Coban Srengenge Malang, Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk, Rute

Tentu, Malang tetap sebagai destinasi wisata yang ideal untuk dikunjungi. Khususnya bagi pecinta alam, Malang Raya punya aneka opsi wisata. Anda bisa mengunjungi Wisata Alam di Batu. Atau, bisa juga ke Ampelgading dan berkunjung ke salah satu air terjun terindah di sana. Air terjun Coban Srengenge namanya.

Coban Srengenge Malang
credit: instagram.com/rifkydoglekk

Coban Srengenge berada di desa Tirtomarto, Ampelgading, Kabupaten Malang. Masih satu kecamatan dengan wisata air terjun Coban Ciblungan yang terkenal. Sebelum berangkat ke sana, terlebih dulu ketahui fasilitas wisata, daya tarik, harga tiket masuk, dan rute lokasi air terjun ini melalui info wisata berikut ini.

Daya Tarik Air Terjun Coban Srengenge

Meski tak sepopuler Coban Sumber Pitu, air terjun ini tidak kalah indahnya. Bahkan, bagi mereka yang punya gairah dan energi wisata berlebih, coban yang satu ini menawarkan 3 wajah keindahan alam. Masing-masing hadir dengan ketinggian dan pesona berbeda. Jadi, cukup untuk mengikis habis ketakjuban Anda.

Menjadi yang terendah dengan tinggi sekitar 100 meter, Coban Srengenge 1 justru menarik karena di sinilah yang paling ideal untuk lebih dekat dengan air. Berlokasi paling atas dan arus yang tak begitu deras. Meski aman, ada batas berupa tali di ujung aliran sebagai yang menandai area bahaya. Jangan melewatinya!

Harga Tiket Masuk Coban Srengenge
credit: instagram.com/rifkydoglekk

Puncak keindahan yang paling ikonik dari air terjun ini ada di Coban Srengenge 2. Dengan debit air yang besar, alirannya jatuh melebar. Terlihat lebih megah dan semakin sempurna kecantikannya dengan tebing berhias rimbun hijau tetumbuhan. Bahkan, ada taman bunga menghiasi sekitar plus latar kreasi spot foto.

Apabila ingin bermain air di air terjun kedua ini, bisa saja asal tidak terlalu dekat dengan air terjunnya. Mendekati kolam alaminya pun agak susah karena medannya bebatuan licin basah berlumut. Coban kedua sejauh ini lebih cocok sebagai tempat bersantai dan selfie. Selain spot foto, ada juga gardu dan gazebo.

Sementara itu, air terjun Coban Srengenge 3 yang berada di urutan paling bawah menjadi sajian khusus bagi yang punya nyali. Terkenal paling ekstrem, selain jalurnya juga berbeda dari coban 1 dan 2. Jalurnya menurun curam, butuh sekira 40 menit trekking untuk sampai di air terjun. Rutenya bisa tanya tukang parkir.

Tentu, alam akan menghargai upaya siapapun yang ingin menikmatinya. Air terjun terakhir ini adalah yang paling tinggi dan paling deras debit airnya. Sangat eksotik dan masih alami karena belum banyak terjamah wisatawan. Lantaran deras, pastikan hati-hati dan jangan terlalu dekat dengan titik curah air terjunnya.

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Fasilitas wisata di Coban Srengenge Malang sudah cukup bagus. Setidaknya, hingga di air terjun yang kedua karena air terjun yang ke-3 masih alami, tanpa fasilitas. Sampai di coban 2, akses jalan setapak berupa cor. Area parkir memadai, ada toilet, tempat istirahat berupa gardu dan gazebo, serta taman dan spot foto.

KeteranganHarga
Tiket Masuk + Parkir MotorRp. 10.000
Note: harga tiket masuk Coban Srengenge di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.
Rute Air Terjun Srengenge Ampelgading
credit: instagram.com/husnimsfk

Rute Lokasi Coban Srengenge Malang

Seperti yang tersebut di awal, lokasi wisata Coban Srengenge berada di desa Tirtomarto, Ampelgading, Kabupaten Malang. Untuk rute dari Malang, Anda tinggal berkendara menuju Tirtomarto. Di seberang Indomaret yang ada di desa itu, terdapat jalan menurun. Ikuti jalan itu hingga air terjun ini. Gunakan Peta Lokasi.