Beranda
Destinasi Wisata
Pantai
Yogyakarta
Pantai Glagah Indah, Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk, Rute

Selain Gunungkidul, Kabupaten Kulon Progo juga turut memperkaya Jogja sebagai destinasi wisata pantai. Pantai Glagah Indah adalah salah satu yang paling terkenal dan termasuk primadona wisata di sana. Sobat bisa mengunjungi pantai ini di daerah Glagah, Temon, Kulon Progo, Yogyakarta.

Daya Tarik Pantai Glagah Indah

Pantai ini unik dengan laguna dan tetrapod atau pemecah ombak. Tetrapod mengisyaratkan ombaknya yang sangat besar. Ketika bulan baru, ombak ganas bergulung-gulung hebat untuk kemudian pecah menghantam tetrapod. Buih-buihnya berhamburan menciptakan hujan dadakan berair asin.

Laguna di Pantai Glagah sangat luas, indah, dan ideal untuk bermain air. Karena jauh dari karakter keras pantainya dan banyak opsi aktivitas, para wisatawan lebih banyak menghabiskan waktu di sini. Laguna sendiri adalah cekungan air mirip danau berair tenang yang tidak semua pantai memilikinya.

Sementara itu, pesisir pantai ini menawarkan hamparan pasir besi yang luas. Selain itu, di sini ada juga perkebunan buah naga. Secara keseluruhan, Glagah adalah pantai yang kaya dan indah, terlebih di saat-saat matahari terbenam. Suasana senja benar-benar mengagumkan dan sangat layak diabadikan.

Aktivitas Wisata di Pantai Glagah

Pantai Glagah Kulon Progo cocok bagi siapapun, termasuk wisata keluarga. Kebanyakan orang mungkin akan langsung menuju ke tetrapod untuk melihat laut lebih dekat. Jika datang di bulan baru atau ketika laut pasang. Anda bisa merasakan sensasi dihujani air laut hasil dari pemecah ombak yang ada.

Hanya saja, jangan sekali-kali punya ide berenang di pantai ini. Sejauh ini, Laguna tetap menjadi pilihan banyak orang untuk menghabiskan waktu di pantai ini. Sangat jauh dari citra ganas pantainya, laguna menawarkan suasana yang tenang dan nyaman sebagai tempat bermain dari segala usia.

Laguna Pantai Glagah Indah sangatlah luas dan indah. Menawarkan berbagai macam wahana tirta yang menarik. Ada perahu kayuh, kano, hingga sampan kecil yang bisa digunakan untuk mengarungi laguna. Apa saja yang tersaji di tempat ini sangat cocok bagi siapa saja, tidak terkecuali untuk anak-anak.

Memancing adalah aktivitas lain yang juga cukup digemari. Jika Anda menyukai hal itu, jangan lupa mencobanya. Area wisata lain yang juga diminati adalah di hamparan pasir besi yang luas. Di sana, siapa saja bisa menikmati petualangan berbeda dengan menaiki motorcross atau ATV yang tersedia.

Selebihnya, apabila energi dan durasi wisata kali ini mencukupi, bisa juga berkunjung ke perkebunan buah naga, semangka dan melon yang lokasinya tidak jauh dari kawasan pantai ini. Bersama dengan petani setempat, pengunjung bisa ikut serta memanen aneka buah-buahan untuk oleh-oleh.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Sebagai salah satu ikon pariwisata di Kabupaten Kulon Progo, Pantai Glagah Indah menawarkan beragam fasilitas wisata yang memadai. Lagunanya dilengkapi dengan beragam jenis perahu. Tersedia juga fasilitas berupa motorcross dan ATV bagi pengunjung yang ingin berkeliling di hamparan pasir pantai ini.

Fasilitas lain termasuk area parkir yang luas, tempat ibadah, tempat istirahat, toilet, serta rumah makan. Ada juga sejumlah penginapan atau hotel di dekat pantai ini. Atau, bisa juga camping. Tiket masuk Pantai Glagah Indah sangat murah. Berikut ini adalah rincian harga tiket beserta fasilitas yang tersedia :

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000
Parkir MotorRp 3.000
Parkir MobilRp 10.000
Parkir MinibusRp 15.000
Parkir Bus/trukRp 20.000
Perahu BebekRp 20.000
Perahu Wisata Dewasa/AnakRp 5.000
Perahu Wisata (Max 14 orang)Rp 80.000
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu

Lokasi dan Rute ke Pantai Glagah

Pantai ini berjarak sekitar 50 km dengan rute yang mudah dari Yogyakarta. Butuh kurang lebih 1,5 jam berkendara menuju Wates melalui Jalan Raya Wates. Lalu, ambil jalur utama ke arah Purworejo menuju Desa Glagah. Jika sudah memasuki Kota Wates ikuti petunjuk ke pantai ini. Lihat Peta Lokasi