Air Terjun Tanggedu Sumba - Fasilitas Wisata, Harga Tiket, dan Rute

Para penikmat alam mestinya bahagia tinggal di Indonesia. Pesona alam terhampar dan beragam di tiap wilayahnya. Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur (NTT) pun demikian. Di Sumba Barat Daya ada Danau Weekuri yang merona, adapun di Sumba Timur, ada Air Terjun Tanggedu yang keindahannya boleh diadu.

Air Terjun Tanggedu Sumba Timur NTT
credit: instagram.com/hardyzk

Intinya, Pulau Sumba mesti menjadi destinasi petualangan Anda kali ini. Jelajahi objek wisata alam yang tersebar di 4 kabupaten yang ada di sana. Air Terjun Tanggedu adalah satu yang wajib dituju. Lokasinya di Tanggedu, Kanatang, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Untuk info lebih rinci, bacalah ulasan berikut ini.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Tanggedu

Air terjun tak harus tinggi agar terlihat indah, harmoni komposisi alam yang khas juga bisa jadi daya tarik utama. Demikianlah Air Terjun Tanggedu Sumba Timur. Lanskapnya molek menawan menakjubkan. Sedap di mata, meski air terjun yang tertinggi hanya sekira 8 meter saja dan berasal dari 2 sungai yang berbeda.

Secara keseluruhan, panorama air terjun ini dijuluki "Grand Canyon" dari Sumba Timur. Airnya yang jernih nampak hijau kebiru-biruan mengalir senada dengan alur alami bebatuan yang tertata sedemikian rupa. Air yang jatuh secara acak di beberapa bagian turut melengkapi lanskap dengan warna putih yang khas.

Sementara itu, benteng tebing yang menjulang tinggi di kanan kirinya nampak megah indah berselimut rimbun tetumbuhan. Air terjun Tanggedu benar-benar mengagumkan, cenderung unik dan eksotik. Yang menarik, objek wisata ini terletak di antara perbukitan dengan padang savana luas dan terkesan gersang.

Mandi dan berenang merupakan kegiatan yang menarik. Terlebih di kawasan ini terdapat beberapa kolam berair jernih. Saking beningnya, apa yang tersaji di dasar bisa dilihat dengan mata telanjang. Akivitas di air memang menyenangkan, namun tetaplah hati-hati, terutama ketika debit air tinggi di musim penghujan.

Menjelajah menyusuri tepian sungai juga menyenangkan. Terkhusus bagi pecinta fotografi, banyak spot alam nan menawan yang layak diabadikan. Pun demikian bagi traveler kekinian yang suka selfie, latar air terjun, sungai, dan tebing bebatuannya yang khas merupakan spot foto alami yang sangat instagramable.

Fasilitas Wisata di Tanggedu Waterfall Sumba
credit: instagram.com/alfriedsch

Fasilitas, Harga Tiket Masuk, Jam Buka

Sebagai tempat wisata yang masih terbilang alami dan belum banyak yang mengetahui, fasilitas Air Terjun Tanggedu Sumba pun masih terbatas. Sejauh ini, fasilitas lebih berupa pembangunan jembatan gantung untuk memudahkan akses wisatawan. Itu pun masih berjarak kurang lebih 2,5 kilometer dari air terjunnya.

Meski demikian, seiring dengan meningkatnya kunjungan ke objek wisata alam ini, di sekitar lokasi wisata terdapat beberapa penjual makanan dan minuman. Ada yang menjual air kelapa, kopi, serta beberapa makanan ringan. Fasilitas lainnya termasuk lahan parkir untuk kendaraan roda dua tidak jauh dari lokasi.

Biaya parkir sepeda motor kurang lebih IDR 5K. Untuk kendaraan roda empat, sejauh ini hanya bisa parkir kendaraan di sekitaran jembatan gantung. Jadi, perlu trekking sejauh 2,5 kilometer ke lokasi. Bagaimana dengan harga tiket masuk Air Terjun Tanggedu? IDR 10K. Tempat wisata alam ini buka mulai 08:00 - 17:00.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tanggedu Sumba
credit: Jordan siva, CC BY-SA 4.0

Rute Lokasi Air Terjun Tanggedu Sumba

Objek wisata Air Terjun Tanggedu berlokasi di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Berjarak kurang lebih 48 kilometer atau 1,5 jam berkendara dari Waingapu, ibu kota Sumba Timur. Melalui jalan lintas pantai utara Sumba ke arah barat kurang lebih 30 kilometer.

Akses jalan beraspal mulus setidaknya hingga di Desa Mondu. Selanjutnya di beberapa titik jalanan belum beraspal serta akan melewati sebuah jurang dengan tikungan yang tajam. Perjalanan dari Desa Mondu juga akan melintasi Kampung Adat Prainatang. Anda perlu mampir bila menyukai destinasi wisata budaya.

Pastikan saja kendaraan Anda dalam keadaan prima dan juga ideal untuk medan yang kurang bersahabat. Seperti tersebut sebelumnya, apabila datang ke air terjun ini naik kendaraan roda empat, Anda hanya bisa parkir di sekitar jembatan gantung. Lalu, lanjut dengan berjalan ke Air Terjun Tanggedu. Lihat Peta Lokasi.