Air Terjun di Riau - 7 Wisata Air Terjun Terindah dan Wajib Dikunjungi

Riau merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia. Sumber alamnya melimpah, pemandangan pun indah. Perpaduan alam, sejarah dan budayanya demikian menggoda, tidak ada alasan bagi Anda untuk mengabaikannya. Pulau, pantai, gunung semua tersedia. Wisata air terjun di Riau pun banyak jumlahnya.

Air Terjun di Riau
credit: instagram.com/agoes_naluri

Jadi, persiapkan segala sesuatunya dan pastikan dulu tiba di Pekanbaru, ibu kotanya. Terkhusus bagi Anda yang suka air terjun, di sini telah tersedia daftar rekomendasinya. Banyak air terjun indah di sana, namun kebanyakan tersembunyi. Sebagai pengantar petualangan, di artikel ini sudah tersaji tujuh di antaranya.

Air Terjun Pangkalan Kapas

Air Terjun Pangkalan Kapas
credit: instagram.com/irvan_27dblaugranes

Air Terjun Batang Kapas atau yang juga populer dengan nama Air Terjun Pangkalan Kapas bisa dikatakan sebagai yang tertinggi di Riau. Bahkan, mungkin yang tertinggi di Pulau Sumatra bagian tengah. Kira-kira tingginya 150 meter lebih. Jika ada yang merekomendasikan Air Terjun Lubuk Bigau, inilah air terjun itu.

Eksotika alam demikian kentara di sini dan tersaji hanya bagi mereka yang punya nyali. Benteng tebing putih kokoh menjulang dengan sentuhan kehijauan di sejumlah bagian. Butuh sabar untuk mencapainya, sementara mendaki bebatuan merupakan sarat utamanya. Usahakan tidak datang di musim penghujan.

Air terjun ini berjarak sekitar 60 km dari Kota Pekanbaru. Tapi, akses jalan yang tidak bersahabat membuat perjalanan lebih lambat, setidaknya 4 jam. Meski demikian, alam adil menyambut tamunya. Di sepanjang perjalanan, lanskap alam nan rindang memanjakan Anda. Bawa bekal secukupnya dan juga siapkan tenda.

Lokasi: Lubuk Bigau, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Peta
Biaya wisata: Pendampingan Pokdarwis, Rp200.000 (org/konsumsi+porter/2 hr)

Air Terjun Batang Koban

Air Terjun Batang Koban
credit: instagram.com/gerivaldi

Lebih jauh, sekitar 195 km dari Pekanbaru dengan perjalanan sekira 5,5 jam secara keseluruhan. Capailah Lubuk Ambacang untuk menemukan Air Terjun Batang Koban yang pastinya menawan. Bagaimana tidak, airnya terjun dari tebing tujuh tingkatan. Karena itu banyak yang menyebutnya Air Terjun Tujuh Tingkat.

Setiap tingkat tingginya berbeda. Air terjun keenam dan ketujuh adalah yang tertinggi, sekitar 30 meter, sementara yang lainnya berkisar 3-5 meter saja. Masing-masing menawarkan perjuangan dan daya tarik tersendiri. Perjuangan ini tidak akan rugi, karena di tingkat terakhir Anda bisa menikmati pelangi abadi.

Menuju air terjun ini memang melelahkan. Tidak hanya perjalanan berkendara, namun juga diharuskan menaiki perahu untuk bisa mencapainya. Setidaknya, ketika tiba di Lubuk Ambacang, pesona alam mulai memanjakan mata, sebelum kemudian dilanjutkan mengarungi sungai dengan perahu sekitar 20 menit.

Lokasi: Lubuk Ambacang, Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Peta
Biaya Wisata: Sewa perahu Rp300.000 (mampu menampung hingga 15 orang)

Air Terjun Denalo di Riau

Air Terjun Denalo di Riau
credit: instagram.com/puzzle_rumpang

Inhu (Kabupaten Indragri Hulu) yang beribukota Rengat juga menawarkan pesona alam yang menggoda. Salah satunya, Anda bisa mencoba pergi ke desa Alim. Di sana terdapat sejumlah wisata alam yang indah namun belum terkelola secara maksimal. Air Terjun Denalo atau Air Terjun Kembar Denalo salah satunya.

Disebut Air Terjun Kembar karena mempunyai dua air terjun yang tertumpah di kolam yang sama. Kolam alaminya cukup luas yang memungkinkan Anda bermain air lebih bebas. Selain air terjun ini, Anda juga bisa mencoba arum jeram sepanjang 13 km dan berwisata ke Goa Kambing yang alami dan tersembunyi.

Untuk mencapai desa Alim, Anda bisa melakukan berkendara sejauh 90 km dari Kecamatan Rengat. Lokasi ketiga objek wisata ini di kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT). Untuk mencapai kawasan ini, setiap wisatawan akan melintasi lereng TNBT dengan pemandangan yang demikian memanjakan mata.

