Beranda
Daftar Menarik
Jawa Tengah
Magelang
Punthuk di Borobudur - 5 Spot Sunrise Tercantik di Borobudur

Punthuk di Borobudur Magelang. Sebagai mahakarya indah yang dikagumi dunia, Candi Borobudur memiliki semua syarat untuk memanjakan sisi estetis semua orang. Selain arsikteturnya mengagumkan, alam di sekitarnya pun indah menawan.

Lokasi candi yang berada di kawasan perbukitan, memungkinkan banyak sudut pandang untuk kita bisa menikmati keindahannya. Terutama saat matahari terbit. Pihak pengelola pun menyediakan tiket khusus untuk menikmati sunrise di Borobudur.

Hanya saja bagi sebagian orang, tiket sunrise Borobudur terlalu mahal, meski harganya sudah termasuk sarapan, snack dan suvenir. Untuk wisatawan domestik, harga tiketnya 350 ribu rupiah. Adapun untuk wisatawan mancanegara, 475 ribu rupiah.

Sebagai alternatif, terdapat beberapa punthuk di Borobudur yang juga menawarkan keindahan sunrise Borobudur dan alam di sekitarnya. Punthuk merupakan istilah lokal di Magelang untuk menyebut gundukan tanah atau bukit. Berikut daftarnya.

Punthuk Setumbu (Borobudur Nirvana Sunrise)

Dari sejumlah punthuk di Borobudur, Punthuk Setumbu bisa dikatakan sebagai yang terpopuler. Spot terbaik menikmati sunrise di Borobudur, selain di spot utamanya di kawasan Hotel Manohara di Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur.

Punthuk Setumbu yang disebut juga Borobudur Nirvana Sunrise, menawarkan lanskap pemandangan yang demikian elok. Khususnya, ketika kabut mulai terangkat seiring matahari beranjak naik dari balik gunung yang membentengi Magelang.

Berlatar Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, setiap mata di Punthuk Setumbu akan dimanjakan oleh megahnya Candi Borobudur yang berselimut lautan kabut. Jika ingin menikmatinya, Anda perlu tiba di puncaknya sebelum pukul 05.00 WIB.

Bukit setinggi 400 mdpl ini merupakan bagian dari Pegunungan Menoreh. Lokasinya tidak jauh dari Candi Borobudur. Secara administratif, Punthuk Setumbu berada di Dusun Kerahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang. Tiketnya Rp 15.000.

Lokasi: Kurahan, Karangrejo, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56553. Peta

Punthuk Purwosari (Sunrise Purwosari Hills)

Punthuk di Borobudur lain yang juga menawarkan keindahan matahari terbit adalah Punthuk Purwosari. Bukit yang dulunya bernama Bukit Cemuris Mas ini dikenal juga dengan nama Bukit Purwosari Borobudur atau Sunrise Purwosari Hills.

Datang dan jadilah satu di antara mereka yang beruntung. Menikmati sejuk pagi ketika sekujur pandangan hanya lanskap elok berseri. Putih kabut menyelimuti hijau, sebelum akhirnya gradasi warna alam menawarkan sentuhan kekuning-kuningan.

Waktu ideal pendakian adalah satu jam sebelum waktu matahari terbit. Atau, setidaknya pada waktu itu sudah sampai di area parkirnya. Sebelum mendaki, setiap pengunjung diharapkan mengisi buku tamu dan memberi sumbangan sukarela.

Punthuk ini bersebelahan dengan Punthuk Setumbu. Ada tiga cara untuk mencapainya. Melalui Punthuk Setumbu atau Gereja Ayam. Dan, yang terdekat adalah melalui pintu masuk utama di Dusun Wonotigo, Kembanglimus, Borobudur, Magelang.

Lokasi: Krahan, Kembanglimus, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56553. Peta

Punthuk Kendil (Punthuk Gupakan) Giritengah

Pilihan punthuk di Borobudur selanjutnya adalah Punthuk Kendil. Bukit yang berada di Dusun Kamal, Giritengah, Borobudur, Magelang ini dikenal juga dengan nama Punthuk Gupakan. Pertimbangkan juga untuk mengunjunginya.

Meski tak setenar Bukit Punthuk Setumbu, pemandangan matahari terbit dari bukit ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Tetap dengan lautan kabut yang mendominasi, panorama Borobudur berlatarbelakang pegunungan demikian menawan.

Dalam ketinggiannya, terlihat siluet Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di sisi timur. Begitu juga dengan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro di sisi barat, seolah membentengi dan melengkapi pemandangan Magelang yang Gemilang.

Melalui pengelolaan secara mandiri oleh penduduk setempat, Punthuk Kendil secara bertahap diperlengkap. Di lokasinya kini telah tersedia gazebo bambu, gardu pandang dan toilet. Harga tiket masuknya murah, sekitar 3 ribu rupiah.

Lokasi: Kamal, Giritengah, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56553. Peta

Punthuk Mongkrong (Tertinggi di Borobudur)

Jika pagi menawarkan bagaskara yang menawan, senja hadir dengan jejak matahari terbenam yang mengagumkan. Di sekitar Candi Borobudur, ada Punthuk Mongkrong yang mencoba menawarkan kemolekan sunrise dan sunset di satu tempat.

Dengan ketinggian yang mencapai 624 mdpl, Punthuk Mongkrong menjadi yang tertinggi di antara punthuk di Borobudur lainnya. Lokasinya masih berada di satu desa dengan Punthuk Kendil, yakni di Desa Giritengah, Borobudur, Magelang.

Sebagai yang tertinggi, Bukit Punthuk Mongkrong menawarkan sudut pandang lain dengan citarasa estetis sedikit berbeda. Panorama alam dari sini senantiasa indah sepanjang waktu, baik ketika matahari terbit maupun matahari terbenam.

Yang perlu diperhatikan adalah perjuangan dan nyali lebih jika ingin mengabadikan diri. Sejumlah spot selfie tersedia di puncaknya yang sempit dan langsung dikelilingi oleh jurang. Tiket masuknya Rp 3 ribu, parkir motor Rp 2 ribu.

Lokasi: Desa Giritengah, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56553. Peta

Punthuk Sukmojoyo Hills Giritengah Borobudur

Demi kepuasan kegembiraan diri, melakukan penjelajahan lebih adalah aktivitas yang musti dimaklumi. Mungkin sekaligus di satu waktu atau bisa juga di lain waktu. Semua orang bebas menentukan kadar gembiranya. Termasuk Anda!

Ini adalah Punthuk Sukmojoyo, salah satu varian punthuk di Borobudur. Jika berminat, sobat bisa menjadikannya satu paket perjalanan dengan Punthuk Mongkrong dan Punthuk Kendil. Lokasi ketiganya berada di satu desa, di Giritengah.

Atau, siapkan waktu khusus di lain hari agar bisa puas menikmati molek alam yang tersaji. Jika sebelumnya berkunjung ke Punthuk Mongkrong, dipercabangan jalan belok ke kanan untuk lanjut mendaki ke punthuk ini, Sukmojoyo Hill nama bekennya.

Perihal keindahan pemandangannya, semua punthuk menawarkan indah. Sebagai pembeda, Bukit Sukmojoyo memiliki varian lain untuk spot berswafoto. Ada gardu pohon, jembatan bambu, dinding hati dan bangunan seperti kapal. Tiketnya Rp 5.000.

Lokasi: Gintung, Giripurno, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56553. Peta