Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Pantai
Pantai Nganteb Malang, Fasilitas, Harga Tiket Masuk dan Rute

Sobat pernah liburan ke Pantai Malang? Jika sudah, cobalah rencanakan untuk datang kembali. Masih banyak pantai indah menunggu kedatangan Anda. Salah satunya adalah Pantai Nganteb, pantai cantik yang berlokasi di Dusun Sukorejo, Tumpakrejo, Gedangan, Malang.

Daya Tarik Pantai Nganteb Malang

Pantai Nganteb atau disebut juga Pantai Taman Ayu adalah satu dari sekian pantai di Malang Selatan yang terbilang masih perawan. Hadir dengan hamparan pasir putih lembut sepanjang 1 km. Ombaknya cukup tenang, sementara pemandangan sekitar dama menenangkan.

Meskipun ombaknya tidak begitu besar, ini adalah salah satu pantai di Malang yang cocok untuk berselancar, selain Pantai Wedi Awu dan Pantai Lenggoksono. Dasar laut sekitar 200 meter dari bibir pantai nyaris tanpa karang sehingga menjamin keamanan para surfer.

Selain menawarkan keindahan alam, Pantai Nganteb di Malang Selatan juga merupakan obyek wisata religi melalui keberadaan Panembahan Pantai Nganteb. Sebuah pendopo agung atau joglo bisa Anda temukan di sebelah kanan pantai, tepatnya di puncak Gunung Batok.

Meskipun menyandang sebutan gunung, puncak Gunung Batok memiliki ketinggian yang sangat rendah, hanya sekitar 50 meter. Satu hal yang paling menarik dari pendopo tersebut adalah sebuah kentongan yang oleh masyarakat setempat diyakini memiliki nilai magis.

Aktivitas Wisata di Pantai Nganteb

Pantai ini menawarkan banyak aktivitas. Bagi Anda yang suka berenang, di sini terdapat spot menarik namun bukan di pantainya, melainkan di muara sungai sekitar pantai. Sobat bisa berenang sepuasnya di muara yang cukup luas tersebut tanpa khawatir ombak besar.

Jika lebih suka bermain air di pantai, harap hati-hati dan tidak disarankan. Ombaknya lebih cocok untuk surfing. Jika menyukai aktivitas tersebut, ini adalah pantai Anda. Tidak jarang surfer dari Australia, Inggris, Amerika atau Selandia Baru mencoba berselancar di pantai ini.

Selebihnya, Anda bisa mencoba mengunjungi Panembahan Pantai Nganteb dan melihat nuansa religiusitas di sana. Kemudian, cobalah untuk terus menjelajah hingga tiba di tebing karang pembatas sisi barat pantai dan nikmatilah keindahan panorama pantai dari ketinggian.

Adalah ide bagus jika Anda berniat camping mendirikan tenda.  Di sini juga ada perkampungan nelayan. Ketika ombak tidak begitu besar biasanya para nelayan berani melaut. Para nelayan juga bisa menyediakan ikan segar, untuk santapan saat bersantai atau sebagai oleh-oleh.

Fasilitas Wisata & Harga Tiket Masuk

Meskipun terbilang baru sebagai tujuan wisata, fasilitas di Pantai Taman Ayu Nganteb cukup lengkap. Bahkan sudah ada penginapan yang cukup memadai dengan tarif sekitar IDR 100K per malam. Ada juga sejumlah warung, jadi tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal.

Fasilitas lainnya termasuk mushola, kamar mandi, dan lahan parkir yang luas. Selain itu, banyak tersedia tempat duduk yang terbuat dari kayu di tepi pantai yang juga telah lengkap dengan tempat sampah di beberapa lokasi. Harga Tiket Masuk Pantai Nganteb kurang lebih IDR 10K.

Rute Lokasi Pantai Nganteb Malang

Lokasi Pantai Taman Ayu Nganteb berjarak cukup dekat dengan Pantai Balekambang, kurang lebih 4 kilometer jaraknya. Sedangkan dari Kota Malang jarak pantai ini kurang lebih 70 kilometer. Dari Malang, Anda membutuhkan durasi sekira 3 jam berkendara untuk tiba ke pantai ini.

Dari Malang, Anda bisa menuju ke Gondanglegi, lalu ke Bantur. Bisa juga mengambil rute dari Malang ke Kepanjen - Pagak - Bantur. Di Bantur lanjut ke arah Balekambang hingga tiba di perempatan sebelum Pantai Balekambang, belok ke kiri. Untuk mempermudah, lihat Peta Rute.