Wisata Raja Ampat Papua - 10 Spot Terindah yang Wajib Dikunjungi

Alam Indonesia indah di tiap sudutnya. Di antara yang terindah, salah satunya berada di Provinsi Papua Barat. Khususnya di Kabupaten Raja Ampat yang wilayahnya meliputi Kepulauan Raja Ampat di sisi barat vogelkoop (kepala burung) Pulau Papua. Wisata Raja Ampat adalah salah satu primadona di Indonesia.

Wisata Raja Ampat Papua
credit: pixabay.com/bart-ter-haar

Selain Bali, Raja Ampat merupakan tujuan wajib bagi wisatawan asing di Indonesia. Jika Anda berencana berkunjung ke sana, anggaplah artikel ini sebagai menu pembuka. Di bawah ini adalah daftar objek wisata di Raja Ampat Papua. Tidak mencakup semuanya, hanya 10 tempat terindah yang paling terkenal di sana.

Wisata Puncak Piaynemo

Wisata Bukit Piaynemo
credit: instagram.com/aryawiznu

Mengawali daftar spot wisata di Raja Ampat, Bukit Piaynemo merupakan destinasi wisata populer di sana. Salah satu tempat strategis untuk menikmati keindahan lanskap ikonik di Raja Ampat Papua. Di Piaynemo, wisatawan bisa menikmati indahnya gugusan pulau karst di tengah lautan yang demikian menakjubkan.

Spot terbaik menikmati panoramanya berada di puncak bukit, Top View of Piaynemo. Butuh pendakian melewati lebih dari 300 anak tangga untuk mencapai puncak tersebut. Tempat wisata ini berjarak kurang lebih 2 jam perjalanan laut dari Pulau Waigeo. Atau, kira-kira 6 jam apabila berangkat dari Kota Sorong.

Lokasi: Desa Pam, Saukabu, Waigeo Barat Kepulauan, Raja Ampat, Papua Barat

Pulau Kri di Raja Ampat

Pulau Kri di Raja Ampat
credit: unsplash.com/@ernests

Pulau di Yenbuba ini adalah surga bagi pecinta snorkeling. Keindahan bawah lautnya luar biasa, termasuk spot snorkeling populer di Raja Ampat. Lantaran saking jernihnya, apa yang tersaji di bawah airnya terlihat jelas dari atas. Mengoleksi sekitar 374 spesies ikan dan terumbu karang. Ikan hiu pun ada di perairannya.

Tak hanya di bawah laut, pemandangan pulau juga menakjubkan. Pantai dan lautan yang luas demikian memanjakan mata. Senja menghadirkan lanskap sunset yang menawan di tempat yang tertinggi. Butuh mendaki sekira 30 menit untuk mencapainya. Dari Waigeo, pulau ini berjarak 40 menit naik speedboat.

Lokasi: Yenbuba, Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat

Laguna Telaga Bintang

Laguna Telaga Bintang
credit: instagram.com/aryawiznu

Wisata Raja Ampat berikutnya adalah Telaga Bintang. Sebuah laguna tenang yang unik dan menakjubkan. Berada di laut lepas, laguna ini menawan, terutama jika kita melihatnya dari ketinggian. Lagi-lagi, perlu mendaki bukit karang agar bisa melihat bentuknya yang unik. Sesuai namanya, laguna ini mirip bintang.

Berjarak 1,5 jam jaraknya dari Waisai, ibu kota Raja Ampat di Pulau Waigeo. Lokasinya di dekat Piaynemo, sekira 5-10 menit perjalanan. Jalur pendakiannya berupa tumpukan batuan karang berbagai ukuran. Spot Telaga Bintang ada dua, satu yang berada di puncak tertinggi. Titik lain ada di pertengahan spot pertama.

Lokasi: Distrik Waigeo Barat Kepulauan, Raja Ampat, Provinsi Papua Barat

Wisata Wayag Raja Ampat

Wisata Wayag Raja Ampat
credit: instagram.com/aryawiznu

Berbicara mengenai daya tarik wisata Raja Ampat Papua, tak akan lengkap tanpa Wayag. Lanskap pulau inilah yang menjadi ikon wisata Raja Ampat. Panorama di perairannya menawarkan gugusan pulau krast hijau yang eksotis. Oleh karena kedalamannya beragam, lautnya pun menyajikan warna berbeda-beda.

Selain bersantai menikmati pantai yang indah, di Wayag wisatawan juga bisa renang, diving, snorkeling, paddling, dan aktivitas bahari lain. Serta, wajib mendaki bukit karang yang terjal agar bisa menikmati ikon panoramanya. Dari ibu kota Raja Ampat, yakni Waisai, pulau ini berjarak 4-5 jam melalui perjalanan laut.

Lokasi: Selpele, Kecamatan Waigeo Barat, Raja Ampat, Papua Barat

Danau Laut Balbullol

Danau Laut Balbullol
credit: instagram.com/aryawiznu

Liburan ke Raja Ampat di Papua, jangan lupa menyusuri perairan hingga tiba di Danau Laut Balbulol di Pulau Misool. Danau atau laguna ini eksotik. Ciri khasnya adalah deretan batuan karst besar tinggi yang unik berbentuk kerucut. Lagunanya dangkal tenang berwarna tosca dengan dasar berpasir putih bersih.

