Air Terjun Sipiso-piso Sumut - Fasilitas Wisata, Harga Tiket, dan Rute

Sebagai danau terbesar di Indonesia, wilayah Danau Toba meliputi 7 kabupaten di Sumatra Utara. Aneka opsi wisata alam tersebar di sekitar danau tersebut. Selain Bukit Holbung di Samosir, di dekat Danau Toba juga ada Air Terjun Sipiso-piso. Salah satu air tertinggi di Indonesia yang berlokasi di Kabupaten Karo.

Air Terjun Sipiso-piso Karo Sumatera Utara
credit: instagram.com/idvoyager

Jika punya rencana wisata ke Danau Toba, masukkan Air Terjun Sipiso Piso dalam daftar kunjungan Anda. Lokasinya berada di daerah Desa Tongging, Merek, Karo, Sumatera Utara (Sumut). Mengenai daya tarik wisata, fasilitas, rute lokasi, dan harga tiket masuk Air Terjun Sipiso-piso Sumut, bacalah ulasan berikut ini.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Sipiso Piso

Air Terjun Sipiso-piso adalah air terjun bertipe plunge. Aliran yang deras jatuh secara vertikal sempurna. Sipiso Piso masuk dalam daftar air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 120 meter. Lokasinya berada di dataran tinggi, lebih dari 1000 mdpl, menempati tepian kaldera raksasa Danau Toba.

Aliran airnya berasal dari Sungai Pajanabolon, salah satu sungai penyuplai air Danau Toba. Sungai bawah tanah tersebut mengalir di goa sempit sehingga air yang keluar sangat deras. Terkait namanya, Sipisopiso merujuk pada "piso" yang berarti pisau, karena dari kejauhan air yang terjun terlihat sekilas seperti pisau.

Sementara itu, Sipisopiso juga menjadi nama gunung di sisi timur laut Air Terjun Sipisopiso. Terlepas dari asal-usul namanya, air terjun ini adalah objek wisata terkenal dan salah satu destinasi andalan di Provinsi Sumatera Utara. Termasuk tujuan terfavorit wisatawan, melengkapi liburan mereka di Danau Toba.

Benteng tebing yang terlihat demikian megah dan air yang jatuh dengan indah menjadi daya tarik utama Air Terjun Sipiso-piso. Terdapat gardu pandang di puncak bukit, tempat terbaik menikmati pemandangan. Tidak hanya panorama Air Terjun Sipisopiso, tapi juga Danau Toba dengan Pulau Samosir di bagian tengahnya.

Gardu pandang menjadi spot favorit bagi siapa saja, termasuk wisatawan yang tidak mau berjalan jauh agar bisa lebih dekat dengan air terjun. Pasalnya untuk mencapai dasar, pengunjung harus menuruni bukit curam. Trekking melewati ratusan anak tangga dalam durasi kurang lebih 45 menit hingga 1 jam.

Fasilitas Wisata Sipiso Piso Waterfall Sumut
credit: unsplash.com/@leosagala_

Mencapai dasar Air Terjun Sipiso-piso adalah ide bagus demi memaksimalkan wisata. Berjalan menyusuri punggungan bukit mungkin melelahkan, tapi indahnya pemandangan senantiasa menemani sepanjang jalan. Pastikan sudah menyiapkan kamera karena sangat banyak spot foto yang sedap dipandang mata.

Segala bentuk kelelahan terbayar lunas ketika Anda mencapai dasar Air Terjun Sipiso-piso. Gemuruh air yang jatuh bak kapas mengisyaratkan kedamaian yang menenangkan. Latarbelakang kemegahan tebing menjulang begitu menakjubkan dalam balutan selimut hijau tetumbuhan. Nikmatilah dan bersyukurlah!

Fasilitas Wisata, Harga Tiket, Jam Buka

Sebagai tempat wisata terkenal di Sumatera Utara, fasilitas wisata Air Terjun Sipiso-piso cukup lengkap dan memadai. Lahan parkir tersedia tidak jauh dari gardu pandang di puncak bukit. Selain itu, ada juga sejumlah warung makanan dan toko suvenir atau oleh-oleh khas di kawasan wisata Sipiso-piso Waterfall.

Apabila butuh tempat menginap, Anda bisa menemukan berbagai jenis penginapan di Desa Tongging dan Desa Kabanjahe. Walau tetap perlu hati-hati, akses anak tangga menuruni bukit ke dasar Air Terjun Sipisopiso cukup bagus. Lalu, berapa harga tiket masuk Air Terjun Sipiso-piso? IDR 5K dan biaya parkir IDR 5 K.

Jam Buka Wisata Air Terjun Sipiso Piso: setiap hari, 24 jam
Harga Tiket Air Terjun Sipisopiso Sumatra Utara
credit: instagram.com/aryawiznu

Rute Lokasi Air Terjun Sipiso-piso Karo

Lokasi Air Terjun Sipiso-piso terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Anda bisa mencapai kawasan wisata Sipiso Piso dengan angkutan umum. Rute dari Kota Medan, naik bus ke Kota Kabanjahe dalam durasi kurang lebih 2 jam menempuh jarak perjalanan sekitar 75 kilometer.

Jarak Kota Kabanjahe ke Sipisopiso masih 27 kilometer. Di kota tersebut, Anda bisa naik angkutan umum dengan jurusan Merek kemudian naik bentor menuju ke lokasi. Apabila datang bersama rombongan lebih baik sewa mobil dengan driver di Kota Medan, harga sewanya berkisar IDR 400K-500K. Lihat Peta Lokasi