Beranda
Berau
Danau
Destinasi Wisata
Kalimantan Timur
Pantai
Pulau
Pulau Maratua Berau, Fasilitas Wisata & Cara ke Maratua Island

Bagi sobat pecinta wisata bahari, Kalimantan Timur adalah destinasi di Indonesia yang layak dijelajahi. Tentu, masih perlu memfilter lagi tujuannya dan menuju Kabupaten Berau adalah rekomendasi terbaiknya. Banyak pulau-pulau yang siap memanjakan. Di Kepulauan Derawan, ada Pulau Maratua yang mempesona.

Maratua adalah salah satu pulau terluar Indonesia. Berlokasi di Laut Sulawesi, di sisi selatan Kota Tarakan dan berbatasan langsung dengan Malaysia. Pulau kecil ini memanjang dan melengkung tajam nan menawan, indah luar dan dalam. Saking terkesimanya, wisatawan menjulukinya sebagai Maldives-nya Indonesia.

Daya Tarik dan Aktifitas Wisata

Pulau Maratua merupakan rumah bagi sekitar 3.000 jiwa Suku Bajo yang tersebar di 4 desa. Keseharian penduduk asli Maratua tersebut adalah nelayan. Di pulau ini Anda bisa lebih dekat dengan mereka. Melihat aktivitas dan kearifan lokalnya, menikmati panorama atau memasuki surga bawah laut dan terpesona.

Gugusan pulau kecil yang menjadi bagian dari Provinsi Kalimantan Timur terkenal sebagai salah satu destinasi diving terbaik Indonesia. Umumnya wisatawan yang berkunjung ke pulau-pulau ini, tujuan utamanya adalah menyelam. Demikian juga Maratua yang seolah "surga" baru bagi pecinta aktivitas tersebut.

Anda suka melakukan penyelaman? selamat datang di Maratua. Masuki kedalaman jernih airnya, manjakan wisata dengan indah ragam terumbu karang serta dominasi hijaunya padang lamun halodule uninervis. Bergembiralah! karena sepanjang penyelaman beraneka jenis ikan turut mewarnai rasa ketakjuban.

Spot-spot diving di Maratua Berau sangatlah banyak jumlahnya. Beberapa di antaranya adalah Jetty Dive, Turtle Traffic, Mid Reef, Eel Garden, Hanging Garden, Cabbage Garden, dan The Channel spot. Pilih salah satunya, atau jika Anda terlanjur penasaran bisa juga melebar ke spot-spot penyelaman lainnya.

Pulau Maratua Kalimantan Timur juga termasuk Danau Haji Buang dan Danau Tanah Bamban. Di Danau Haji Buang, Anda bisa merasakan sensasi berenang bersama ratusan ubur-ubur tanpa harus takut akan sengatannya. Danau tenang berair biru ini bisa Anda capai 15-30 menit dengan perahu dari Maratua.

Selebihnya, pantai di Maratua sangatlah indah mengkolaborasikan hamparan pasir putih bersih dengan gradasi laut yang membiru. Susuri pantainya dan nikmati pemandangan alam yang komposisinya semakin sempurna dengan rimbunnya hijau tetumbuhan. Benar-benar terlihat alami dan sangat asri.

Tidak hanya itu, keindahan berbeda tersedia di kala senja mulai tiba. Ketika sunset, otomatis gradasi warna alam mulai bekerja, menjadi lebih monoton namun mempesona. Bersantailah, bercengkerama sambil menikmati sajian yang ada. Esok harinya, Anda wajib menyambut moleknya sunrise di pagi hari.

Fasilitas Wisata Pulau Maratua

Seiring dengan popularitasnya sebagai tujuan wisata, Maratua Island kini telah memiliki amenitas yang mumpuni. Para pelancong yang berkunjung bisa dengan mudah resort dan cottage yang ideal bagi mereka. Untuk diketahui, baik resort maupun cottage yang ada di Maratua semuanya berstandar internasional.

Harga menginap per malam berkisar IDR 500K-600K dan sudah mencakup berbagai fasilitas, seperti pendingin ruangan, bathup serta fasilitas makan tiga kali dalam sehari. Bagi traveler yang menyukai diving, umumnya penginapan di Pulau Maratua Berau juga menyewakan peralatan diving serta penyewaan kapal.

Cara Pergi ke Pulau Maratua

Untuk saat ini, melakukan perjalanan wisata ke Maratua menjadi semakin mudah. Traveler bisa memilih melalui jalur laut dan udara atau langsung saja menggunakan jalur udara saja. Pasalnya, kini dari Balikpapan sudah ada penerbangan langsung ke Maratua dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia.

Untuk jalur laut dan udara, mulailah dari Kota Tarakan. Naik pesawat tujuan Bandara Tanjung Redeb di Kabupaten Berau. Selanjutnya, menyewa speed boat menuju Maratua, sekitar 3 jam perjalanan. Sekarang dari Tarakan juga sudah tersedia penerbangan langsung ke Pulau Maratua, durasi 30 menit saja. Peta Lokasi.