karena berada di dalam hutan. Meskipun tertinggi, wisatawan belum banyak yang tahu. Tidak sepopuler Air Terjun Tiu Kelep maupun Air Terjun Benang Kelambu.

Butuh gairah petualang dan energi yang berlebih jika sobat berniat mengunjungi air terjun Tiu Sekeper. Trekking bersafari hutan merupakan aktivitas yang tak bisa Anda hindari. Dari pintu masuknya, masih harus jalan kaki sekira 6 km atau 3-4 jam. Meski begitu, perjuangan dan kelelahan akan terbayar lunas ketika tiba di lokasi.

Suasana air terjun Tiu Sekeper Lombok masih alami serta terjaga keindahannya. Dengan debit yang besar, airnya terjun bergemuruh indah dari tingginya benteng tebing yang menjulang. Tetumbuhan nan rimbun menyempurnakan eksotika alam. Sedap di pandang mata, sementara sejuk udara turut mendramatisir suasananya.

Di Tiu Skeper, Anda bisa mandi di kolam alami atau di aliran sungainya. Namun, pastikan tidak terlalu dekat dengan air terjunnya, karena debit air sangat besar. Bisa juga bersantai menikmati indahnya kedamaian alam di sana atau menjelajah sekitar untuk menemukan spot-spot foto terbaik. Pastikan juga membawa kamera.

Selebihnya, Anda bisa lakukan kegiatan apa saja asal tetap menjaga kebersihan dan etika. Jika durasi petualangan kali ini panjang, bisa juga camping. Lokasi ideal untuk mendirikan tenda adalah di pos 2, yang berjarak sekira setengah kilometer sebelum turun ke lokasi air terjun. Anda mestinya melewati pos tersebut.

Fasilitas Harga Tiket Masuk Sekeper Waterfall
credit: instagram.com/lalu_puri_

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Sebagai salah satu air terjun tersembunyi di Lombok serta berlokasi jauh di tengah hutan, belum ada fasilitas di Tiu Skeper ini. Selain energi, siapkan juga bekal yang mencukupi. Terlebih jika berniat camping. Fasilitas berupa lahan parkir bisa Anda dapati di pintu masuk Air Terjun Tiu Teja. Dari sini, perjalanan dilanjut jalan kaki.

Berapa harga tiket masuk air terjun Tiu Sekeper? sejauh ini biaya tiket masuknya sudah termasuk parkir, kurang lebih 10K. Namun, karena air terjun ini berlokasi di tengah hutan, Anda perlu pemandu agar tidak tersesat. Khususnya jika Anda tidak bersama teman yang pernah berkunjung ke sini. Biaya pemandu bisa seikhlasnya.

Rute Lokasi Air Terjun Tiu Sekeper Lombok
credit: instagram.com/lalu_puri_

Rute Lokasi Air Terjun Tiu Sekeper

Lokasinya di Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara. Pintu masuk sama dengan air terjun Tiu Teja. Untuk diketahui, Desa Santong memiliki sekitar 4 wisata air terjun. Selain Tiu Teja dan Tiu Sekeper, ada juga Tiu Sampurarung dan Tiu Bumbung. Apabila liburan Anda panjang, bisa juga menjelajahi semuanya.

Kira-kira 70 km atau 2 jam berkendara untuk tiba di Desa Santong dari Mataram. Rutenya mudah, melalui Pantai Senggigi atau Pusuk. Lihat Peta Lokasi. Saran terbaik adalah memakai sepeda motor, karena kalau mobil tidak bisa mencapai pintu masuk. Parkir mobilnya jauh, harus jalan kaki sekira 1 km ke pintu masuknya.

Rute trekking ke Tiu Sekeper waterfall akan melewati dua pos. Ada perkebunan sebelum masuk hutan. Lalu, tiba di pos pertama yang ditandai Bunut Ngengkang yakni pohon purba berusia ratusan tahun. Pos kedua berjarak setengah kilometer sebelum jalan menuruni tebing air terjun. Pastikan sewa pemandu warga setempat.

0 Comments

Posting Komentar