Grojogan Watu Purbo Yogyakarta - Fasilitas, Harga Tiket Masuk, Rute

Bagi traveler milenial, Jogja memiliki banyak opsi wisata kekinian yang instagenic. Dalam hal ini, pesona alam Jogja tetap menjadi latar yang sempurna. HeHa Ocean View misalnya, viral berkat lanskap pesisir yang mempesona. Tak hanya itu, kini juga ada wisata Grojogan Watu Purbo yang mulai viral di sosial media.

Grojogan Watu Purbo Yogyakarta
credit: instagram.com/uchenklandscape

Intinya, Yogyakarta punya segudang destinasi yang mampu menampung obsesi liburan tiap orang. Wisata air terjun Grojogan Watu Purbo bisa menjadi tujuan bagus kali ini. Anda bisa mengunjunginya di Bangunrejo, Merdikorejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta. Ketahui fasilitas dan harga tiketnya melalui info wisata berikut

Daya Tarik Grojogan Watu Purbo

Meski termasuk objek wisata Jogja yang viral baru-baru ini, Grojoan (air terjun) Watu Purbo adalah bagian dari proyek Merapi yang sudah ada sejak tahun 1975. Ini adalah sabo (dam) yang dibangun sebagai upaya menahan aliran lahar Merapi apabila suatu saat terjadi erupsi Gunung Merapi. Demikianlah fungsi awalnya.

Desain bendungan yang bertingkat mencipta lanskap yang memikat, harmoni dengan hijau alam di sekelilingnya. Pemandangan semakin indah di saat langit cerah menampilkan latar Gunung Merapi yang nampak gagah. Suasana yang menenangkan begitu terasa, sementara sejauh memandang alam memanjakan mata.

Grojogan Watu Purbo Bangunrejo memiliki 6 tingkat. Debit air terjunnya tidak besar namun terlihat indah karena melebar. Suasana alam nan romantis demikian terasa seiring air yang mengalir perlahan dan berjenjang. Panorama inilah daya tarik dan viral di kalangan milenial. Termasuk spot wisata instagramable di Jogja.

Dalam hal pariwisata, Grojogan Watu Purbo Jogja merupakan tempat wisata baru karena baru beroperasi akhir tahun 2020. Diresmikan Bupati Sleman, Sri Purnomo dan Ketua DPRD Sleman, Harry Sugiharta tanggal 21/11/2020. Peresmian wisata ditandai penandatanganan prasasti oleh Bupati dan Ketua DPRD Sleman.

Harga Tiket Masuk Grojogan Watu Purbo
credit: instagram.com/uchenklandscape

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Meski termasuk tempat wisata baru Jogja, di Grojogan Watu Purbo Bangunrejo sudah ada beberapa fasilitas wisata. Selain lahan parkir yang luas, di sini juga telah tersedia fasilitas ibadah berupa mushola. Untuk konsumsi pun sudah tersedia warung di lokasi. Selebihnya, ada beberapa spot foto dan spot memancing.

Untuk harga tiket masuk, sejauh ini tidak ada biaya retribusi. Kalaupun ada, hanya berupa donasi seikhlasnya. Di sini, pengunjung hanya perlu membayar tiket parkir. Sepeda Rp 2.000, kendaraan roda dua Rp 5.000, roda empat Rp 10.000. Tempat parkirnya sangat luas hingga bisa menampung bus, biaya parkir Rp 20.000.

Rute Lokasi Grojogan Watu Purbo Bangunrejo
credit: instagram.com/uchenklandscape

Rute Grojogan Watu Purba Jogja

Wisata Grojogan Watu Purbo beralamatkan di daerah Bangunrejo, Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusat Kota Jogja, lokasinya berjarak kurang lebih 22 kilometer atau sekira 1 jam durasi berkendara. Bisa menggunakan mobil maupun motor hingga ke tempat parkir.

Untuk rute dari pusat Kota Jogja bisa dimulai dengan perjalanan ke arah Ringroad Utara ke arah Jalan Raya Magelang. Selebihnya, untuk mempermudah menemukan objek wisata ini, Anda bisa manfaatkan bantuan Google Maps. Air terjun Grojogan Watu Purbo di Yogyakarta buka setiap hari mulai dari 07:00 hingga 17:00