Wisata Alam di Batu - 10+ Destinasi Terindah Terbaik di Batu Malang

Kota Batu adalah primadona wisata di Malang Raya. Destinasi wisata utama di Jawa Timur yang selalu ramai oleh wisatawan dari berbagai daerah. Sekali waktu Anda juga perlu mengunjunginya. Nikmati kemeriahan di sana atau jelajahi setiap sudut keindahan alamnya. Objek wisata alam di Batu pun tidak sedikit jumlahnya.

Wisata Alam di Batu
credit: consigliere ivan, CC BY 2.0, edited

Meskipun Tempat Wisata di Batu yang terkenal banyak yang berupa objek wisata modern. Tapi, wisata bertemakan alam di kota ini juga beragam. Jika memang suka piknik di alam, Anda pun perlu memfilter tujuan saat liburan ke Batu. Berikut daftar rekomendasi wisata alam Batu yang terindah dan menarik dikunjungi.

Tempat Wisata di Gunung Banyak Batu

Wisata Paralayang Batu
Paralayang Batu, credit: mazuu, CC BY-NC-ND 2.0

Gunung Banyak merupakan salah satu kawasan wisata terpopuler di Kota Batu. Di sinilah spot Paralayang Batu yang terkenal. Tempat terbaik untuk menikmati panorama Kota Batu dari ketinggian, siang dan malam. Tidak hanya itu, di sini juga lokasi Omah Kayu dan Taman Langit yang secara terpisah melejit popularitasnya.

Jika berani, bisa juga mencoba olahraga dirgantara paragliding atau paralayang. Lanjutkan dengan berselfie ria di Taman Langit yang kaya kreasi latar bertema langitan. Bertahan hingga sunset menjelang dan pilih satu rumah pohon di Omah Kayu. Nikmati suasana menginap semalam hingga indahnya pagi menjelang.

Tiket MasukIDR 15K
Peta LokasiSonggokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Peta

Objek Wisata Air Terjun Coban Rais Batu

Air Terjun Coban Rais Batu
credit: plus.google.com

Coban Rais merupakan satu di antara banyaknya objek wisata alam di Batu yang berupa air terjun. Melalui tebing dengan kemiringan hampir 90 derajat, air di Coban Rais jatuh dari ketinggian 75 meter. Cocok bagi Anda yang gemar trekking, dari pintu masuk butuh berjalan kaki kurang lebih 1 jam untuk tiba di lokasinya.

Sebenarnya Coban Rais termasuk air terjun yang tersembunyi di balik perbukitan. Namun sejak 2016, beragam wisata bertema alam telah menghiasi pintu masuknya. Batu Flower Garden di Bukit Bulu salah satunya, yang di bawahnya juga ada Coban Putri. Selain itu, di sini juga ada tempat nongkrong, yakni Machete Cafe.

Tiket MasukIDR 10K
Peta LokasiOro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Peta

Tempat Rekreasi Selecta Kota Wisata Batu

Taman Rekreasi Selecta Kota Batu
credit: .angels., CC BY-ND 2.0

Terutama jika liburan kali ini dalam rangka wisata keluarga, pertimbangkanlah pergi ke Taman Rekreasi Selecta. Beragam wahana hiburan telah tersedia, termasuk kolam renang dan papan seluncuran. Tersedia juga wahana outbond/flying fox, dan taman yang indah dengan bunga-bunga beraneka bentuk dan ukuran.

Di Selecta, pastikan juga mengunjungi Puncak Selecta yang menyajikan pemandangan alam pegunungan Kota Wisata Batu yang indah menakjubkan. Selebihnya, taman hiburan ini juga memiliki pasar buah dan bunga. Di Selecta pengunjung juga bisa berwisata kuliner dengan mencicipi lezatnya kuliner Jawa Timuran.

Tiket MasukIDR 40K
Peta LokasiTulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Peta

Kawasan Wisata Alam Coban Talun Batu

Wana Wisata Coban Talun Kota Batu

Sebagai destinasi populer di Jawa Timur, Kota Batu Malang memperkaya setiap sudut alamnya dengan berbagai objek wisata pendukung. Demikian juga dengan Coban Talun yang berada di dekat Selecta. Air terjun ini memiliki tinggi sekira 75 meter dan udaranya sangat dingin karena berada di ketinggian 1000-an mdpl.

Selain menawarkan keindahan air terjun, di kawasan wisata Coban Talun terdapat kebun bunga yang dirancang sedemikian rupa. Lalu, ada kampung indian Apache dan penginapan unik bernama Pagupon Camp, wahana trail, ATV, adventure jeep. Serta, DAM Coban Talun yang terkenal dan memiliki wahana wisata tersendiri.

Tiket MasukIDR 15K
Peta LokasiTulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Peta

Pendakian Gunung Panderman Kota Batu

Wisata Alam Gunung Panderman Batu
credit: Arisdp, CC BY-SA 4.0

Untuk memaksimalkan wisata alam di Batu, bisa juga hiking ringan ke Gunung Panderman dengan ketinggian 2.045 mdpl. Disebut hiking ringan karena Batu sudah berada di ketinggian 1000-an mdpl. Gunung ini termasuk bagian Pengunungan Putri Tidur, bersama Gunung Kawi (2,551 mdpl) dan Gunung Butak (2.868 mdpl).

Jika berminat, Anda bisa memulai pendakian dari basecamp resminya yang juga sebagai basecamp pendakian Gunung Butak. Pendakian ini berdurasi sekitar 3 jam dengan melewati 3 pos sebelum tiba di puncaknya, Puncak Basundara. Puncaknya luas bisa untuk camping dengan view megahnya pegunungan Arjuna-Welirang.

