Beranda
Bandung
Ciwidey
Destinasi Wisata
Jawa Barat
Perkebunan Teh Rancabali - Daya Tarik, Fasilitas & Harga Tiket

Bandung terkenal dengan keindahan alamnya. Dalam hal ini, Ciwidey merupakan salah satu tujuan utama. Daya tariknya ada di Rancabali, yakni kecamatan hasil pemekaran wilayah Ciwidey. Di sanalah Perkebunan Teh Rancabali berada. Di sekitarnya juga banyak tempat wisata, termasuk Situ Patenggang yang melegenda.

Liburan ke Bandung, mengunjungi kebun teh di Rancabali Ciwidey adalah ide yang sempurna. Lokasinya berada di Patengan, Kecamatan Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Lebih detail mengenai daya tarik wisata, fasilitas, harga tiket masuk, dan rute Perkebunan Teh Rancabali Ciwidey, Anda bisa baca melalui info berikut ini.

Daya Tarik Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali Ciwidey termasuk ikonik mewakili indahnya pemandangan alam Bandung Selatan. Hamparan hijau terasering perkebunan teh nampak menawan di sejauh mata memandang. Udaranya sejuk, suasananya pun menenangkan. Tempat retreat terbaik untuk sejenak menjauhkan diri dari rutinitas harian.

Begitulah adanya, perkebunan teh yang telah ada sejak tahun 1870 ini selalu menakjubkan sejak awal sejarahnya. Aset Belanda ini telah mengalami nasionalisasi dalam pengelolaan PTPN VIII. Luas kebunnya mencapai 3.549 ha dengan elevasi 1.400-1.900 m dpl. Oleh karena itu udaranya pun sejuk, rata-rata 18-25 derajat celcius.

Selain kebermanfaatannya bagi pertanian, perkebunan teh di Rancabali juga merupakan objek wisata terkenal di Bandung. Destinasi andalan di Ciwidey bersama Situ Patenggang dan Ranca Walini Hot Spring yang berada di sekitarnya. Ideal bagi wisata keluarga, cocok juga bagi para milenial yang suka tempat instagramable.

Dalam nuansa sejuk dan indah pegunungan, wisatawan bisa melakukan banyak hal. Menjelajah alam sambil mencari spot foto seolah sudah mentradisi. Agar mendapat latar foto terbaik, datanglah ketika pagi atau sore hari. "Batu Gede" merupakan salah satu spot selfie favorit dan ikonik. Anda wajib mendatanginya.

Terkait penjelajahan, di Kebun Teh Rancabali juga ada kegiatan Tea Walk. Selain itu, di sini juga terdapat wisata edukasi teh dengan berkunjung ke Pabrik Teh Rancabali. Di sana, wisatawan akan melihat proses pengolahan teh secara langsung. Harga tiket masuk ke pabrik teh ini sangat murah, yakni hanya 5.000 rupiah.

Lebih dari itu, di Perkebunan Teh Rancabali Ciwidey juga terdapat beberapa wahana yang menarik. Ada flying fox dan permainan anak. Ada juga wahana baru yang bernama Golesat, yakni kereta beroda tiga dengan sirkuit khusus. Selebihnya, bisa juga ke Situ Patengan atau ke pemandian air panas Kawah Cibuni Rengganis.

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Dengan kawasan yang luas dan meliputi sejumlah tempat wisata, fasilitas Kebun Teh Rancabali umumnya tersebar di spot-spot wisata di sekitarnya. Fasilitas lengkap tersedia di Situ Patenggang. Toilet, lahan parkir, tempat ibadah, semuanya ada. Termasuk opsi tempat menginap berupa Glamping Lakeside Rancabali.

Di dekat danau juga ada tempat wisata kekinian bernama Teras Bintang. Untuk konsumsi, di sepanjang jalan Kebun Teh Rancabali Ciwidey banyak tersedia warung dan restoran. Begitu juga dengan penginapan, selain Glamping Lakeside, berbagai jenis vila dan cottage tersebar di sekitar lokasi. Lihat Hotel di Ciwidey.

KeteranganHarga
Tiket Kebun Teh RancabaliGratis
Tiket Danau Situ PatenggangRegulerRp 25.000
 TerusanRp 75.000
Tiket Masuk Pabrik Teh± Rp 5.000
Tiket Wisata Air Panas± Rp 5.000
Tiket Teras BintangRp 25.000
Tiket Jembatan PenisiRp 15.000
Tiket Golesat SirkuitRp 50.000
Parkir KendaraanRoda Dua± Rp 5.000
 Roda Empat± Rp 10.000
 Bus / Truk± Rp 25.000
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Lokasi Perkebunan Teh Rancabali

Lokasi kebun teh di Ciwidey berada di Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Dari Bandung, jaraknya kurang lebih 60 kilometer ke selatan. Banyak jalur untuk menuju kawasan Ciwidey. Dari Bandung maupun dari daerah lain, seperti Jakarta, setidaknya tersedia dua rute yang bisa Anda gunakan, sebagai berikut :

  • Rute pertama : Anda bisa menuju Cipularang dan masuk ke tol Kopo. Keluar dari tol tersebut, ambillah arah ke Soreang kemudian ke Ciwidey. Dari Ciwidey, jaraknya kurang lebih 16 kilometer dengan akses jalanan yang bagus dan mudah karena banyak petunjuk jalan.
  • Rute kedua : Menuju Cipularang untuk kemudian masuk tol Buah Batu dan mengikuti arah ke Banjaran. Dari Banjaran, terus ke Soreang dan Ciwidey. Dari Ciwidey, lanjutkan perjalanan ke Perkebunan Teh Rancabali Ciwidey dengan akses jalan yang mudah. Lihat Peta Lokasi