Wisata Anambas, 8 Spot Terindah & Terkenal di Kepulauan Anambas

Berbekal ratusan pulau cantik di perairan laut Kepulauan Riau, wisata Anambas terkenal mendunia. Sekali waktu, Anda wajib merencanakan liburan ke sana. Ke Kepulauan Anambas di Kepulauan Riau, gerbang wisata mancanegara kedua setelah Bali. Dan, nikmati pesona salah satu wisata bahari terbaik di Indonesia.

Wisata Anambas Kepulauan Riau
credit: unsplash.com/@bawahreserve

Setidaknya ada 238 pulau di Kepulauan Anambas, tapi hanya 26 pulau yang berpenghuni. Jika memang berencana wisata ke Anambas, Anda perlu memfilter tujuan karena Kepulauan Anambas memiliki banyak sekali objek wisata. Sebagai gambaran awal, berikut adalah daftar spot wisata terbaik yang wajib Anda kunjungi.

Wisata Pulau Penjalin Anambas

Wisata Pulau Penjalin Anambas
credit: instagram.com/arnoldkid

Di antara ratusan pulau yang ada di Kepulauan Anambas, pulau yang terletak di Kecamatan Palmatak ini termasuk salah satu primadona wisata di sana. Pulau Penjalin merupakan pulau yang luar biasa menawan. Pemandangan alam yang menakjubkan berhiaskan pulau-pulau kecil di sekitar perairannya yang tenang.

Warna alam yang tersaji benar-benar sempurna melalui rimbun kehijauan berbatasan langsung dengan lembut pasir putih pantainya. Gradasi biru air lautnya molek dengan ornamen berbagai bentuk bebatuan. Pulau Penjalin sangatlah cocok bagi siapa saja yang menggemari aktivitas renang, snorkeling, dan diving.

Lokasi: Palmatak, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau

Pulau Bawah di Siantan Selatan

Pulau Bawah di Siantan Selatan
credit: unsplash.com/@bawahreserve

Wisata Kepulauan Anambas semakin terkenal di kalangan turis mancanegara, salah satunya setelah Pulau Bawah dinobatkan sebagai pulau tropis terbaik di Asia oleh CNN Travel. Penghargaan tersebut sekiranya cukup menjadi alasan bahwa pulau ini wajib dikunjungi bagi siapapun penikmat keindahan alam bahari.

Setidaknya 4 gugusan pulau bersinergi membentuk mahakarya alam permai yang telah lengkap dengan pantai-pantai menawan berpasir putih dan berair jernih. Kepulauan Bawah demikian istimewa, khususnya berkat pesona bawah laut yang menawan. Mau snorkeling, diving, swimming, semuanya terserah Anda.

Lokasi: Kiabu, Siantan Selatan, Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau

Wisata Pulau Piugus Anambas

Wisata Pulau Piugus Anambas
credit: instagram.com/sonnyfadli

Pulau Piugus adalah pulau yang eksotis. Liburan ke Kepulauan Anambas sudah semestinya menyertakan pulau ini dalam daftar kunjungan setiap wisatawan. Lanskap alam bahari yang hijau dan berpadu dengan gradasi birunya laut benar-benar mendominasi pulau di kawasan Pulau Matak, Kabupaten Anambas ini.

Bersih, sepi, dan alami menjadi tempat ideal bagi yang menghendaki suasana liburan yang nyaman dan menenangkan. Wisata Kepulauan Anambas sangat menonjol dengan aktivitas snorkeling dan diving, tak terkecuali di pulau yang tidak berpenghuni ini. Datanglah setelah mempersiapkan banyak rasa bahagia.

Lokasi: Palmatak, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau

Wisata Pantai di Pulau Jemaja

Wisata Pantai di Pulau Jemaja
credit: instagram.com/arnoldkid

Wisata pantai di Kepulauan Anambas akan selalu menempatkan Pantai Padang Melang di posisi teratas. Ini adalah pantai nan indah dan paling terkenal di Pulau Jemaja dan merupakan pantai terpanjang di sana. Garis pantainya memanjang, luas dan membentangkan pasir putih dan bersih kurang lebih 7 kilometer.

