Air Terjun di Bali, 15 Spot Wisata Air Terjun Paling Indah di Pulau Bali

Alam telah sedemikian rupa membentuk Pulau Bali. Batas darat dan lautnya mengoleksi jajaran pantai indah yang terkenal dan mendunia. Selain itu, setidaknya empat danau menghiasi alam pegunungannya. Bagaimana dengan wisata air terjun di Bali? sangat banyak, tersebar acak di masing-masing wilayahnya.

Air Terjun di Bali
credit: Michael Matti, CC BY-NC-ND 2.0

Anda suka wisata air terjun, dan ingin menjelajahi air terjun yang ada di Pulau Bali? itu adalah ide bagus! Karena jumlahnya puluhan, Anda perlu memfilter tujuan. Di bawah ini adalah daftar rekomendasi wisata air terjun di Pulau Bali. Tidak mencakup semuanya, hanya 15 air terjun yang terindah dan terkenal di sana.

Air Terjun Nungnung di Badung

Air Terjun Nungnung di Badung
credit: unsplash.com/@spensersembrat

Mengawali daftar air terjun Bali, Air Terjun Nungnung adalah satu yang terkenal di kalangan wisatawan. Setidaknya sejak tahun 1996 telah resmi menjadi tujuan wisata alam sehingga fasilitasnya cukup lengkap. Dengan ketinggian kurang lebih 50 meter, objek wisata air terjun ini termasuk yang tertinggi di Pulau Bali.

HTM: IDR 10K
Lokasi: Pelaga, Kec. Petang, Kab. Badung, Bali

Banyu Wana Amertha Waterfall

Banyu Wana Amertha Waterfall
credit: instagram.com/dheartha_

Tak jauh dari Danau Buyan, Anda bisa mendapati wisata Banyu Wana Amertha Waterfall yang menawan. Airnya jatuh seperti tirai mengikuti alur tebingnya yang berundak-undak. Terdapat empat air terjun di sini, semuanya cantik dan khas. Meskipun terbilang objek wisata baru di Bali, fasilitas cukup lengkap memadai.

HTM: IDR 20K
Lokasi: Wanagiri, Sukasada, Buleleng, Bali

Air Terjun Banyumala Buleleng

Air Terjun Banyumala Buleleng
credit: Made agus devayana, CC BY-SA 4.0, cropped

Air Terjun Banyumala berada di desa yang sama dengan Banyu Wana Amertha. Sangat indah dan sejuk suasananya. Berkat keindahan alamnya, air terjun ini sering kali jadi objek fotografi. Berendam di kolam alaminya adalah aktivitas yang menyenangkan. Nikmatilah kesegaran airnya dan kagumi indah alamnya.

HTM: IDR 20K
Lokasi: Wanagiri, Sukasada, Buleleng, Bali.

Air Terjun Tukad Cepung Bangli

Air Terjun Tukad Cepung Bangli
credit: unsplash.com/@marcotjokro

Wisata air terjun di Bali berikutnya adalah Air Terjun Tukad Cepung. Salah satu tempat wisata alam paling populer. Juga, air terjun terindah di Bali. Lanskapnya unik dan eksotis karena seolah berada dalam goa. Ini adalah tempat wisata baru di Kabupaten Bangli, tapi menjadi destinasi favorit di kalangan wisatawan Bali.

HTM: IDR 15K
Lokasi: Penida Kelod, Tembuku, Bangli, Bali

Aling-Aling Waterfall Buleleng

Aling-Aling Waterfall Buleleng
credit: instagram.com/aryawiznu

Air Terjun Aling-Aling juga termasuk air terjun populer di Bali. Setidaknya ada empat air terjun di areanya. Selain Air Terjun Aling-Aling, ada juga Air Terjun Kroya, Kembar, dan Pucuk. Selain pemandangan alamnya, tempat wisata ini terkenal sebagai spot sliding dan jumping. Fasilitas wisatanya saat ini semakin memadai.

HTM: IDR 20K-125K
Lokasi: Sambangan, Sukasada, Buleleng, Bali

Air Terjun Tibumana Bangli Bali

Air Terjun Tibumana Bangli Bali
credit: unsplash.com/@unefilleenvadrouille

Tak hanya Tukad Cepung Waterfall, Air Terjun Tibumana juga kerap menjadi jujugan traveler mancanegara di Bangli. Meski tidak tinggi, air terjun ini memiliki pemandangan yang sedap di mata. Ketika debit besar, airnya jatuh terbagi dua. Karena itu, sering disebut air terjun kembar. Suasananya asri, fasilitas memadai.

HTM: IDR 10K
Lokasi: Desa Apuan, Susut, Kab. Bangli, Bali

Air Terjun Sekumpul di Buleleng

Air Terjun Sekumpul di Buleleng
credit: unsplash.com/@yvettelouise

Air Terjun Sekumpul termasuk primadona air terjun Bali. Salah satu yang terindah, tertinggi, serta paling populer dalam peta pariwisata Bali. Kompleks air terjun ini terkenal dengan istilah "Seven Point Waterfalls" karena mencakup 7 air terjun yang tersebar acak. Sekumpul Waterfall adalah yang paling terkenal di sana.

