Tirta Buana Waterfall Bali - Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket dan Rute

Buleleng merupakan destinasi terbaik di Bali bagi wisatawan yang menyukai nuansa alam pegunungan. Danau Tamblingan dan Danau Buyan yang tenang berada di areanya. Puluhan air terjun indah tersebar acak di sana. Objek wisata Tirta Buana Waterfall termasuk satu yang baru, yang pastinya wajib Anda tuju.

Tirta Buana Waterfall Buleleng Bali
credit: instagram.com/dheartha_

Bila memang tertarik mengunjungi Air Terjun Tirta Buana Bali, Anda bisa menuju ke Desa Pegadungan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Untuk memperkaya informasi mengenai daya tarik wisata, harga tiket masuk, fasilitas, serta rute ke lokasi air terjun ini, bacalah ulasannya di bawah ini.

Daya Tarik Air Terjun Tirta Buana Buleleng

Tirta Buana Waterfall adalah tempat wisata baru di Bali. Meski baru diresmikan sekitar akhir tahun 2018, air terjun ini memiliki potensi yang menjanjikan berkat daya tarik alam yang menakjubkan. Alhasil, Tirta Buana pun mulai menjadi tujuan favorit bagi wisatawan di Bali, termasuk di kalangan turis mancanegara.

Suasananya asri dengan udara yang sejuk. Airnya yang jernih jatuh melebar dari ketinggian kurang lebih 15 meter. Menariknya, wisata Air Terjun Tirta Buana di Buleleng merupakan spring waterfall karena airnya keluar langsung dari mata air. Tak hanya satu, melainkan berasal dari tiga sumber mata air yang berbeda.

Karena itu, air di Tirta Buana Waterfall benar-benar sangat jernih. Airnya jatuh tertampung di kolam yang tak begitu dalam, hanya sebatas leher kepala orang dewasa. Kolam tersebut memiliki tembok pembatas, sehingga para pengunjung bisa bermain air, berendam, dan berenang dengan aman dan menyenangkan.

Objek wisata yang berada dalam pengelolaan Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) ini dulu difungsikan sebagai PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Namun, fungsi tersebut hanya bertahan sampai tahun 2015 lantaran terkendala dana. Nama Tirta Buana mengisyaratkan bahwa airnya langsung berasal dari bumi.

Main air dan berenang di kolam yang jernih menjadi kegiatan wajib favorit wisatawan. Sekedar bersantai menikmati suasana dan indahnya pemandangan juga sangat menyenangkan. Khususnya bagi penggemar landscape photography ataupun para pecinta foto selfie, banyak sekali spot foto yang layak diabadikan.

Fasilitas Wisata Tirta Buana Waterfall Bali
credit: unsplash.com/@tales_of_light

Fasilitas, Harga Tiket Masuk, dan Jam Buka

Meski terbilang tempat wisata baru di Buleleng, Tirta Buana Waterfall telah mempunyai sejumlah fasilitas atau sarana pendukung yang lumayan lengkap dan memadai. Selain lahan untuk parkir mobil dan motor, serta akses jalan yang baik, pihak pengelola juga sudah menyediakan toilet atau kamar ganti pakaian.

Di areanya juga sudah ada sejumlah spot foto selfie, tempat sampah dan tempat istirahat atau bersantai. Untuk tempat menginap dan tempat makan, beberapa warung dan penginapan tidak terlalu jauh dari lokasi wisata. Harga tiket masuk Tirta Buana Waterfall sebesar IDR 10K dan parkir kurang lebih IDR 2K-5K.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tirta Buana Bali
credit: instagram.com/idvoyager

Rute ke Lokasi Tirta Buana Waterfall di Bali

Air Terjun Tirta Buana berlokasi di Tempek Panti, Banjar Dinas Batudinding, Desa Pegadungan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Sekira 45-50 menit berkendara jika berangkat dari Singaraja. Anda bisa melalui Jalan Raya Singaraja-Bedugul dan belok kiri di persimpangan KM 18. Lihat Peta Lokasi

Belok di persimpangan tersebut mengarah ke Desa Lemukih. Perjalanan ini akan mengantar Anda masuk wilayah Desa Pegadungan. Apabila telah menemukan baliho besar Tirta Buana Waterfall di tepi jalan, ikuti petunjuk jalan. Akses ke tempat parkir bisa dilalui mobil dan motor. Dari sini air terjun berjarak 200 meter.