Selain berperahu menjelajahi latar alam yang sedap dipandang mata, snorkeling termasuk aktivitas yang perlu dicoba. Laguna Balbullol merupakan salah satu keajaiban alam Pulau Misool, tujuan wisata terkenal di Raja Ampat. Pulau ini bisa dicapai melalui perjalanan laut dari Sorong. Sekitar 4-5 jam naik speedboat.

Lokasi: Balbulol, Pulau Misool, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat

Wisata Puncak Harfat

Wisata Puncak Harfat
credit: instagram.com/aryawiznu

Selain sebagai salah satu dari empat pulau besar di Kepulauan Raja Ampat, Pulau Misool adalah keajaiban alam yang menjadi primadona dalam peta wisata Raja Ampat Papua. Di pulau ini, banyak tempat wisata terkenal yang menjadi incaran turis mancanegara. Puncak Harfat atau Dapunlol adalah satu di antaranya.

Puncak Harfat merupakan puncak tertinggi di selatan Raja Ampat. Di tempat ini, Anda bisa menyaksikan Pulau Misool secara lebih sempurna. Karena berada di ketinggian, hiking menjadi aktivitas yang tak bisa Anda hindari. Kurang lebih 30 menit durasi pendakian melalui tangga kayu untuk mencapai puncaknya.

Lokasi: Misool Timur/Misool Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat

Pulau Rufas Raja Ampat

Pulau Rufas Raja Ampat
credit: unsplash.com/@ernests

Objek wisata di Raja Ampat tak ada yang tak indah. Semuanya memicu decak kagum wisatawan dunia. Pulau Rufas pun demikian adanya. Pulau ini terkenal karena kekhasan alamnya. Terdapat laguna indah tersembunyi di pulau ini. Airnya yang begitu jernih nampak memadukan warna hijau tosca dan biru muda.

Warna laguna Pulau Rufas yang cenderung muda seolah membaur dengan pasir putih yang terhampar di sebagian sisinya. Karena saking jernihnya, apa yang ada di dalam airnya pun terlihat jelas. Kunjungan ke Pulau Rufas biasanya menjadi satu paket liburan dengan Pianemo karena lokasinya cukup berdekatan.

Lokasi: Saukabu, Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat

Teluk Love Raja Ampat

Teluk Love Raja Ampat
credit: instagram.com/aryawiznu

Teluk Cinta atau Teluk Love adalah satu dari sekian daya tarik wisata Misool di Raja Ampat Papua. Love Pool Dafalen nama lainnya. Sama seperti objek wisata di Raja Ampat, tempat ini menawarkan lanskap menawan dari ketinggian. Sajian utamanya adalah teluk yang secara alami membentuk lambang cinta.

Tempat terbaik menikmatinya bernama Puncak Dafalen. Perlu pendakian kurang lebih 30 menit untuk sampai di atas puncak tersebut. Dari sana, terlihat komposisi alam yang memadukan karang dan atol mencipta sebuah gambar hati. Tak hanya itu, pemandangan tebing karang terlihat sangat eksotis di sini.

Lokasi: Distrik Misool Timur, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat

Wisata Yapap di Misool

Wisata Yapap di Misool
credit: instagram.com/aryawiznu

Masih di Misool, Anda juga bisa mendatangi objek wisata bahari bernama Yapap. Salah satu laguna cantik yang khas dengan formasi acak batuan karst yang bentuknya unik, terkesan tajam. Di Yapap, Anda seolah berada di dunia lain. Lanskap alamnya yang eksotik menawarkan banyak latar foto yang instagramable.

Yapap terbilang sebagai tempat yang masih perawan atau belum banyak yang mengunjunginya. Ketika surut, Anda bisa berjalan-jalan di lagunanya sambil menikmati pemandangan yang spektakuler dari benteng dan batuan karst. Meskipun cukup tersembunyi, di sekitar Yapap juga ada sejumlah tempat menginap.

Lokasi: Yapap, Pulau Misool, Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

Batu Pensil Raja Ampat

Batu Pensil Raja Ampat
credit: Max Mossler, CC BY 2.0

Teluk Kabui merupakan destinasi wisata Raja Ampat yang terkenal berkat pulau-pulau kecil yang tersusun seperti labirin. Karena itu, saran terbaik jika ingin mengunjungi wilayah ini adalah memakai jasa pemandu agar tidak tersesat. Dari sekian banyak pulau karang di sini, Batu Pensil menjadi ikon karena keunikannya.

Pulau batu yang menjulang tinggi tersebut bentuknya kerucut lancip seolah membentuk pencil raksasa. Berbeda dengan pulau lain yang umumnya bulat atau oval. Karena sering menjadi objek foto, di batu ini kini telah tersedia dermaga kecil supaya wisatawan bisa merapat dan mengabadikan keberadaan mereka.

Lokasi: Wawiyai, Waigeo Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat

Demikian daftar 10 tempat wisata di Raja Ampat Papua yang terindah dan wajib Anda kunjungi. Tentu, daftar ini hanya mencakup sebagian kecil dari keajaiban alam di Raja Ampat. Butuh durasi liburan yang sangat panjang jika Anda ingin menjelajahi semua tempat yang ada di Raja Ampat. Selamat berwisata!