Curug Malela Bandung - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk & Rute

Anugerah alam Bandung demikian sempurna, hingga lanskap keindahan alam pun tersebar merata. Di Bandung Barat misalnya. Di sana, selain Sanghyang Heuleut dan Stone Garden Citatah yang kental nuansa sejarah, ada juga air terjun Curug Malela. Objek wisata alam ini terlanjur menawan, sayang jika Anda abaikan.

Curug Malela
credit: instagram.com/arifinugroho

Secara administratif, Curug Malela berada di Desa Cisadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. Meski demikian, di Gmap lokasinya berada di Sindangjaya, Gununghalu, ini karena air terjunnya berada di perbatasan. Sebelum ke sana, lanjutkan dulu membaca ulasan di bawah ini sebagai bekal informasi.

Daya Tarik Air Terjun Curug Malela

Little Niagara atau Niagara Mini merupakan istilah yang cukup akrab mewakili nama air terjun ini. Julukan tersebut mengisyaratkan daya tarik alamnya yang diibaratkan mirip dengan Niagara Waterfall di Amerika Serikat. Mungkin, karena bentuk tebingnya yang lebar, atau mungkin karena debit airnya yang besar.

Air yang terjun melebar sekitar 70 meter dari benteng tebing berketinggian kurang lebih 60 meter. Derasnya aliran memungkinkan airnya jatuh bak kapas, putih, dan riuh bergemuruh. Setidaknya, ada lima jalur air terjun di Curug Malela yang melengkapi komposisi alamnya, hingga tercipta daya tarik alam nan menawan.

Kecuali di musim penghujan, pengunjung bisa lebih dekat dengan airnya. Berenang, bermain air atau melakukan kegiatan menyenangkan lainnya. Hanya perlu diketahui, kolam alami air terjun ini memiliki kedalaman 1,5-2 meter. Seiring dengan perkembangannya, kini juga ada fitur berupa spot foto di beberapa bagian.

Bagi Anda traveler yang gemar berpetualang, sebenarnya curug cantik ini hanya salah satu bagian dari 7 rangkaian air terjun. Jadi, Anda bisa juga menjelajahi enam curug lainnya di bawah aliran curug ini. Ada Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngeubul, Curug Sumpel, Curug Palisir, serta Curug Pameungpeuk.

Harga Tiket Masuk Curug Malela
credit: instagram.com/arifinugroho

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Curug Malela termasuk air terjun tersembunyi, setidaknya hingga pertengahan 2019. Setelah penataan dan perbaikan sebagai objek wisata, kini air terjun ini seolah primadona baru yang mampu menarik banyak pengunjung. Saat ini, di sini terdapat fasilitas plasa yang berbentuk lingkaran yang besar berdiameter 15 meter.

Fasilitas lainnya mencakup 8 unit shelter dan area pedestrian sepanjang 120 meter. Lalu, terdapat juga fasilitas berupa anjungan selfie untuk wisatawan berswafoto, taman, sebuah jembatan sepanjang 3 meter, toilet, dan lain-lain. Rencananya, di sini juga akan ada gallery craft, foodcourt, area camping, trek motor, dll.

Seiring popularitasnya sebagai opsi wisata di Bandung Barat, masyarakat di sekitar Curug Malela sudah banyak yang membuka warung makanan dan minuman. Intinya fasilitas di air terjun ini telah lengkap dan memadai, kecuali mungkin akses jalan. Selain jauh, akses untuk mencapai air terjun ini yang belum sepenuhnya bagus.

KeteranganHarga
Tiket MasukIDR 5K
Biaya ParkirIDR 1K-3K
Note: tiket masuk dalam daftar tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu
Rute ke Air Terjun Malela Bandung
credit: instagram.com/arifinugroho

Rute Lokasi Curug Malela Bandung

Air terjun ini beralamatkan di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Bandung Barat. Dari Kota Bandung jaraknya cukup jauh, yakni sekitar 70 kilometer atau kurang lebih 3 jam durasi berkendara. Rute ke Curug Malela dari Bandung akan melalui setidaknya empat kecamatan, yakni Batujajar, Cililin, Sindangkerta, dan Gununghalu.

Ketika sampai di Gununghalu, di pertigaan Bunijaya belok kanan menuju Simpang, di Kecamatan Rongga sejauh 3 km dengan jalan kurang bagus dan sempit. Lalu, lanjutkan ke arah Desa Cicadas. Kondisi jalanan dari Simpang ke arah Desa Cicadas yang berjarak kurang lebih 5 km juga kurang bersahabat. Manfaatkanlah Peta Lokasi.


EmoticonEmoticon