HTM: IDR 10K
Lokasi: Sekumpul/Lemukih, Sawan, Buleleng, Bali

Wisata Air Terjun Bandung Bali

Wisata Air Terjun Bandung Bali
credit: instagram.com/karto_misterius

Air Terjun Bandung merupakan objek wisata alam baru yang indah yang hari demi hari terus berbenah. Sangat baru, karena baru buka pada kisaran awal 2019 yang lalu. Air terjun di Gianyar ini sangat eksotis dengan kolam berkedalaman 3 meter. Bermain air dan berenang adalah aktivitas menarik di air terjun ini.

HTM: donasi
Lokasi: Siangan, Kec Gianyar, Kab. Gianyar, Bali

Air Terjun Tirta Buana Buleleng

Air Terjun Tirta Buana Buleleng
credit: unsplash.com/@tales_of_light

Air Terjun Tirta Buana adalah spring waterfall nan cantik yang berasal dari tiga sumber mata air. Airnya yang begitu jernih jatuh ke kolam berkedalaman sebatas leher orang dewasa. Tempat wisata alam ini masih sangat baru yang resmi dibuka pada kisaran awal tahun 2019. Dulunya berfungsi sebagai PLTA.

HTM: donasi
Lokasi: Siangan, Kec Gianyar, Kab. Gianyar, Bali

Air Terjun Tegenungan Gianyar

Air Terjun Tegenungan Gianyar
credit: unsplash.com/@jamie_fenn

Jika Anda mencari air terjun yang terkenal di Bali, Tegenungan Waterfall adalah satu di antaranya. Tujuan favorit bagi siapapun yang berlibur ke Bali. Sebagai destinasi wisata alam terkenal di Gianyar, Air Terjun Tegenungan punya fasilitas wisata yang lengkap. Di sini ada wahana swing dan sejumlah spot foto selfie.

HTM: IDR 20K
Lokasi: Kemenuh, Sukawati, Kab. Gianyar, Bali

Leke-Leke Waterfall di Tabanan

Leke-Leke Waterfall di Tabanan
credit: unsplash.com/@creati8e

Jika sobat adalah traveler petualang yang suka tantangan, Air Terjun Leke-Leke adalah sajian alam untuk pengalaman wisata yang berkesan. Salah satu wisata air terjun tersembunyi di Tabanan dengan ketinggian sekitar 30 meter. Nuansa sejuk demikian mendominasi alamnya karena sangat rimbun oleh tetumbuhan.

HTM: donasi
Lokasi: Desa Antapan, Baturiti, Tabanan, Bali

Air Terjun Kanto Lampo Gianyar

Air Terjun Kanto Lampo Gianyar
credit: unsplash.com/@giulianodipaolo

Rekomendasi wisata air terjun di Bali selanjutnya adalah Kanto Lampo Waterfall. Airnya jatuh dari tebing batu berundak cukup tinggi dan lebar. Meskipun tergolong air terjun musiman, Kanto Lampo merupakan spot populer bagi para pecinta fotografi, sangat ideal juga bagi penggemar spot-spot foto instagramable.

HTM: IDR 20K
Lokasi: Beng, Kec. Gianyar, Kab. Gianyar, Bali

Padangbulia Waterfall Buleleng

Padangbulia Waterfall Buleleng
credit: instagram.com/gammarizaldy

Dengan ketinggian sekitar 35 meter, inilah Air Terjun Wana Ayu. Salah satu koleksi air terjun di Buleleng Bali yang juga kerap disebut Air Terjun Padangbulia. Nama yang terakhir ini merujuk pada nama desanya. Meskipun dekat dengan perkampungan, medannya terjal dan butuh fisik prima untuk mengunjunginya.

HTM: donasi
Lokasi: Padangbulia, Sukasada, Buleleng, Bali

Air Terjun Jembong Ambengan

Air Terjun Jembong Ambengan
credit: instagram.com/dheartha_

Karena berada di Desa Ambengan, banyak yang menyebutnya Air Terjun Jembong Ambengan. Air terjun ini unik dengan dua tingkat. Airnya jatuh secara bertahap melalui batu-batuan tebing yang tertata acak. Di sini ada beberapa kolam yang ukurannya beragam. Ada juga wahana flying fox dan taman yang cantik.

HTM: IDR 5K-30K
Lokasi: Ambengan, Sukasada, Buleleng, Bali

Air Terjun Munduk Buleleng Bali

Air Terjun Munduk Buleleng Bali
credit: unsplash.com/@levim

Air Terjun Munduk telah dikembangkan sebagai tempat wisata sejak zaman kolonial. Lokasinya berada di tengah pegunungan, setidaknya perlu trekking sejauh 500 meter untuk mencapainya. Air terjunnya begitu indah menenangkan berselimut tanaman rambat di tebingnya yang berketinggian kurang lebih 40 meter.

HTM: IDR 20K
Lokasi: Desa Munduk, Banjar, Buleleng, Bali

Demikian daftar rekomendasi wisata air terjun yang ada di Pulau Bali. Karena sebagian besar wilayahnya merupakan daerah perbukitan dan pegunungan, Kabupaten Buleleng menjadi markas air terjun populer. Anda bisa memulai penjelajahan dari sana. Selebihnya terserah Anda! selamat berliburan dan bergembira.