Air Terjun di Bangli Bali - 10 Air Terjun Cantik Yang Wajib Dikunjungi

Pulau Bali memang terkenal dengan wisata pantainya, sementara Bangli merupakan satu-satunya kabupaten yang tidak memiliki pantai di sana. Meski demikian, Bangli punya daya tarik tersendiri yang pastinya turut memperindah alam Bali. Selain Danau Batur yang menenangkan di Kintamani, banyak juga objek wisata alam berupa air terjun di Bangli.

Air Terjun di Bangli Bali
credit: unsplash.com/@filbertmang

Liburan ke Bali, pastikan juga menjelajahi objek wisata di Bangli. Maskot utamanya adalah Kintamani yang merupakan kawasan wisata alam terkenal di Bali. Terkhusus bagi sobat penyuka air terjun, selain di Buleleng, Bangli merupakan destinasi sempurna. Jadi, kini sudah diketahui daerah petualangan Anda. Segera berangkat, persiapkan semuanya.

Kabupaten Bangli mengoleksi banyak air terjun, sehingga Anda perlu memilih air terjun apa saja yang wajib dikunjungi. Untuk mempermudah pencarian, di sini telah ada 10 wisata air terjun yang kami rekomendasikan. Sebagian sudah terkenal di kalangan turis mancanegara. Jadi, segeralah tiba dan tunjukkan daftar kehadiran Anda, di sana.

Air Terjun Kuning Bangli Bali

Air Terjun Kuning Bangli Bali
credit: instagram.com/ekaandreyana

Indah alamnya memang menggoda, namun butuh stamina prima jika ingin mengunjunginya. Diberi nama Air Terjun Kuning, karena lokasinya berada di dusun Kuning. Dari ketinggian sekira 25 meter, airnya terjun bebas bak kapas. Terus berkelanjutan menebarkan putih, membasahi tebingnya yang menjulang elegan. Kolam alaminya tak begitu dalam, cocok untuk berendam.

Lokasi: Br. Kuning, Taman Bali, Kec. Bangli, Kab. Bangli, Bali. Peta
Tiket Masuk: Rp20.000 (orang)

Air Terjun Tukad Cepung Bali

Air Terjun Tukad Cepung Bali
credit: unsplash.com/@marcotjokro

Air terjun tentu identik dengan tebing yang menjulang, namun desain alam yang beraneka rupa selalu menciptakan pembeda. Air Terjun Tukad Cepung misalnya, menjulang namun di dalam goa. Inilah destinasi favorit terbaru di Bangli, salah satu yang terindah di Bali. Para travel fotografer dari berbagai belahan dunia sudah banyak yang mengabadikan eksotika alamnya.

Lokasi: Dusun Penida Kelod, Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali. Peta
Tiket Masuk: Rp15.000 (orang)

Wisata Air Terjun Desa Kutuh

Wisata Air Terjun Desa Kutuh
credit: instagram.com/okibhoga

Ini bukanlah sajian traveler manja. Berada di balik perbukitan dan lembah di Kintamani, air terjun di desa Kutuh ini pintar bersembunyi. Medannya menantang dan dibutuhkan trekking panjang, sekira 1 jam. Air terjunnya indah mengalir dalam 2 tingkat. Jika berminat, masih ada 2 air terjun lagi tidak jauh dari lokasi. Tak ada fasilitas apapun di sini, pastikan Anda membekali diri.

Lokasi: Desa Kutuh, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Peta
Tiket Masuk: -

Air Terjun Goa Raja Bangli Bali

Air Terjun Goa Raja Bangli Bali
credit: instagram.com/duke.u

Goa Raja hadir memadukan alam dan cagar budaya, yakni Candi Tebing yang diperkirakan telah ada sejak abad ke-11. Wisata air terjun ini baru diresmikan pada akhir 2019. Masih satu kecamatan dengan Tukad Cepung. Meski juga sama-sama menawarkan air terjun dan goa, desain alam keduanya berbeda. Gambar di atas sekiranya cukup menggambarkan pesonanya.

