Tumpeng Menoreh Jogja - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk, Rute

Sebagai destinasi liburan terkenal di Indonesia, selalu ada tempat menarik di Yogyakarta. Kalau Anda suka alam, Grojogan Watu Purbo termasuk opsi wisata baru di sana. Lalu ada juga Obelix Hills, wisata kekinian berlatarkan pemandangan nan indah. Selain itu, ada Tumpeng Menoreh Jogja yang tak kalah menariknya.

Tumpeng Menoreh Jogja
credit: instagram.com/aryawiznu

Pastikan saja rencana wisata ke Jogja kali ini jadi. Memulai dari Tumpeng Menoreh Kulon Progo bisa jadi ide yang bagus. Tempat ini berlokasi di wilayah Kebun Teh Nglinggo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Baca ulasan di bawah ini untuk mengetahui daya tarik, fasilitas, rute, serta harga tiket Tumpeng Menoreh.

Daya Tarik Wisata Tumpeng Menoreh Jogja

Tumpeng Menoreh Jogja merupakan tempat wisata baru sebagai salah satu daya tarik utama Desa Wisata Nglinggo. Menariknya, area wisata Nglinggo ini tidaklah terbatasi oleh wilayah administratif. Lokasinya di tiga kabupaten sekaligus, yakni Magelang, Kulon Progo, dan Purworejo atau yang disingkat Gelangprojo.

Inisiator wisata Gelangprojo adalah Erix Soekamti, salah satu personel dari grup band Endank Soekamti. Wisata Gelang Projo tidak hanya menawarkan wisata alam yang berbasis budaya. Di sini terdapat zona entertainment, glamping, wisata kuliner, hingga wisata edukasi hasil pertanian dari masyarakat setempat.

Tumpeng Menoreh adalah daya tarik wisata andalan di Gelang Projo yang hadir sebagai destinasi wisata kuliner. Menariknya, tempat ini berada di ketinggian 1000 mdpl dengan pemandangan nan menakjubkan dari Pegunungan Menoreh. Di sinilah spot sunrise terbaik, selain beberapa wisata Punthuk di Borobudur.

Selain punthuk (bukit) yang menjadi bagian dari Pegunungan Menoreh, di Tumpeng Menoreh Jogja Anda bisa menyaksikan keindahan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing di kejauhan. Termasuk juga Candi Borobudur. Terkait namanya, istilah Tumpeng merujuk desain bangunan yang mirip nasi tumpeng Jawa.

Dengan lanskap yang indah, Tumpeng Menoreh Kulon Progo termasuk objek wisata viral dan hits sebagai tempat nongkrong di kalangan milenial. Tidak hanya sunrise, panorama sunset juga sangat indah. Di sini, Anda bisa ngopi sambil menikmati kuliner tradisional khas masyarakat setempat, seperti gudeg, pecel, dll.

Sebagai bagian kawasan Gelangprojo, wisata Tumpeng Menoreh Kulon Progo juga berdekatan dengan beberapa objek wisata alam lainnya. Apabila durasi liburan kali ini panjang, Anda bisa mampir menikmati sejuknya udara di Kebun Teh Nglinggo, melebar ke Puncak Widosari, atau Pule Payung yang instagenic.

Fasilitas Wisata Tumpeng Menoreh Magelang
credit: instagram.com/aryawiznu

Fasilitas Wisata, Jam Buka, dan Harga Tiket

Tumpeng Menoreh Jogja adalah restoran sekaligus gardu pandang dengan sejumlah spot foto. Bahkan, tiap sudutnya bisa menjadi spot selfie karena desain bangunannya heksagonal bertingkat dengan atap yang terbuka. Fasilitas umum juga memadai meliputi mushola, lahan parkir yang luas, kamar mandi, dll.

Wisata Tumpeng Menoreh Kulon Progo terbuka setiap hari selama 24 jam. Wisatawan bisa berkunjung ke sini kapan pun. Anda bisa mengkondisikan kunjungan agar bisa menikmati pemandangan matahari terbit atau matahari terbenam. Berapa harga tiket Tumpeng Menoreh Jogja? IDR 50K (HTM + voucher makan).

Harga Tiket Tumpeng Menoreh Kulon Progo
credit: instagram.com/aryawiznu

Rute Lokasi Tumpeng Menoreh Kulon Progo

Karena wisata Gelang Projo juga mencakup Magelang, banyak yang menyebut tempat wisata ini Tumpeng Menoreh Magelang. Tapi karena aksesnya ekstrem, tidak disarankan memakai rute dari Magelang. Pintu masuk utamanya di Jl. Kebun Teh Nglinggo, Plono Timur, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

Dari pusat Yogyakarta, wisata Tumpeng Menoreh Kulon Progo berjarak kurang lebih 35 kilometer atau 1 jam berkendara. Anda bisa memulai dengan menuju ke Ring Road Barat hingga perempatan Nanggulan. Lalu lanjut hingga di perempatan Dekso dan belok kiri memasuki jalanan perbukitan yang berkelok-kelok.

Ikuti jalan tersebut sejauh kurang lebih 14 kilometer sampai menemukan gapura Nglinggo-Tritis. Beloklah ke kanan menuju kawasan Kebun Teh Nglinggo. Pintu masuk ke Tumpeng Menoreh bisa Anda temukan di sebelah kiri jalan. Untuk mempermudah perjalanan, manfaatkan peta lokasi objek wisata ini, DI SINI.