Crystal Bay Nusa Penida Bali - Daya Tarik Wisata, Fasilitas, dan Rute

Bali menyediakan berbagai tempat indah bagi siapa saja yang mengunjunginya. Tidak hanya di pulau utamanya, keindahan Bali juga tersebar hingga ke Nusa Penida. Pulau di sisi tenggara Bali ini perlahan tapi pasti menjadi jujugan turis mancanegara. Crystal Bay Nusa Penida termasuk daya tarik utama di sana.

Crystal Bay Nusa Penida Bali
credit: pixabay.com/max4ex

Jika ada rencana liburan ke Pulau Bali, jangan lupa mengunjungi Nusa Penida. Anda bisa menyeberang dari Sanur di Denpasar. Di pulau ini, setidaknya Anda akan mendapati Kelingking Beach yang spektakuler, Diamond Beach yang eksotik. Juga, Crystal Bay Beach Nusa Penida yang wajib masuk visit list Anda.

Daya Tarik Wisata Crystal Bay Beach

Nama Crystal Bay Beach adalah isyarat daya tarik pantai dengan perairan yang luar biasa beningnya. Bahkan saking jernihnya, apa yang tersaji di dalam terlihat jelas. Nampak indah dengan ragam terumbu karang menakjubkan dan ikan-ikan cantik. Berkat pesona bawah lautnya, pantai ini terkenal mendunia.

Air sebening kristal didukung ombaknya yang tenang. Sebagai pantai teluk, Crystal Bay Bali terlindung tebing karang sehingga ombak pun menjadi lebih bersahabat. Semakin tenang gelombang lautnya berkat keberadaan pulau di lepas pantainya. Intinya, Crystal Bay Beach sangat menakjubkan, luar maupun dalam.

Kondisi alam memungkinkan wisatawan bisa melakukan banyak hal menarik di Crystal Bay Beach Bali. Khususnya snorkeling dan scuba diving. Anda wajib mencoba karena di sini adalah spot diving terkenal Bali, selain Pantai Tulamben. Snorkeling di perairan dangkalnya dan kagumi apa yang ada di dalamnya.

Bisa juga jika ingin jauh menyelami laut. Diving, menjelajahi berbagai titik penyelaman dan mengagumi keragaman hayati yang ada. Sebagian spot diving di Crystal Bay Beach Nusa Penida juga menjadi tempat ikan mola-mola yang besar, tapi lucu karena bentuknya pipih. Jika beruntung, Anda bisa menjumpainya.

Selain mengagumi pesona bawah laut, Anda juga bisa melakukan banyak aktivitas di pasir pantainya yang terhampar memanjang sekitar 1 km. Bersantai menikmati suasana atau susur pantai. Atau, sewalah perahu dan memancing dari atas tebing. Lakukan apa saja dan bertahanlah hingga keindahan sunset menjelang.

Fasilitas Wisata di Crystal Bay Bali
credit: pixabay.com/max4ex

Fasilitas Wisata dan Opsi Akomodasi

Sebagai destinasi wisata terkenal, Crystal Bay Nusa Penida menawarkan berbagai fasilitas. Termasuk dalam hal ini penyewaan alat snorkeling dan diving sebagai aktivitas populer di pantai ini. Bahkan, di sinilah titik awal terbaik jika ingin berperahu ke Manta Bay untuk diving menyaksikan ikan pari Manta.

Di area pantai Crystal Bay juga ada fasilitas kursi santai lengkap dengan payung. Tersedia juga berbagai opsi bersantap dengan menu beragam, domestik maupun internasional. Untuk akomodasi, terdapat aneka jenis penginapan seperti hotel dan bungalow yang tersebar di sekitar pantai ini. Lihat hotel DI SINI.

Rute Lokasi Crystal Bay Nusa Penida Bali
credit: pixabay.com/max4ex

Rute Lokasi Crystal Bay Nusa Penida

Pantai Crystal Bay Bali berlokasi di Banjar Penida, Desa Sakti, Nusa Penida, Klungkung, Bali. Lihat Peta. Lokasinya berjarak sekitar 8 kilometer dari Pelabuhan Toya Pakeh atau sekitar 20 menit durasi berkendara dengan akses yang mudah. Banyak tersedia penyewaan sepeda motor dan mobil di kawasan Nusa Penida.

Sebelumnya, pastikan dulu Anda sudah di Nusa Penida. Jika belum, lakukan penyeberangan ke Nusa Penida dari Bali. Ada 3 opsi untuk menyeberang ke Nusa Penida, yakni naik kapal dari Pelabuhan Padang Bai, naik perahu tradisional dari Pantai Kusamba. Atau, naik fast boat dari Pelabuhan di Pantai Sanur Bali.

Sejauh ini rekomendasi terbaik adalah naik kapal cepat dari Pelabuhan Sanur. Biaya penyeberangan menggunakan fast boat berkisar IDR 100K - IDR 120K bergantung boat vendor yang digunakan. Ada 3 boat vendor di Sanur, yakni El Rey Junior, The Angkal dan Gogun Express. Berikut jadwal operasionalnya:

Boat VendorSanur - Nusa PenidaNusa Penida - Sanur
El Rey Junior08.00 AM, 10.45 AM, 03.00 PM09.15 AM, 12.15 AM, 05.00 PM
The Angkal08.15 AM dan 03.00 PM02.00 PM dan 04.00 PM
Gogun Express08.15 AM, 10.00 AM, 04.30 PM02.00 PM dan 04.00 PM