Orchid Forest Cikole - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk, Jam Buka

Tiap orang menyukai panorama dan suasana alam, karena itu wisata alam selalu diminati. Di Bandung, salah satu destinasi wisata alam favorit adalah Lembang. Banyak pilihan objek wisata bertema alam di sana. Selain Terminal Wisata Grafika Cikole, ada juga Orchid Forest Cikole Lembang yang tak kalah populernya.

Orchid Forest Cikole Lembang
credit: unsplash.com/@sirthule

Wisata Orchid Forest di Lembang berlokasi di wilayah Genteng, Cikole, Lembang, Bandung Barat. Jika ada rencana liburan ke sana, Anda bisa mulai dengan berpetualang maya di sini. Temukan info fasilitas, daya tarik, rute lokasi, serta harga tiket masuk Orchid Forest Cikole Lembang melalui info wisata di bawah ini.

Daya Tarik Wisata Orchid Forest Lembang

Orchid Forest Lembang adalah objek wisata berupa taman anggrek yang diklaim sebagai yang terbesar di Indonesia. Dengan luas area mencapai 12 ha, terdapat lebih dari 157 jenis anggrek yang dibudidayakan di Orchid Cikole. Bibit bunga anggrek di sini, ada yang berasal dari Peru, Amerika Serikat, Venezuela, dll.

Dalam naungan pepohonan pinus nan rindang, lanskap alamnya sedap di mata dengan sejuk udara yang demikian terasa. Lengkap dengan sejumlah instalasi sarana dan spot foto yang instagenic. Karena desainnya yang aesthetic, Orchid Forest Lembang juga termasuk salah satu tempat yang instagramable di Bandung.

Berlokasi di hutan lindung Perhutani, Orchid Forest Cikole dengan baik memadukan unsur seni yang kekinian dengan potensi alam yang ada. Menjadi tempat wisata hits di Lembang karena ideal bagi siapa saja, termasuk wisata keluarga dan para milenial yang suka dengan spot-spot foto yang kekinian dan instagenic.

Harga Tiket Masuk Orchid Forest Cikole
credit: instagram.com/jing4ryant

Spot wahana Orchid Forest Cikole Lembang yang ikonik, salah satunya adalah Sky Bridge. Ini adalah jembatan gantung dengan panjang 50 meter, terbuat dari kayu dan tali tambang. Desain jembatannya berliku dengan beberapa pos perhentian. Ideal untuk spot foto, terlebih saat senja karena jembatan itu akan menyala.

Spot Sky Bridge juga mencakup rumah pohon yang juga menyala ketika malam tiba. Selain itu, ada Wooden Bridge yang aesthetic, serta spot-spot lain yang pastinya menarik. Semua yang ada terkesan romantis karena instalasi sarana di sepanjang Orchid Forest Lembang bisa menyala seiring senja mulai menjelang.

Wahana wisata lain di Orchid Forest adalah Amphitheater di lahan lapang di tengah hutan. Hadir dengan konsep berbeda, Amphitheater ini sering menjadi tempat pertunjukan konser atau festival musik. Selebihnya, Orchid Cikole juga punya Rabbit Forest, cocok untuk liburan keluarga bersama dengan anak-anak tercinta.

Fasilitas Wisata di Orchid Cikole Lembang
credit: instagram.com/andy_jenengku

Fasilitas, Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Fasilitas wisata Orchid Forest Cikole lengkap dan memadai. Untuk menjelajahinya terdapat trek khusus yang nyaman dan ada fitur untuk bersantai dan kulineran lengkap dengan bean bag. Lalu, tersedia pilihan camping ceria jika Anda ingin bermalam di alam terbuka. Selain itu, tempat juga memiliki cafe yang instagenik

Perlu diketahui, wisata Orchid Forest Cikole hanya punya satu jalur perjalanan. Karena itu pintu masuk dan keluarnya berbeda sehingga area parkir ada dua dan berjarak cukup jauh. Untuk mensiasati hal ini, di sini telah tersedia fasilitas shuttle. Selain itu, ada juga flying fox, play ground, food court, kuda tunggang, dll.

KeteranganHarga
Tiket Masuk Orchid ForestRp. 40.000
Sewa Perlengkapan PiknikRp. 40.000-50.000
Biaya Parkir KendaraanRp. 5.000-50.000
Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09:00 – 18:00
Note: harga tiket masuk Orchid Forest di Lembang Bandung yang tersebut dalam daftar di atas tidak selalu akurat dan bisa berubah sewaktu-waktu.
Jam Buka Orchid Cikole Lembang Bandung
credit: piqsels.com, CC0

Rute Lokasi Orchid Forest Cikole Lembang

Lokasi Orchid Forest berada di daerah Genteng, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jaraknya kurang lebih 20 kilometer dari Kota Bandung atau sekitar 1 jam durasi perjalanan berkendara. Kira-kira 10 kilometer dari Alun-Alun Lembang atau kurang lebih 20 menit durasi kendaraan bermotor.

Jika berkunjung ke sini usahakan menggunakan kendaraan pribadi, angkutan umum bisa namun harus berjalan cukup jauh. Lokasinya berjarak tidak terlalu jauh dari Terminal Wisata Grafika Cikole. Kurang lebih berjarak 2 kilometer setelah Grafika Cikole ke arah Gunung Tangkuban Perahu. Manfaatkan Peta Lokasi.