SimaksiIDR 10K
BasecampSrebet, Pesanggrahan, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Peta

Kawasan Wisata Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo
credit: prayitnophotography, CC BY 2.0

Secara administratif Coban Rondo memang masuk wilayah Kabupaten Malang. Namun, karena lokasinya sangat dekat dengan Batu, air terjun ini lebih sering masuk dalam daftar objek wisata Kota Batu. Dengan ketinggian kurang lebih 80 meter, Coban Rondo merupakan wisata air terjun paling terkenal di Malang Raya.

Debit airnya sangatlah besar, bahkan bisa mencapai 150 liter per detik di musim penghujan. Tidak hanya air terjun, wisata Coban Rondo juga mencakup Taman Labirin yang terkenal karena desain dan keindahannya. Selain itu ada juga Cafe Daun Coklat, koleksi satwa dan tanaman obat, bumi perkemahan, dan lain-lain.

Tiket MasukIDR 15K
Peta LokasiKrajan, Pandesari, Kec. Pujon, Malang, Jawa Timur. Peta

Wisata Alam Kekinian di Goa Pinus Pujon

Tempat Wisata Goa Pinus Batu
credit: instagram.com/billaaaa__

Goa Pinus Batu atau yang juga terkenal dengan nama Goa Pinus Pujon termasuk destinasi wisata alam baru di daerah Batu. Salah satu tempat terbaik untuk selfie atau sekedar melarikan diri dari keramaian pusat wisata Batu. Lokasinya tidak jauh dari Paralayang, udaranya segar dan kaya spot foto instagramable.

Sesuai namanya, di sini terdapat sebuah goa bekas galian di masa penjajahan Jepang. Dalamnya hanya 5 meter dengan tinggi sekitar 1,5 meter. Namun, daya tarik tempat ini adalah pemandangan alamnya yang menakjubkan dengan sejumlah wahana dan spot foto dari sudut terbaik. Sajian sunsetnya pun istimewa.

Tiket MasukIDR 5K
Peta LokasiGunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Peta

Objek Wisata Alam Air Terjun Watu Ondo

Air Terjun Coban Watu Ondo Batu
credit: unsplash.com/@ybanezvijeysechanhamadi

Banyak pilihan wisata air terjun di daerah Batu. Bisa juga mengunjungi Coban Watu Ondo atau Coban Kembar Watu Ondo di TAHURA Raden Soerjo. Disebut kembar karena coban ini tidak hanya satu, melainkan ada dua dan saling berhadapan. Namun tingginya berbeda, yang satu hanya 15 meter dan satunya lagi 69 meter.

Adapun nama Watu Ondo merujuk pada anak tangga yang tertata rapi untuk mencapainya. Air terjun ini indah dengan suasana sejuk pegunungan. Sama seperti wisata alam di Batu, tidak jauh dari air terjun juga ada sejumlah spot selfie. Lokasinya di perbatasan Batu-Mojokerto, dekat Pemandian Air Panas Cangar.

Tiket MasukIDR 11K
Peta LokasiSumber Brantas, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Peta

Brakseng dan Mandi di Cangar Hot Spring

Objek Wisata Brakseng Cangar
credit: instagram.com/indraiswanto84

Puncak lanskap keindahan dan dinginnya udara di Batu Malang terletak di wilayah Bumiaji. Lebih tepatnya di wilayah Desa Sumber Brantas atau yang secara lokal bernama Jurang Kuali. Selain Air Terjun Watu Ondo, di desa ini juga terdapat objek wisata pemandian air panas Cangar atau Cangar Hot Spring yang legendaris.

Mandi dengan berendam air panas di Cangar bisa menjadi ide yang bagus, mengingat hawa dingin di desa tersebut. Selebihnya, baru-baru ini juga terdapat wisata Brakseng yang sedang hits. Puncak Brakseng menawarkan lanskap persawahan yang luar biasa berbenteng perbukitan. Datanglah, nikmati yang tersaji dan selfie.

Tiket MasukCangar: IDR 11K, Brakseng: Gratis
Peta LokasiSumber Brantas, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Peta

Mendaki ke Pegunungan Arjuno-Welirang

Wisata Alam Arjuno Welirang
credit: Ariel Faishal Lingga Putra, CC BY-NC-ND 2.0

Jika Anda suka mendaki gunung, Desa Sumber Brantas atau Jurang Kwali juga merupakan jalur alternatif pendakian Arjuno-Welirang. Lokasi perijinannya dekat Cangar Hot Spring. Butuh 4-5 jam mendaki ke tempat camping di Lembah Lengkean, durasi yang sama mendaki ke puncak Arjuno. Atau, 2-3 jam ke puncak Welirang

Gunung Arjuno yang memiliki ketinggian 3.339 mdpl adalah gunung tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Gunung Semeru. Sedangkan Gunung Welirang yang bersebelahan dengan Gunung Arjuno berketinggian 3.156 mdpl. Kedua gunung ini berada di satu punggungan dan termasuk tujuan pendakian populer di Jawa Timur.

SimaksiIDR 10K/mlm
BasecampSumber Brantas, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Peta

Demikian rekomendasi tempat wisata alam di Batu. Tentu, daftar spot wisata di atas belum mencakup semuanya. Selebihnya jika durasi liburan kali ini panjang, bisa juga pergi ke Pantai Terkenal di Malang atau Wisata di Gunung Bromo. Butuh penginapan di Batu? gunakan fitur menu Cari Hotel yang tersedia di sisi kanan.

0 Comments

Posting Komentar