Lokasi: Desa Alim, Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau. Peta

Air Terjun Aek Martua Riau

Air Terjun Aek Martua Riau
credit: instagram.com/raden_wijayasht22

Aek Martua merupakan salah satu objek wisata air terjun terkenal di Riau. Anda wajib mengunjunginya. Keindahannya mewarnai alam Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Negeri Suluk Berpusaka Nan Hijau. Air terjun ini berjarak kurang lebih 18 km atau 28 menit berkendara dari Pasir Pengaraian, ibu kota Rohul.

Pesona air terjun ini berjenjang. Di mulai dari air terjun kecil setinggi kurang dari 2 meter, namun lanskap di sekitarnya sejuk menenangkan. Selanjutnya, air terjun kedua yang oleh masyarakat dinamai ARDA 1 setinggi 5 meteran. Sebagai sajian puncaknya, ada ARDA 2 dan inilah yang disebut Air Terjun Aek Martua.

ARDA 2 atau Aek Martua menebarkan pesona dengan menyajikan dua tingkat air terjun. Tingkat pertama setinggi 7,5 meter, di tingkat kedua airnya jatuh dari tebing setinggi 20 meter. Airnya terjun bergemuruh warna putih sebelum akhirnya menampakkan kejernihan airnya, tertampung sementara di kolam alaminya

Lokasi: Bangun Purba Timur Jaya, Bangun Purba, Rokan Hulu, Riau. Peta

Air Terjun Guruh Gemurai

Air Terjun Guruh Gemurai
credit: instagram.com/puzzle_rumpang

Mendekati perbatasan Riau dan Sumatera Barat, tibalah Anda di Kuantan Sengingi, salah satu surga air terjun di Riau. Tidak tanggung-tanggung, tercatat 23 air terjun di kabupaten yang dilewati dua danau, Kuantan dan Sengingi tersebut. Wisata Air Terjun Guruh Gemurai adalah salah satu yang terindah di sana

Berada di area perbatasan, Air Terjun Guruh Gemurai tampil mempesona sesuai namanya. Guruh berarti gemuruh, gemurai berarti berserakan percikan airnya. Airnya yang segar jatuh dari tujuh tingkatan dan menyajikan percikan yang memang berserak. Kolamnya lebar, ideal untuk bermain air atau berendam.

Akses jalan menuju air terjun ini mudah dan beraspal. Jika tidak memakai kendaraan pribadi, tersedia angkutan umum berupa bus dari Teluk Kuantan ke arah Kiliran Jao, Sumbar. Ketika tiba di percabangan Pasar Lubuk Jambi, belok kiri dan sekira 15 menit melewati Desa Kasang hingga terlihat pintu masuknya.

Lokasi: Lubuk Jambi, Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Peta

Air Terjun Batu Tilam di Riau

Air Terjun Batu Tilam di Riau
credit: instagram.com/wakono_07

Kabupaten Kampar adalah surga wisata air terjun di Riau yang sesungguhnya. Bahkan di satu desa ada yang memiliki 27 air terjun. Desa Kebun Tinggi namanya. ke 27 air terjun tersebut memiliki ketinggian bereda, mulai dari 10 meter hingga lebih dari 100 meter. Air Terjun Batu Tilam adalah rekomendasi utama.

Mengunjungi air terjun ini, bersiaplah betah dengan ragam suara alam bernyanyi. Sekumpulan Siamang anggaplah sebagai vocal utama, sementara keserbajenisan burung saling bersahutan mewarnainya. Untuk saat ini, di sekitar air terjunnya telah tersedia fasilitas berupa MCK dan sejumlah pondok peristirahatan.

Berminat? Berkendaralah sekira 1,5 jam dari Pekanbaru menuju Kabupaten Kampar. Itu hanya awal, sebab menuju Desa Kebun Tinggi jauh lebih menantang. Saat kemarau, butuh waktu hingga 4 jam, sedangkan di musim penghujan durasinya bisa 2x lipat lebih. Kendaraannya juga harus double gardan atau motor trail.

Lokasi: Lubuk Bigau, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Peta

Air Terjun Hulu Lombu Riau

Air Terjun Hulu Lombu Riau
credit: instagram.com/cha6444

Menutup daftar wisata air terjun di Riau, ada Air Terjun Hulu Lombu. Ini adalah salah satu air terjun yang tersembunyi dari ragam air terjun di Kabupaten Kuantan Sengingi. Airnya jatuh dari tebing yang tinggi menjulang, sekitar 30 meter. Sajian alam nan eksotik di tengah hutan yang selalu menanti para petualang.

Hulu Lombu atau Hulu Lembu adalah air terjun yang berasal dari sungai Batang Lembu. Karena airnya mengalir ke hulu, maka disebut Hulu Lembu yang dalam bahasa Kuansing (Kuantang Singingi) disebut Hulu Lombu. Air terjun ini sangatlah perawan dan masih belum banyak diketahui orang dari luar daerah.

Lokasi: Hulu Lombu, Pangkalan Indarung, Singingi, Kab. Kuantan Singingi, Riau. Peta

Demikian daftar rekomendasi 7 wisata air terjun di Riau. Tentu, yang tersebut di atas belumlah mencakup semua air terjun di Provinsi Riau. Anggap saja daftar ini sebagai gambaran awal sebelum Anda berangkat ke sana. Kunjungi salah satunya atau jika ada gairah dan energi berlebih, bisa juga menjelajahi semuanya.