Danau Weekuri NTT - Daya Tarik Wisata, Fasilitas, Harga Tiket & Rute

Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah citra keindahan alam Indonesia yang mendunia. Khususnya melalui Labuan Bajo dan Pulau Komodo, pesona provinsi ini masyhur di mancanegara. Tidak hanya itu! daya tarik alam tersebar merata di areanya. Termasuk Danau Weekuri atau Waikuri di Kabupaten Sumba Barat Daya.

Danau Weekuri Nusa Tenggara Timur
credit: Zahrasrtn, CC BY-SA 4.0

Jika ada rencana liburan ke NTT, jadikan Kabupaten Sumba Barat Daya di Pulau Sumba sebagai destinasi. Banyak pantai indah di daerah Kodi. Pastikan juga mampir ke Danau Weekuri di Kecamatan Kodi Utara. Lokasi tepatnya berada di Desa Kalena Rongo. Artikel ini bisa menjadi menu pembuka petualangan Anda.

Daya Tarik Wisata Danau Weekuri

Danau Weekuri adalah danau laut atau danau air asin atau laguna tepi pantai. Danau ini terbentuk melalui cekungan karang. Ketika laut sedang pasang, airnya mengisi cekungan, dan saat laut surut sebagian besar airnya terjebak hingga terbentuk laguna yang indah. Berair jernih bak kaca berwarna hijau kebiru-biruan.

Cekungan Laguna Weekuri berbentuk lonjong. Memanjang kurang lebih 150 meter dengan lebar terjauh adalah 50 meter. Kedalamannya bervariasi, tergantung pasang surut laut. Saat surut kedalaman lagunanya berkisar 30 cm hingga 2,5 meter. Adapun ketika laut sedang pasang kedalamannya bisa mencapai 5 meter

Perihal namanya, istilah Weekuri berasal dari dua kata bahasa Sumba, yakni wee yang berarti air dan kuri berarti percikan. Weekuri berarti percikan air laut yang menembus ke daratan. Sementara itu, Menurut mitos setempat, Weekuri adalah nama sebuah perkampungan yang tenggelam akibat meluapnya air laut.

Terlepas benar tidaknya mitos sejarah, Danau Weekuri sangat menakjubkan. Airnya yang sebening kaca menampakkan dasarnya yang berpasir putih bersih. Sesekali keindahan itu juga berhias ikan-ikan mungil. Batu karang yang menjadi pagar alami di Laguna Weekuri terlihat hijau karena rimbun oleh tetumbuhan.

Berendam atau berenang sambil mengapung di air menjadi aktivitas favorit pengunjung. Bersantai di tepi danau sembari menyaksikan indahnya pemandangan laut atau apapun itu selama berada di tempat yang indah pastinya sangat menyenangkan. Tidak terkecuali bagi penyuka selfie, banyak latar menawan di sini.

Fasilitas Wisata Weekuri Lagoon Sumba Barat
credit: instagram.com/aryawiznu

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Setidaknya sejak tahun 2015, Danau Weekuri Sumba senantiasa berbenah. Bila dulunya pengunjung mesti melewati karang tajam jika ingin memasuki laguna, kini sudah ada akses yang mudah mengelilingi danau. Lalu, tangga bersemen di bibir danau untuk memudahkan wisatawan memasuki air serta papan lompatan.

Pembangunan jalan juga mencakup akses dari tempat parkir kendaraan ke lokasi Danau Weekuri. Fasilitas wisata lainnya mencakup kamar mandi umum atau toilet serta tempat istirahat. Seiring dengan ramainya kunjungan, kini banyak penjual makanan dan minuman di sekitarnya. Ada juga penjual cinderamata, dll.

Untuk menunjang aktivitas wisata, di Danau Waikuri juga tersedia wahana sederhana untuk menjelajahi perairan, yakni berupa rakit. Biayanya kurang lebih IDR 20K. Bagaimana dengan harga tiket masuk Danau Weekuri Sumba? belum ada biaya resmi namun bisa berubah sewaktu-waktu. Biaya hanya untuk parkir.

Harga Tiket Masuk Danau Weekuri Sumba NTT
credit: Bimantara.prawoto, CC BY-SA 4.0

Rute Lokasi Danau Weekuri Sumba

Wisata Danau Weekuri berlokasi di Desa Kalena Rongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Kurang lebih 45 kilometer atau 1 jam perjalanan berkendara dari Tambolaka, ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya. Hanya saja, sejauh ini belum ada transportasi umum ke daerah ini.

Bila tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa menyewa mobil dengan tarif kurang lebih IDR 600K. Sedangkan jika ingin menyewa sepeda motor, harga sewa sekitar IDR 150K. Akses jalan beraspal hingga area Kodi, lalu berupa jalan tanah melalui persawahan. Sayangnya masih kurang petunjuk arah. Lihat Peta.