Wisata Pulau Jemaja juga menawarkan beberapa pantai lain, termasuk Pantai Nguan yang cukup terisolir serta beberapa pulau di sekitar yang tak kalah eksotisnya. Bagi yang suka dengan keindahan taman laut, bisa island hopping ke Pulau Ayam dan menyelam menyaksikan kerajaan bawah laut yang mempesona.

Lokasi: Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau

Wisata Pulau Nongkat Anambas

Wisata Pulau Nongkat Anambas
credit: instagram.com/gendonism

Pulau Nongkat adalah daya tarik lain dari Anambas. Datanglah, niscaya Anda akan menemukan bebatuan besar tersusun acak yang mendominasi sisi eksotis pulau ini. Seiring dengan kedekatan jarak, Anda akan tahu, bahwa batu-batu beraneka ukuran yang saling bertautan itu kekeh menyaring gelombang ombak.

Bebatuan tersebut membentuk benteng alam dan mencipta semacam laguna. Ombak pun menjadi lebih bersahabat, perlahan menyentuh putih lembut pasir pantainya. Dengan leluasa, Anda bisa berenang atau bermain air di perairan yang dangkal. Banyak juga spot alam yang instagramable bagi penyuka swafoto.

Lokasi: Desa Putik, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau

Wisata Pulau Durai di Anambas

Wisata Pulau Durai di Anambas
credit: instagram.com/an25_nuzuly

Liburan ke Anambas, Anda harus siap island hopping dari satu pulau ke pulau yang lainnya dan usahakan untuk sampai di Pulau Durai. Seperti halnya pulau-pulau lain di Kepulauan Anambas, Pulau Durai identik dengan pesisir pantai yang cantik dengan pasir putih serta air laut yang semakin jauh semakin membiru.

Yang menjadi unik adalah pulau ini yang dipilih para penyu sebagai tempat ternyaman. Mereka datang untuk mengerami telur-telur mereka. Datanglah di waktu yang tepat agar dapat melihat ratusan anak penyu yang lucu merayap keluar dari lubangnya. Semuanya berjuang menuju bibir pantai di Pulau Durai.

Lokasi: Pulau Durai, Palmatak, Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau

Wisata Tanjung Momong Tarempa

Pantai Tanjung Momong Tarempa
credit: instagram.com/arnoldkid

Sebagai ibu kota Kepulauan Anambas, Tarempa juga merupakan destinasi yang wajib dijelajahi di Anambas. Selain menyaksikan lanskap pulau dengan rumah-rumah terapung, di Tarempa Anda juga bisa mengunjungi beberapa pantai nan indah. Salah satu yang terindah dan terkenal adalah Pantai Tanjung Momong.

Sejauh kurang lebih 1 km, pantai ini menawarkan panorama yangmenawan melalui bebatuan beraneka bentuk dan ukuran. Susuri pantai ini setidaknya hingga tiba di dermaga. Anda bisa snorkeling dan selami perairannya yang dangkal. Terumbu karang dan ikan-ikan yang berwarna-warni siap memanjakan mata.

Lokasi: Tarempa Barat, Siantan, Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau

Air Terjun Temburun di Anambas

Air Terjun Temburun di Anambas
credit: instagram.com/arnoldkid

Tidak hanya pulau dengan pantai yang indah, wisata Anambas juga menawarkan sajian alam lain berupa air terjun bernama Temburun. Khusunya ketika Anda berada di Tarempa, sempatkan waktu mengunjungi Desa Temburun. Untuk mencapainya, Anda bisa naik kapal pompong dalam durasi kurang lebih 30 menit.

Sesampainya di desa tersebut, Anda pastinya takjub dengan eksotika air terjun berundak sebanyak tujuh tingkat ini. Anda bisa leluasa menikmati keindahan air terjun ini, termasuk mendaki hingga tiba di puncak paling tinggi. Dari ketinggian, pemandangan laut Kepulauan Anambas demikian sedap dipandang mata.

Lokasi: Tarempa Timur, Siantan, Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau

Demikian sekilas tentang 8 rekomendasi destinasi wisata terbaik di Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau. Apabila membutuhkan penginapan atau hotel di Kepulauan Anambas, Anda bisa menemukan beberapa penginapan di Tarempa. Lokasinya pun tidak jauh dari Pelabuhan Sri Siantan atau Pelabuhan Tarempa.