Lokasi: Desa Jehem, Kec. Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali. Peta
Tiket Masuk: donasi

Air Terjun Tukad Barong Bali

Air Terjun Tukad Barong Bali
credit: instagram.com/ssetiana

Masih di Tembuku, masih tentang tebing tinggi mirip goa. Kunjungilah Tukad Barong dengan trekking sekira 1 km melintasi tegalan warga. Menu pembukanya berupa jembatan alam dari jalinan akar pohon-pohon besar. Eksotika Tukad Barong akan memaksa siapapun kagum pada puluhan meter lorongnya yang gelap lembap, sebelum elegansi air terjunnya terlihat.

Lokasi: Br. umbalan, Yangapi, Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali. Peta
Tiket Masuk: donasi

Wisata Air Terjun Tibumana

Wisata Air Terjun Tibumana
credit: unsplash.com/@unefilleenvadrouille

Meski hanya 20an meter tingginya, tebing Air Terjun Tibumana melingkar indah berhias hijau tetumbuhan menyelimutinya. Ketika debit air membesar, airny terjun terbagi menjadi dua. Itulah mengapa Tibumana sering disebut sebagai air terjun kembar. Meski lokasinya cukup tersembunyi, akses jalan bagus, fasilitasnya pun memadai. Ada sejumlah gazebo di sekitar lokasi.

Lokasi: Desa Apuan, Kec. Susut, Kabupaten Bangli, Bali. Peta
Tiket Masuk: Rp15.000 (orang)

Air Terjun Pengibul Bangli Bali

Air Terjun Pengibul Bangli Bali
credit: unsplash.com/@filbertmang

Pengibul adalah air terjun Bangli berikutnya. Tidak terlalu tinggi, namun mempesona dengan tingkatan terbagi menjadi dua. Air terjun yang pertama mengucur setinggi 15an meter. Kolam penampungan air di bawahnya meluber mencipta air terjun kedua, lebih rendah namun melebar. Air Terjun Pengibul bertetangga dengan Air Terjun Tibumana, kurang lebih 1 km jaraknya.

Lokasi: Desa Apuan, Kec. Susut, Kabupaten Bangli, Bali. Peta
Tiket Masuk: Rp5.000 (parkir)

Air Terjun Tukad Krisik Bangli

Lagi-lagi Tembuku, masih juga tentang dominasi tebing batu. Juga mencipta seperti lorong goa, namun lebih terbuka. Selamat datang di Air Terjun Tukad Krisik, pendatang baru yang eksotik. Airnya terjun setinggi 20 meteran di antara tebing yang menjulang mengapit. Baru diresmikan 2018 yang lalu, secara bertahap terus di tata, siapa tahu nanti jadi primadona wisata.

Lokasi: Tembuku Kelod, Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali. Peta
Tiket Masuk: donasi

Wisata Air Terjun Langgahan

Wisata Air Terjun Langgahan
credit: instagram.com/dheartha_

Air terjun di Desa Langgahan mencoba memberi citarasa berbeda. Mata airnya yang tersebar di beberapa titik, mengalirkan airnya menuruni tebing yang miring landai. Air menyebar dan mengikuti bentuk batuan tebingnya, sebelum kemudian tiba di kolam penampungan alaminya. Masih sepi dan tersembunyi, namun mudah diakses, bisa dijangkau roda empat dan roda dua.

Lokasi: Langgahan, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Peta
Tiket Masuk: donasi

Goa Giri Campuhan GGC Bali

Goa Giri Campuhan GGC Bali
credit: instagram.com/dhanicerubak

Penghujung daftar wisata air terjun di Bangli, masih diisi oleh air terjun di daerah Tembuku. Goa Giri Campuhan (GGC) nama populernya. Masih satu desa dengan Air Terjun Tukad Krisik. Pemandangan persawahan menjadi pengantar ke pintu gerbang, berupa goa, kira-kira 30 meter panjangnya. Ada tiga varian air terjun di sini. Jadi, silahkan dinikmati dan dikagumi.

Lokasi: Pekraman Tembuku Kelod, Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali. Peta
Tiket Masuk: donasi

Bagaimana? tertarik mengunjungi satu atau dua air terjun di Kabupaten Bangli di atas? air terjun apa saja yang masuk dalam daftar utama petualangan Anda? semuanya? keren! pasti butuh durasi wisata berlebih untuk merealisasikannya. Masih belum juga cukup? bagaimana kalau menjelajahi alam Gianyar? jika berminat, lihat juga daftar Air Terjun di Gianyar Bali.