Beranda
Daftar Menarik
Jawa Barat
Pantai
Sukabumi
Pantai Geopark Ciletuh - 8 Pantai Indah di Geopark Ciletuh Sukabumi

Para traveler penikmat alam semestinya wajib merencanakan petualangan di Geopark Ciletuh Sukabumi. Apalagi jika suka wisata pantai, Situs Warisan Dunia UNESCO ini mengoleksi beberapa pantai menawan, menakjubkan. Bahkan, ada sebagian pantai Geopark Ciletuh yang kini menjadi destinasi peselancar dunia.

Dengan luas mencapai 128 hektare, kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu mencakup 8 kecamatan. 7 di antaranya berbatasan dengan Samudera Hindia. Karena itu, banyak pilihan pantai di kawasan ini. Berikut daftar pantai di Geopark Ciletuh Sukabumi. Tidak mencakup semua, hanya sebagian pantai indah di sana.

Wisata Pantai Ujung Genteng Ciracap

Ujung Genteng merupakan desa pesisir yang memiliki beberapa ruas pantai asri. Terkenal sebagai spot terbaik untuk menikmati sunset di Geopark Ciletuh. Garis pantai memanjang dengan pasir yang putih benderang. Di samping itu, pantai di Ujung Genteng juga populer sebagai tempat penangkaran penyu.

Tiket Masuk: IDR 10K
Lokasi: Ujung Genteng, Kec. Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Pantai Palangpang di Geopark Ciletuh

Membahas pantai di Geopark Ciletuh sudah pasti menyertakan Pantai Palangpang, sebagai pintu masuk sekaligus ikon wisata di sana. Di pasirnya yang terhampar landai, luas, dan panjang, Anda bisa menikmati keindahan laut dan perbukitan yang membentengi Teluk Ciletuh. Serta, Curug Cimarinjung di kejauhan.

Tiket Masuk: IDR 5K
Lokasi: Desa Ciwaru, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Pantai Karang Gantungan di Sukabumi

Menempati sisi selatan Geopark Ciletuh Sukabumi, Pantai Karang Gantungan adalah pantai eksotis yang lanskapnya kerap disandingkan dengan Tanah Lot Bali. Dominasi tebing terjal harmoni dengan deburan ombak pantai selatan yang cenderung menggila. Momen sunsetnya mempesona, spot foto juga tersedia.

Tiket Masuk: IDR 5K
Lokasi: Desa Pasiripis, Kec. Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Wisata Pantai Cimaja Geopark Ciletuh

Pantai Cimaja termasuk salah satu tempat wisata primadona di Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu. Berkat ombak yang indah dan konsisten, pantai ini terkenal di kalangan turis mancanegara. Surfing merupakan aktivitas utama di sini. Menariknya, ombak pantai ini cocok untuk peselancar pemula hingga profesional.

Tiket Masuk: IDR 5K
Lokasi: Pantai Cimaja, Kec. Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Wisata Pantai Pangumbahan Sukabumi

Dengan gelombang ombak yang besar, umumnya pantai di Taman Bumi Celetuh cocok untuk berselancar. Tapi, tiap pantai tetap punya daya tarik sendiri. Pantai Pangumbahan salah satunya, yang populer sebagai tempat penyu hijau bertelur. Jika ingin merasakan sunset dan sensasi pelepasan tukik, datanglah sore hari

Tiket Masuk: IDR 5K
Lokasi: Pangumbahan, Kec. Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Wisata Pantai Taman Pandan Ciracap

Salah satu keunikan pantai ini sudah diisyaratkan oleh namanya. Nama pantai ini merujuk jajaran pohon pandan yang tumbuh di pesisirnya. Menariknya lagi, Pantai Taman Pandan menyediakan tempat bersantai yang sangat istimewa untuk menikmati pemandangan laut, berupa hamparan rumput hijau di tepi pantai.

Tiket Masuk: Gratis
Lokasi: Desa Cikangkung, Kec. Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Pantai Penganten di Geopark Ciletuh

Berikutnya adalah Pantai Penganten atau Pantai Pamunguan. Sepasang batu besar di lepas pantai yang seperti sepasang penganten mengilhami penamaannya sekaligus menjadi ikon pantai ini. Termasuk salah satu pantai perawan yang tersembunyi. Meski begitu, eksotika alamnya tak bisa dipandang sebelah mata.

Tiket Masuk: Gratis
Lokasi: Desa Purwasedar, Kec. Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Ombak Tujuh (Seven Waves) Sukabumi

Ini juga salah satu pantai tersembunyi di Sukabumi. Ombak adalah satu hal yang menarik di sini, karena sering kali datang beriringan hingga berjumlah tujuh buah. Itulah kenapa dinamakan Pantai Ombak Tujuh atau Seven Waves Beach. Selain itu, pasirnya yang putih halus cenderung bersih, hampir tak ada sampah.

Tiket Masuk: Gratis
Lokasi: Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Demikianlah sekilas rekomendasi wisata pantai di Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Tentu, yang tersebut dalam daftar di atas hanya memuat sebagian kecil pantai yang ada di sana. Semoga artikel ini bisa menjadi gambaran awal sebelum Anda benar-benar berlibur ke Geopark Ciletuh Sukabumi.